Belajar Alexa Rank

48

Posted on : 8:27 PM | By : Zamahsari | In : , , ,


Pembahasan tentang Alexa Rank mungkin sudah banyak dan bertebaran di internet, namun mudah-mudahan yang akan saya sampaikan nanti bukan hal basi yang akan anda buang di tong sampah.

Saya yakin tidak semua dari anda butuh yang namanya Alexa Rank dan bahkan Page Rank Google (PR), tapi yakinlah jika anda bertujuan untuk me-monetasi blog, selain PR, Alexa Rank juga sangat penting untuk anda ketahui.



Pengetian Rangking Alexa
Alexa menghitung rangking web dengan menganalisa trafik jutaan web dari Alexa Toolbar yang terpasang dan dari sumber-sumber trafik lainnya (sayang yang ini tidak ada penjelasannya). Caranya adalah dengan mengkombinasi berapa banyak pengunjung dan pageviews unik pada suatu web atau blog selama 3 bulan. Semakin banyak hit dan pageviews suatu blog, semakin tinggi peringkat web dan blog tersebut. Angka tersebut bisa dilihat dari widget yang dipasang oleh blog tersebut. Jadi pageview lebih dari sekali pada halaman yang sama oleh satu user akan dihitung satu pageview.
Sederhananya penghitungan trafik Alexa berdasarkan atas rata-rata jumlah visit dan pageviews pada periode tertentu (3 bulan).

Dalam rangking Alexa angka 500.000 itu lebih baik dari 2.000.000 (seperti ranking sekolah, jadi rangking 1 otomatis lebih baik dari rangking 30). Hal ini berbeda dengan PR google, dimana angkanya berkisar 1 sampai 10 dan PR besar lebih baik dari PR yang kecil.

Menaikkan Alexa Rangking
Ini sebenarnya bukanlah untuk gagah-gagahan atau biar keren punya Rangking yang tinggi (sebenarnya juga gak apa-apa sih), namun saat ini para advertiser (yang mau bayar iklan), webmaster dll menggunakan Alexa Rank sebagai dasar untuk menilai seberapa tinggi harga link blog anda. Jika anda ingin memonetize blog anda melalui program review seperti reviewme, sponsoredreview dll atau TLA (Text Link Advertisement, maka anda wajib menaikkan ranking Alexa anda. Kenapa? Karena semakin tinggi Rangking Alexa anda maka semakin tinggi bargaining power link anda (spt yang ditulis mas Sumartono). Berarti harga link blog anda juga akan tinggi.
Selain itu, meskipun anda memiliki tujuan selain bisnis, saya kira tidak ada masalah jika anda memasang Alexa toolbar dan Widget diblog anda, bisa jadi sangat bermanfaat untuk program anda yang lain.

Sebenarnya, data pengunjung yang diambil dari toolbar Alexa tidaklah dapat dijadikan wakil (sample) yang mewakili keseluruhan jumlah pengunjung internet di dunia. Bisa jadi perhitungan pengunjung satu web lebih atau malah kurang dari yang sebenarnya. Tapi, menurut saya itu nggak usah dibahas terlalu dalam, karena dengan segala kelemahannya, Alexa Rank masih dijadikan sebagai pedoman bagi advertiser untuk mengukur nilai link blog dan web anda.

Belajar Menaikkan Rangking Alexa
Sebenarnya saya masih belajar klo soal menaikkan rangking Alexa, namun pada intinya Alexa Rangking adalah Trafik. Semakin banyak visiting dan pageviews blog anda, maka bisa dijamin Alexa Rangking anda akan naik. Memang, ada juga yang menggunakan cara-cara illegal untuk menaikkan rangking alexa dengan cara menyewa robot-robot untuk mengklik blog anda. Namun, saya saya sarankan untuk memakai cara yang alami seperti yang saya paparkan dibawah ini:

Cara klasik yang terbukti ampuh adalah dengan menjaga dan berusaha membuat konten blog yang bermanfaat bagi orang banyak (bermutu) dan perbanyaklah blogwalking, komentar dan tinggalkan jejak disana. Di samping itu beberapa hal yang dapat menunjang kenaikan Alexa Rangking adalah:

1. Tentu saja anda harus menginstall Alexa Toolbar dan menjadikan blog anda sebagai default homepage. Kesulitannya jika anda menggunakan warnet, kalau bisa rayu saja pemilik warnet untuk men setting homepage computer warnet menjadi blog anda (klo yang ini saya gak bisa komen lebih banyak). Silahkan anda mendownload Alexa Toolbar atau Search Status Extension

2. Memasang Alexa widget di web anda.

3. Menulis artikel tentang Alexa Rangking. Pihak alexa akan senang sekali jika satu blog atau web menulis tentang. Barangkali ini akan berpengaruh terhadap kenaikan rangking anda.

