Belajar Blog Great Content dari Seorang Yaro Starak

34

Posted on : 10:20 AM | By : Zamahsari | In : , , ,


Salah satu konsep membangun blog dan bisnis online saya adalah learning by doing seperti memposting artikel yang sedang saya pelajari, ibarat anak sekolah: nglembur malam ini untuk ujian besok.

Salah satu yang menarik dan Insya Allah bermanfaat adalah tentang bagaimana menulis Pillar Article versi Yaro Starak seorang blogger dunia dari Australia. Pillar Article hanyalah sebuah istilah untuk artikel dengan great konten (konten ok punya) yang selalu up to date dan dicari dari waktu ke waktu seperti juga istilah “Flagship Content” by Chris Garret dan “Cornerstone Content” by Brian Clark.

Berikut adalah definisi dan cara bagaimana menulis artikel dengan great konten menurut Yaro Starak:



Tahukan anda Pillar Article?
Pillar yang dimaksud adalah konten blog yang memiliki kriteria seperti berikut ini:
Meningkatkan jumlah pengunjung baru dan backlink (blog atau situs lain me-link situs anda).
Selalu mendorong banyak pembaca untuk berkunjung lagi.. lagi dan lagi meskipun artikel anda sudah terkubur lama di dalam arsip.


Membawa trafik dari search engines (otomatis, karena blog anda banyak memiliki inbound link)
Anda dapat memisahkan pillar artikel dengan artikel lain. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan pengunjung mengakses artikel terbaik anda dan pada akhirnya kemampuan dan kapabilitas anda terekspos, terkuak, tersibak dan alah…opo meneh iki, istilah gak jelas.. he..he..
Tidak terikat trend atau waktu. Jadi walaupun sudah berbulan-bulan atau bahkan satu tahun masih relevan.

Bagaimana membuat Pillar?
Tidak ada rumusan standar untuk menilai bahwa satu artikel adalah pilar. Pada satu saat anda merasa bahwa postingan anda biasa-biasa saja namun secara tak terduga menjadi sangat bernilai dan kebanjiran trafik dari waktu ke waktu. Sebaliknya artikel yang dibuat dengan sepenuh hati dan jiwa kadang-kadang tidak memberikan limpahan trafik sama sekali.

Namun demikian, ada beberapa konsep dasar yang dapat anda terapkan pada setiap artikel seperti berikut ini:


1.Artikel yang menganut konsep “How-to”
Artikel yang membeberkan tentang bagaimana mengerjakan suatu hal. Tulislah artikel yang benar-benar anda kuasai dan anda mempunyai pengalaman di dalamnya.

Contoh:

a. Jika anda seorang konsultan di bidang marketing, anda dapat menulis tips bagaimana memasarkan produk dengan no money (modal dengkul)



b. Jika anda seorang penulis, anda dapat menulis bagaimana mencari, mendekati dan mendapatkan Penerbit.



c. Jika anda nge-blog tentang hidup anda, anda dapat membuat artikel tentang bagaimana mendapatkan pekerjaan (selamat Pak Guru Umar sebagai CPNS) dan bagaimana anda mendapatkan pacar cantik atau ganteng mirip Brad Pitt misalnya.he..he..dll
Sebaiknya anda membuat alur seperti story telling. Pastikan bahwa topik anda relevan dengan pembaca dan tentunya anda mampu memaparkan cerita dengan baik.

2.Artikel Dengan Konsep Definisi
Ini sama halnya dengan menyederhanakan konsep-konsep yang rumit dan komplikasi dengan definisi anda yang sederhana, ringkas dan mengena. Anda dapat menulis artikel dengan memakai satu paragraf untuk satu definisi.
Sebagai pengguna internet anda pasti mengenal istilah seputar internet dengan berbagai definisi. Mulai dari yang menggunakan bahasa resmi (kadang-kadang malah susah dimengerti) sampai yang sederhana dan bahkan ada juga yang diselingi humor-humor kecil dan kekonyolan yang membuat definisi sulit jadi terasa ringan dan mudah.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda menulis satu definisi menurut anda sendiri dengan gaya dan keunikan khas anda. Disamping meningkatkan pageviews blog anda, hal tersebut dapat menjaga loyalitas pengunjung. Bahkan mereka dapat betah dan berlama-lama (sambil tiduran kali ya) di blog anda. Ujung-ujungnya kredibilitas dan kepercayaan sedikit demi sedikit terbangun.

Daripada merujuk ke definisi orang lain, sangatlah cedas jika anda berhasil menjelaskan satu konsep versi anda sendiri dan membalikkan trafik kembali lagi ke blog anda.

