Milikilah Perspektif Pengusaha Ketika Membangun Blog dan Bisnis Online

34

Posted on : 12:59 PM | By : Zamahsari | In : , ,


Secara alami, manusia adalah konsumen. Sebagai bukti, kita lebih senang untuk berbelanja dan menghabiskan uang daripada memikirkan bagaimana cara mendapatkannya. Dengan kata lain, kita lebih senang sebagai end-user (pemakai) daripada menjadi seorang creator dan produsen.

Oleh karena itu profesi wiraswasta khususnya di Indonesia bukanlah profesi idola yang dicita-citakan oleh sebagian besar kalangan. Masih kalah pamor dibandingkan dengan pegawai negeri, pejabat pemerintahan, kerja kantoran dengan gaji tinggi dll. Terbukti sebagian besar lulusan sekolah baik dari SMA, PT dan bahkan S2 tidak ada yang berebut dan ngantri jadi pengusaha (ada nggak ya… lowongan jadi pengusaha, he..he..), padahal jadi pengusaha tidak mensyaratkan gelar dan sekolah.

Tidak aneh lagi, bahwa perjuangan, proses berliku dan kegagalan demi kegagalan sebagai pengusaha membuat nyali anak bangsa ini semakin ciut untuk nyebur dan berwirawasta. Kita lebih senang menjadi penonton terhadap kesuksesan dan kegagalan seseorang ketimbang menjadi pemain.


Ini juga berlaku di bisnis online. Mindset kita yang bermental konsumtif menyeret kita untuk setia menjadi penonton dan terkesima atas keberhasilan pengusaha internet (bukan usaha warnet lho mas tapi internet marketer). Coba teliti berapa banyak dari kita yang menggunakan internet hanya untuk having fun, mencari hiburan dan juga hanya untuk mencari informasi yang kita butuhkan, titik!!! Jarang diantara kita mau belajar dan berpikir bagaimana sebuah blog atau situs bisa bekerja dan berhasil menjadi ladang uang. Padahal itulah salah satu syarat utama anda terjun ke dunia bisnis online.

Naluri pengusahalah yang akan mendorong anda menjadi pebisnis online yang sangat kreatif, selalu mencari dan mencari informasi bagaimana membangun suatu web atau blog menjadi sukses, mampu bertahan dan menguntungkan.

Mempelajari bagaimana berpikir sebagai pengusaha ketika berselancar di dunia maya merupakan cara sederhana yang akan mendorong kesuksesan anda secara otomatis dalam jangka panjang. Kok bisa …? Ya iya lah masa ya iya dong…. Karena ia akan menjadikan setiap web dan blog yang dikunjungi sebagai alat untuk meningkatkan blognya dan mendorong kesuksesannya dalam berbisnis online.

Nah, bagaimana cara menyisipkan naluri pengusaha ketika anda berselancar di dunia maya?:

• Curilah ide dari web atau blog lain. Ketika anda berkunjung ke blog orang lain, pelajarilah apa yang membuat blog tersebut sangat spesifik diantara blog lain padahal memiliki tema yang sama. Lakukanlah perbandingan antara satu blog dengan blog lain dan temukanlah nilai plusnya yang dapat anda terapkan diblog anda.

• Lay out dan desain. Lihat dan perhatikanlah lay out dan struktur blog orang lain. Pelajarilah bagaimana mereka membuat halaman pra-penjualan (presell page: masih ingat tentang CTPM = Content, Traffic, Presell, Monetize) karena hal tersebut akan menaikkan conversion rate anda. Terapkan ide tersebut pada blog dan web anda.

• Jenis bisnis yang dilakukan. Satu hal yang harus ada dibenak anda ketika berkunjung ke web orang lain adalah: “Bagaimana web ini bisa mendatangkan uang?” Carilah jenis bisnis apa yang terapkan yang menjadi sumber pendapatannya sehingga membuat web tersebut bertahan dan menghasilkan. Terapkan yang kira-kira sesuai dengan bisnis anda.

• Apa Penyebab Kepopuleran. Jika situs dan blog yang anda kunjungi diserbu oleh pengunjung, cobalah anda pelajari apa yang menjadi magnetnya. Lebih baik lagi anda tahu darimana saja sumber trafiknya (Search Engine ..%, referensi blog ..%, genuine ..%, keyword… dll).

• Kerja Sama dan Joint Venture. Apakah ada prospek kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak di masa mendatang yang saling melengkapi? Sebagai contoh: bagaimana kerjasama antara formulabisnis.com (aff) dengan gempar.com. Anda juga bisa baca langkah-langkah sebelum Join Venture di Blog Mas Hengky.