4. Pergunakan teknik promosi blog yang lain yang intinya menarik sebanyak mungkin pengunjung diblog anda.

Anda punya pendapat dan ide seputar Alexa Rank, silahkan share di kotak komentar..
Monggo..!! Mohon dukungannya dalam kontes SEO Stop Dreaming Start Action

Zamahsari
Stop Dreaming Start Action


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (48)

wah pertamax nih ...taun depan mungkin blog "KEBERUNTUNGAN" dapet rengking , ada saran buat blog tradisional ana..?..fantastic

@syahru tetap semangat= kita belajar mas.. sama-sama ya..

Artikel yg menarik mas, walopun saya beberapa kali baca artikel tentang Alexa Rangking baik dalam maupun luar negri, tapi tetap menarik kok mas... nggak ada matinya topik yg ini ...hehehe

Biasanya kan penulis terakhir melengkapi penulis terdahulu, sehingga menambah pengetahuan juga buat yg nulis pertama... trims mas zams artikelnya sangat bermanfaat

Salam

jpurnomo= semoga bisa menambah kosa-kata kita tentang bisnis online

pembahasan alexa pastinya selalu hangat untuk dikupas.


sukses ya

@rekanbisnisku=terimakasih kunjungannya mas..

artikel yang bermanfaat sekali mas Zam, khususnya bagi saya yang masih baru, terima kasih sudah bagi ilmunya, mohon ijin utk di print

@alie=silahkan mas..semoga bermanfaat.

Mas Zams, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas truckback linknya.
Sungguh ini informasi yang saya tunggu, untung sudah ada post ini, sehinnga saya tidak perlu mencarinya lagi.
Sekali lagi sukses mas, selalu kutunggu post-post lainnya.

Makasih juga Mas Zam sudah membahas topik tentang alexa di posting kali ini. Gak perlu lama cari sana-sini.
Btw, Semakin canggih saja ilmu perblogingannya. salut Mas!

KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis dan Info Pendidikan

wah dapat ilmu baru lagi nich, thank mas zams

sukses selalu ya

@sumartono= sama-sama mas, semoga bermanfaat
@Umar Puja Kesuma=Terima kasih saya juga banyak belajar dari Pak Guru, sukses pak guru
@Yanuar=terima kasih kunjungannya, sukses mas..

trima kasihg banyak atas ilmunya mas!
sangat membantu

@anonymous=sama-sama mas..

betul mas alexa rank memang perlu untuk memonetise blog

@aruta=terima kasih mas atas kunjugannya...

google suka bangat sama alexa n trafik...

wah, rangking alexa-nya masih bertetangga dengan blog saya nich... Salam kenal

thanx Mas. artikel ini mengingatkan saya bahwa masih banyak pe-er yang harus dikerjakan...

undangan refreshing ke www.lintangfajar.blogspot.com.ada yang baru neeh :

Wanita-wanita Perkasa : Simbok Ponijah dalam “Ketika Mas Brigadir Apris Pergi”

Untuk alexa rank, kadang bisa menipu juga mas Zams. Beberapa blog baru dengan platform gratisan misalnya, tiba2 alexa ranknya tinggi padahal traffic ngga seberapa. Kok bisa? alexa ranknya nebeng di platform blognya.

Di PPC Indo (alexa rank oriented) misalnya. Untuk yg menggunakan blog gratisan, diminta mengecek alexa rank platformnya dulu. Misal pake www.domain.blogspot.com, maka www.blogger.comnya di cek dulu pake alexa rank. Kalau sama, berarti ranknya ikut di blogger, dan blog tadi ngga dihargai.

Itu aja yang saya tahu! Moga2 tidak salah.

Salam SUkses
ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

Saya kira cara konvensional utk menaikkan alexa rank lebih bagus...lebih alami... dengan sering mengupdate blog kita sehingga mengalirakan pengunjung untuk mengklik page blog kita...
saya kira mas arief bisa berbagi cerita juga tuh seputar nilai alexanya yang luar biasa...

To mas arief...bener mas...bila kita gunakan blog gratisan atau domain gratisan maka yg dinilainya bukan blod asli kita...justru blogger.comnya (bila pake blogger.com) atau xxx.co.ccnya (bila mengunakan domain.co.cc) yang akan terbaca...

salam...