3.Artikel dengan konsep Teori atau Argumen

Jika blog anda tentang politik, anda dapat menulis teori tentang komunis, demokrasi, kapitalisme, orde baru, orde lama dll. Hal terpenting adalah keunikan pemikiran anda. Masukkan opini anda pada kasus-kasus atau isu-isu politik yang menjadi pusat perhatian para pembaca. Hindarilah untuk copy-paste apa yang telah dikatakan orang lain dan rangsang dengan diskusi, percakapan dan bahkan kontroversi. Pilih topik yang sering diperbincangkan dan tidak lekang oleh waktu, selanjutnya trafik akan berduyun datang ke blog anda.

4.Membuat Artikel Sebagai Sumber Informasi seperti Free Report dan E-Course.
Semacam buku kecil 2-10 halaman yang mengajarkan bagaimana melakukan sesuatu atau artikel berseri yang berisi tutorial adalah pillar artikel yang TOP Begete.

Ada 2 cara untuk menyebarkan informasi tersebut:

a. Membuat File PDF supaya mudah didownload.
Manfaatnya adalah file tersebut dapat dengan mudah menyebar (lewat e-mail juga bisa) dan anda akan mendapatkan keuntungan dari efek viral marketing terutama jika anda menciptakan report yang sangat berkualitas.



b. Membuat artikel berseri dengan beberapa kali posting dan mengaitkan satu sama lain, dan menyimpan dalam satu menu khusus (Atau halaman sendiri for Wordpress User).

Jika anda bingung memilih cara mana yang terbaik untuk menyebarkan report anda, ada baiknya jika memakai kedua cara tersebut diatas. Yang terpenting dari konsep ini adalah memberikan solusi all-in-one terhadap suatu problem. Seperti artikel dengan konsep “how to”, laporan khusus akan menjadi patokan kapabilitas anda dan tentunya akan memberikan trafik yang konsisten.

5. Salah satu konsep pillar yang sangat populer adalah Artikel menggunakan list
Anda pasti sudah sering melihat dan membacanya (Pak Joko Susilo ahlinya nih..). Judul yang digunakan biasanya: 7 Cara Bagaimana…, 10 tips untuk meningkatkan…..dll. Konsep ini sangat manjur karena:
a. List sangat mudah dicerna dan dimengerti oleh pembaca. Telah dilakukan penelitian dan terbukti bahwa artikel dengan panjang 300-700 kata yang dipaparkan dengan menggunakan list-list dan judul yang provokatif akan mendorong kenaikan trafik. Semuanya karena sangat sederhana dan cepat dipahami oleh pembaca terutama bagi mereka yang butuh informasi cepat.

b. List mampu memberikan inti dan maksud sesungguhnya secara langsung dan pengunjung biasanya senang berbagi informasi dengan list. Pengaruhnya bahwa artikel yang menggunakan list akan di-link oleh banyak blogger dan bisa jadi artikel anda akan disave ke social bookmark.


Perlu diingat bahwa dalam membuat list anda harus menggunakan konsep pilar standar seperti: singkat, asli dan mengatasi masalah. Hal ini supaya dapat langsung diterapkan oleh pembaca. Sama halnya dengan yang diatas, jika anda mampu menjelaskan lebih banyak dengan gaya bercerita dan unik, maka akan jauh lebih disukai.

5.Panduan Teknis.
Sangat mirip dengan konsep “how to” namun lebih fokus pada masalah-masalah teknis. Panduan teknis merupakan tutorial step by step, dilengkapi dengan gambar pendukung yang menjabarkan sedetil mungkin bagaimana menyelesaikan satu masalah atau tugas. Kata orang-orang: gambar dapat mewakili seribu kata.

Inilah cara yang dipakai oleh para programmer dan desainer untuk menerangkan bagaimana membuat web, mendisain foto lewat photoshop, script software atau yang sederhana bagaimana membuat attachment pada e-mail.

5 poin di atas merupakan konsep dasar artikel pilar yang dapat anda praktekkan dalam blog anda dan lakukanlah test. Jika anda rutin membuat posting dengan menggunakan konsep diatas, saya yakin anda akan mempunyai pondasi kokoh untuk menjadi blogger sukses… Semoga..

(Source: Yaro Starak’s Article: How To Write Great Blog Content – The Pillar Article

Zamahsari

Blog Bisnis Online

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (34)

Waah mas zaam rajin sekali posting ya..?
Kejar tayang ya mas..hehehe

Tapi nggak apa-apa sih... toh postingnya juga berkwalitas.