• Tempat untuk Promosi. Pertimbangankanlah apakah setiap blog yang anda kunjungi bisa anda manfaatkan sebagai media untuk berpromosi atau bahkan merupakan prospek yang bisa anda tawari untuk beriklan di blog anda….
Meskipun anda belum terjun ke dunia bisnis online sekarang, atau anda sekarang sebagai pemula seperti saya, alangkah baiknya jika anda membangun perspektif pengusaha karena akan meningkatkan kemampuan dan pemahaman anda bagaimana sebuah blog dan situs bisa mendatangkan uang. Yang pada akhirnya akan menguntungkan bisnis online anda nantinya.

Mohon dukungannya dalam kontes SEO stop dreaming start action


Zamahsari,
Stop Dreaming Start Action

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (34)

Ini sangat membantu sebagai referensi bagu saya..

@Danta=Semoga bermanfaat mas. Salam Sukses

Mindset bisnis memang sangat diperlukan...
Saat masih mengejar karir, kasihlah lebih pada perusahaan, supaya saat jadi pengusaha tahu apa yang harus dilakukan.

Thanks buat artikelnya yang memberikan nilai tambah.

salam,

kiki4hire

Orang tua kita lebih senang anaknya bekerja ditempat lain di Persh Swasta / PNS... dan itu di yg ditanamkan puluhan atau bahkan sejak jaman kolonial mas...

Buat anak-anak kita nanti... bersama2 kita ubah, dan kita ciptakan enterpreuner2, bukan manusia bermental buruh seperti kebanyakan kita... (nyindir saya sendiri...hehehe)

Trims atas artikelnya dan salam sukses

@kiki4hire= iya mas saya juga dulu bekerja pada perusahaan. MEmang trus berhenti dan memutuskan wiraswasta.
@jpurnomo=MEmang wajar orang tua punya keinginan anaknya punya penghasilan tetap spt pegawai mas. Ya bisa disiasati dengan sambil membuka usaha dalam bidang yang disenangi dan berprofit tentunya

waduh mas zam,artikelini bisa dikatakan pencerahan bisnis online.. apalagi buat yang baru mengenal blog like me ^_^.. mohon bimbinganya mas doain bisa bikin web juga kayak formulabisnis.com nya pak joko itu lho..

@solusi hidup= iya mas saya doakan semoga apa yang menjadi cita-cita mas terkabul amien

nah bagi yang ingin belajar bisnis online maka anda harus mendownload E-book nya supaya bisa mengikuti bisnis-bisñis yg diajarkan dlm mencari uang di internet silahkan download melalui blog saya www.bisnisdewa.co.cc
silahkan kunjungi blog pribadi saya www.dewapost.co.cc

Saya salut pada mas zams atas keberaniannya untuk keluar dari perusahaan dan memutuskan untuk jadi wiraswasta.
Sukses selalu mas, semoga Allah SWT mengabulkan apa yang sedang kita rintis dan cita-citakan.

Nice tips menjadi pengusaha online nih mas zams...Memang mindset menjadi pengusaha online ini sangat dibutuhkan untuk yang akan terjun ke bisnis online...thanks atas infonya mas...

Sukses selalu untuk mas zams...

Meskipun anda belum terjun ke dunia bisnis online sekarang, atau anda sekarang sebagai pemula seperti saya, alangkah baiknya jika anda membangun perspektif pengusaha karena akan meningkatkan kemampuan dan pemahaman anda bagaimana sebuah blog dan situs bisa mendatangkan uang. Yang pada akhirnya akan menguntungkan bisnis online anda nantinya.

saya punya pegangan yang nantinya akan saya terapkan.
------------------------------------------
klo punya anak laki2 didiklah dia menjadi pengusaha (berikan Skill yang manteb)
klo punya anak perempuan didiklah dia menjadi orang yang menghargai tempat tinggal (berikan tempat tinggal yang layak)
------------------------------------------
salam sukses

Salam kenal mas, terimakasih artikelnya semoga sukses selalu
www.kuncimarketing.com

Bisnis tetaplah bisnis, mau konvensional ataupun online. Mindset first! Setelah itu bisa membangun leverage agar percepatan bisnisnya berjalan dengan sangat mengagumkan.