@free trafick here=betul mas.. salam kenal dan sukses ya
@alsabaliny= iya nih tapi nggak apa2 mas, kan memang belum update, maklum baru pasang 2 mingguan.. semoga nanti bisa naik ya mas, salam sukses
@onabunga=terima kasih kunjungannya ya mbak.. sukses selalu
@Arief maulana= betul mas arief, biasanya ranking Alexa untuk blog yang masih nebeng domain atasnya sangat kecil. Untuk blogspot alexanya berkisar berkisar 9-an. terima kasih masukannya.sukses mas
@Agung Jatnika= Betul mas.. makasih masukannya. Saya udah komen di blog mas Arief bahwa tahun ini pindah rumah. Doakan aja sesegera mungkin.. thanks sukses ya

@ Mas Zams... saya support kepindahan rumahnya...

Salam Sukses

TELAH LAUNCHING…

AFILIASI 100 PERSEN - Satu-satunya Bisnis Affiliate Marketing dengan Komisi 100% di Indonesia

DON’T MISS THIS

Baca reviewnya di AriefMaulana.com

@arief Maulana= doakan ya mas.. Sempga mas Arief juga sukses nih dengan produk barunya

wah aku baru mulai memahami neh Mas Zam.. baca2 dulu yah

@wiryo saputro=terima kasih nih infonya.. ok saya download dulu ya..

wah, mas.. infonya berguna sekali..
apalagi buat newbie kaya' saya gini..
hehe

@aqsukandut= terima kasih mas.. sukses selalu

@Martin=yes you are right as I have mentioned in my article that Alexa doesn't represent the visitors of all world's webs. But it is now the important parameter for the webmaster to the popularity of the webs

cara yang saya gunakan ini terbukti bisa menaikkan alexa rank dengan cepat.

Silahkan coba sendiri, 1-2 bulan. atau 1-2 minggu saja.

Silahkan baca lebih lanjut di

http://easyblogtrick.blogspot.com/2009/04/ratusan-traffic-dan-uang-gratis.html

Terima kasih dah berbagi...:):)

Saya khawatir mengenai sesuatu yang serba instant..:(

anyway, patut dicoba nih terutama menulis artikel tentang alexa.

Saya juga pernah baca tentang yang satu ini tetapi belum pernah dipraktekan.

thnks.

masih pengen tau soal alexa,PR,SEO dan semacamnya nh..

maklum newbie.. hehe..

thank's infonya..

sip2 thx atas tulisannya

wah nice info niih...

ntah lah mas di kepala saya mungkin bisa menaikan alexa rank dengan situs PTC tp yah akan memakan banyak biaya c memang.. (kan tujuannya untuk menaikan jumlah visitor)
atau memasang iklan gratisan tetapi resikonya kita harus mengiklankan blog kita berkali"..

Bagus sekali artikelnya sobat, saya juga jadi ingin membuat artikel tentang Alexa Nich !!

Lum ngerti nee,,, Nggak paham lah...
Alexa itu gmana daftar nya,, aku start action di Provider PTC ajaaa neee ...
Kan katanya Stop Dreaming Start Action only yaa... Heee,,,, maaf blum ngerti masih pelu belajarrrr...

thx bwat info-nya bro!
dulu saya qraen alexa rank thu nampilin jmlah pengunjung... hehe....

thanks bro.....

oke tengkyu artikelnya, sedikit banyak membuka jalan terang buat gw yang kegelapan dengan teknik SEO yang gampang tapi sulit atau sulit tapi gampang...adalagi.com <<

selama ini saya belum begitu paham tentang alexa rank...
membaca artikel anda membuat saya lebih tahu...
pelajari dulu ya...
trims for great info

makasih mas infonya....

makasih artikelnya mas . . .

Memang alexa saat ini sangat diperhitungkan oleh para blogger, tapi jangan alexa aja, yang lain juga harus diperhitungkan

abis baca2 artikel blog ini, skrg lg mo install alexa toolbar, Hihii

menurut pengamatan saya, alexa rank itu di lihat dari banyak nya traffic yang datang di web / blog kita.. tul gak?

mas, alexa rank blog saya kok no data terus ya. apa karena belum 3 bulan? bantuin dong mas

bermanfaat ni.. saya juga masih belajar soal alexa dan cari info tentang alexa ini.. yang mudah2an ada manfaatnya :) amien
http://www.comforta.co.id

Post a Comment