Silaturrahim Ala Blogger..

18

Posted on : 8:58 AM | By : Zamahsari | In :


Kalau mengingat kata silaturrahmi, jadi teringat waktu pengajian dan jum’atan. Kata ini sering kali dipakai sebai topik bahasan. Barang siapa ingin diluaskan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, maka jalinlah silaturrahim: begitu kata seorang khotib yang merujuk isi suatu hadist. Dalam dunia internet silaturrahim biasa disebut ngelink. Namun, apakah nge-link bisa meluaskan rejeki dan umur?


Sebagai seorang blogger, membangun link atau jaringan wajib hukumnya. Membangun jaringan sama saja dengan membangun kepercayaan. Membangun kepercayaan sama saja dengan eksistensi anda di dunia blogging. Alangkah disayangkan isi blog yang bagus, namun sedikit pengunjung, dan itu disebabkan karena kita kurang banyak dalam menjalin silaturrahim.

Namun sebagai pemula, hal itu gampang-gampang susah. Mudah ditebak karena blogger senior yang memiliki PR tinggi kadang kurang memerlukan inbound link dari para pemula dengan PR rendah. Itu karena hal tersebut tidak akan menaikkan PR-nya. Sedangkan bagi pemula, ini penting untuk meningkatkan kredibilitasnya di dunia blog dan syukur-syukur dapat kecipratan pengunjung dan PR-nya jadi naik.

Dalam dunia offline hukum ini juga berlaku. Sebagai contoh: kalau anda punya koneksi pejabat, tokoh masyarakat atau selebritis, otomatis kita akan merasakan dampak kepopulerannya. Mudah mendapatkan akses baik informasi, keuangan, fasilitas, dll. Sebaliknya, mereka (orang-orang top) biasanya hanya menerima side-effect kecil dari kita sebagai orang biasa. Jadi anda mengerti bukan, kenapa para pejabat jarang mau bergaul dengan rakyatnya. (kecuali caleg: yang butuh suara he..he..).
Namun tidak semua blogger begitu, banyak juga yang terbuka dan mau ngelink sesama blogger walaupun beda PR. Menurut Mas Fatih:” Blog adalah situs personal, bukan situs perusahaan. Ia juga butuh promosi supaya dikenal luas. Kalau situs perusahaan biasa mempromosikan situsnya dengan memasang iklan karena memang ada budget untuk itu. Bagi situs personal semacam blog, promosi blog cukup dengan “saling mencintai sesama blogger.”
Satu hal yang perlu dicatat bahwa semua blogger mengalami masa bayi, saat dimana ia sangat membutuhkan dukungan dan kerjasama dengan blogger lainnya terutama yang lebih senior. Sebaliknya, bahwa blogger dikatakan senior dan ngetop karena blognya dibaca dan dibutuhkan oleh blogger pemula. Apa blogger terkenal mau baca artikelnya sendiri, kan nggak lucu.
Demikian juga untuk para pemula, janganlah berburuk sangka dan putus asa kalau seandainya blog anda belum mendapatkan linkback dari blogger dengan PR yang lebih tinggi. Anggap saja anda berkunjung ke tempat saudara yang lebih tua untuk menjalin silaturrahim tanpa harus menuntut imbalan darinya. Tetaplah untuk selalu menambah jumlah love-link ke banyak blogger. Yakinlah cinta yang anda berikan kepadanya dalam bentuk link tidaklah sia-sia walaupun ada yang bertepuk sebelah tangan. Sesuai dengan isi hadits di atas, saya yakin rejeki anda semakin luas dan umur blog anda semakin panjang dengan silaturrahim…
Ayo siapa mau blognya berumur panjang dan rejekinya luas….. ngelink-lah sama saya, nanti anda akan mendapatkan love link dari saya. he..he.. ujung-ujungnya.

Zamahsari

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (18)

Yup, setuju banget deh sama argumennya. Saling silaturahmi membawa manfaat luar biasa. Relasi semakin banyak dan yang pasti umur blog kita semakin panjang.

Btw, koq gak mau silaturahmi ke gubukku lagi ya Mas. Sudah bosen ya? Silakan mampir lagi sambil ngecek ada link untuk anda gak di sana

salam istimewa by BISNIS GURU

Santai mas... kalo saya sih asik-asik aja tukeran link dengan pemula...

Saya tau gimana rasanya nyari backlink dari blog PR1,2,3,4 dst. Tapi sekarang alhamdulillah...

Tadi jalan-jalan sempat tukeran link dengan rekan-rekan PR2,3,4 walau agak alot negosiasinya. Tapi deal juga.

Kayanya ntar lagi saya bakal tulis buku bagaimana menaikkan PR untuk blogger pemula dalam waktu singkat. Tapi tak buktiin dulu di blogku yg baru. Kalo yg lama udah sukses PR2.

Yang terpenting pada awalnya adalah konsistensi posting dan pembidikan kata kunci di tiap artikel.

Bila blog Anda sering kedatangan pengunjung dari google.com, bisa jadi lho PR naik...

BUktikan sendrii

@Mas Umar= sering berkunjung dan ini link sudah tak pasang..

@mas arief=memang harus sabar dan dinikmati aja ya mas..

mampir mas .. silaturrahim, saya mau panjang umur blognya dan juga banyak rejeki. eh orangnya juga mau panjang umur lho.

saya orang baru ... silaturrahim di tempat saya ya
http://kliksumberuang.blogspot.com

Silahturahmi memang perlu kan bisa nambah rejeki

Sugeng ndalu mas,
Mas saya setuju mas jadi banyak teman banyak pendukung juga banyak ilmu, sekalian minta ijin zamz-sy,blog spot saya masukin ke blog saya,
Maturnuwun,
Sukses terus mas

@deci: salam kenal mas dedi semoga digampangkan rejekinya..

@mas muklis: sudah tak pasang link-nya

Kok malu sih mas. Artikelnya nggak bikin bosen kok..salam dari teman blogermu ini..Linknya sudah sy pasang. silahkan cek. Thx ya..

Thanks.. ya..semoga sukses

blog telah mengubah wajah dunia. hubungan antar manusia menjadi lebih erat dan mesra. dengan blog, komunikasi dan silaturahmi bisa dilakukan kapanpun. tanpa harus tunggu hari raya.
Salam ACTION!

Akhirnya Mas Joko kasih komen di blog saya. Seperti kedatangan presiden he..he..Terima kasih mas..sukses selalu untuk Mas dan keluarga.

Berkunjung ya mas, tentunya boleh kan. Namanya silaturahmi, di dunia nyata atau di dunia maya pasti akan dilapangkan pahalanya. Ya kan?

sebaiknya sebagai newbie harus mampu menarik inat para master dengan comentar yang bagus serta memiliki artikel yang berpotensi..

:D

Berkunjung lagi Mas. Mau panjang umur soale, hehehe...

Sekalian memberitahu ada yang baru dari BISNIS GURU

@mas sumartono=ya benar mas harus banyak silaturrahim...sukses untuk mas sumartono dan keluarga..
@thefachia=100% betul sekali, memang newbie harus banyak belajar dari yang udah master..sukses selalu ya mas..
@mas umar=ya ..saya juga akan berangkat ke tkp mas umar.. sukses selalu untuk mas umar dan keluarga

Berkunjung dalam rangka silaturahmi sesama blogger...hehehhe..
oh ya, mas zam linknya sudah saya pasang...
silahkan di http://agunawanika.com

salam...

makasih mas agung, semoga mas agung rambah sukses

Jika anda ingin berbisnis online sperti AA GYM yang syah, legal, berbadan hukum negara..disini jawabannya!

Post a Comment