@Peluang Bisnis Baru= Informasi yang menarik terima kasih mas.. semoga bermanfaat.
@sumartono=Terima kasih mas. Saya sudah wiraswasta sekitar 6 tahun yang lalu di dunia offline. Doa saya juga untuk mas Sumartono agar sukses dalam karier dan bisnisnya, amien
@Agung Jatnika=Terima kasih mas Agung mau berkunjung ke blog ku. Sukses selalu untuk mas Agung
@rekanbisnisku=Semoga apa yang dicita-citakan Mas Dadang terkabul amien..
@Bisnis Pulsa Elektrik Murah= amien, sama-sama mas..
@Arief Maulana= Memang betul mas, Salam Sukses..

Saya suka mencuri lho Mas..Curi ide orang untuk dikembangkan dengan perspektif baru lagi..

Nice Post. Oya..ebooknya sudah saya baca, nanti akan saya ulas. Antri sama artikel lainnya dulu.
Mas Zam sudah terima ebook saya juga kan?

Udah thanks a lot. Soal curi mencuri ide, ya samalah mas, dan betul harus dikembangkan sendiri dan ditambah dengan ide2 kita. Sip..

ya benar, online maupun offline kita harus mempunyai mindset seperti itu, dengan berpikir seperti itu kita lebih profesional, tul ga???

http://detikbisnis.blogspot.com

@Yogaswara= betul mas.. biar kita cepat belajar dari apa yang kita lihat, dengar, dan rasakan

Sebagaimana Mas Sumartono saya juga salutn dengan keputusan Mas Zam.

Tidak mudah untuk itu namun dengan keyakinan yang kuat disertai usaha dan doa, saya rasa semua akan menjadi lebih baik dari semula.

NB: ada yang hangat Mas!

KLIK BISNIS GURU : Your Partner Success

@Umar uja Kesuma= Iya mas.. Semoga Demikian.. Sukses juga untuk Pak Guru

wah artikel ini mengigatkan saya, yang berhenti kerja kantoran, dan terjun kebisnis offline dan online..

hidaplah sesuai dengan keinginan kita...

salam sukses..

@yanuar= semoga sukses untuk mas Yanuar... Thanks kunjungannya

Tips yang sangat membantu.
"Curi" atau meniru kelebihan bisnis orang lain disertai perbaikan akan sangat membantu bisnis kita.

Mas Zam, artikelnya saya jadikan backlink di artikelku yang baru.
Masih hangat, silahkan dicek dan dikomentarin ya.

@hade= terima kasih mas hade, semoga bermanfaat
@sumartono= Terima kasih backlinknya mas, sudah komentar nih. OK banget artikelnya...

Salam kenal mas :-).Benar mas, jangan pernah mengabaikan kekuatan pikiran karena kita akan menjadi apa yang kita pikirkan.Take It And Do It. Ditunggu kinjungannya ya mas :-)

Memang mas Zam prespektif seseorang bisa sangat menentukan keberhasilannya

sebagian orang masih menganggab bisnis itu hanya bisa di jangkau oleh kalangan elit tertentu.

pertanyaan yang paling umum."anda kerja dimana?" jarang sekali ada yang menanyakan "apa bisnis anda?"

salam hebat!

@Rully nugraha=oleh karena kita harus selalu positif thinking terhadap segala masalah yang kita hadapi
@Umarhadi= Betul mas, OKI kita latih dari sekarang mas.. semoga sukses ya..
@fadly=iya memang begitu mas .. sukses selalu ya..

Artikelny menarik,mas gimana caranya tukeran link?

www.calon-polisi.blogspot.com

@syd=tinggal mas copy paste kode ini <a href="http://zam-sy.blogspot.com">Blog Bisnis Online</a>

Oh ya url mas blog mas mana??

Ni mas, www.calon-polisi.blogspot.com, salam kenal mas,.artikelnyj menarik,ntar saya berkunjung lagi mas.,

Mas Zamahsari,linknya sudah saya tambah ke blog saya,..thanks..

If you are interested in buying a designer handbag thomas sabo charm club anhänger
you’ll need to visit a retailer who sells them. thomas sabo engelsflügel
These are generally specialty boutiques. thomas sabo armband
Another venue for purchasing designer ladies handbags anhänger kette
is from online retailers. There are many websites angebote thomas sabo ohrschmuck
that sell brand name designer ladies handbags and will ship ohrringe creolen
them right to your door. This often affords the consumer angebote thomas sabo uhren
the biggest selection and it also allows a chance to Armband mit Anhänger
compare prices. It’s important to be careful when purchasing a quality thomas sabo shop
designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations.

Post a Comment