@jpurnomo=Berusaha sesering mungkin, biar blog saya mempunyai banyak informasi, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih kunjungannya..

thanks mas zams atas ilmunya, bermanfaat sekali nich, nice artikel ya mas, ditunggu artikel selanjutnya..

salam sukses selalu

hebat..... walau baru 2 bulan... udah sip

@yanuar=makasih udah berkunjung.. sukses juga mas..
@anonim=semoga mas cepat menyusul untuk daftar .. langsung action aja mas.. gak pake lama

Salam.....mas artikelnya bagus salut saya membacanya meski hanya sekilas tapi maknanya dalam...iyaa dari blog anda saya menajdi semangat untuk membuat blog apalagi bagi orang awam seperti saya.mencoba buat akhirnya juga bisa meski tertatih tatih....ini adalah salam hangat saya bagi mas....semoga terus berkarya untuk menuliskan ide ide yang bagus bagus demi menambah pengetahuan...

Terimakasih untuk Mas Zamahsari atas review serial CPNS di BISNIS GURU

5 pilar yang sungguh luar biasa bermanfaat. Banyak di antara newbie yang belum memahami trik-trik semacam ini.
Untuk sementara ini BISNIS GURU memang belum bisa mengelompokkan pada halaman khusus untuk artikel berjenis pillar itu. Insya Alloh SWT. saat BISNIS GURU pindah ke dot com nanti semua artikel akan diusahakan menjadi artikel pillar. Doakan Mas Zams segera terealisasi.

BISNIS GURU : Your partner Succes

Tip yang kreatif, pren. Saya akan coba menerapkannya

..cuakep artikelnya mas....di makasih sarannya..saya coba terapkan...ada saran lain biar tambah dahsyat.?..

@lumbonguang=terima kasih.. saya hanya berusaha memberikan yang terbaik yang saya mampu untuk pembaca. Harapan saya semoga bermanfaat.
@umar Puja Kesuma, S pd=Saya doakan cepat dotcom ya, menyusul yang lain.. Saya juga memplanning tahun ini, namun belum memastikan bulan apa. Mudah-mudahan secepatnya. Sukses ya Pak Guru
@Anthony Harman=thanks mas.. semoga bermanfaat dan sukses untuk mas
@Syahru tetap semangat=Salam sukses dan dasyat.. terima kasih banyak..

Tul kan kata saya dulu, mas zams punya potensi (diam-diam saya belajar lho ama sampean).
hayo mas, maju terus....

@sumartono= sampeyan nih.. saya yang belajar dari mas sumartono. BTW makasih ya udah main ke blogku, Sukses ya mas..

Yaro Starak memang patut diacungi 4 jempol tangan dan kaki kita...

Rasanya ini merupakan tantangan bagis semua blogger. membangun basis artikel yang ok punya. dibutuhkan, disukai dan tidak kadaluarsa.

Semoga terus memotivasi ya Mas Zam. di tunggu artikel ok selanjutnya.

Salam sukses

@bagus zen= iya mas kita harus banyak belajar dari orang lain apalagi ia sukses di bisnis internet..sukses untuk mas zen
@fadly= betul mas.. harus berusaha semaksimal mungkin..

Halo, kami dari KitaBlogger.com ingin mengajak anda bergabung bersama kami untuk membangun komunitas blogger Indonesia ^_^

sukses mas, makin mantep aja artikelnya.
orang yang baik tidak akan pernah berhenti
untuk memberikan informasinya.
selalu aja tetap berkarya.

Mantap nih infonya mas zams...5 pilar yang biasanya suka dilupakan orang ya mas...(saya juga...wekekekke)...
salam...

AGunawaniKA.com

@kitablogger.com=boleh juga mas...
@rekanbisnisku=terima kasih mas, berusaha semampu mungkin.. sukses ya mas
@agung Jatnika=mas agung bisa aja. Saya malah belajar dari mas agung

bener mas, sangat bagus artikelnya saya sudah baca dan tertarik untuk terus membaca. saya dapatkan blueprint yaro starak versi indonesianya dari seorang rekan.

http://detikbisnis.blogspot.com

@tri agung= terima kasih mas, semoga bermanfaat untuk semuanya amien

terima kasih banyak atas infonya

@catur ariade=sama-sama mas

Amiiin....

artikel yang bagus sekali mas Zam, bisa membantu untuk lebih fokus bikin postingannya, thanks share informasinya ya

@aandie= thanks kunjungannya mas
@alie= semoga bermanfaat.sukses selalu ya mas

nice article bro.....
sangat berguna bagi para blogger...
mari kita sharing ilmu dengan media blog...
salam blogger... ;)

@kennikimawon=sama-sama mas.. sukses selalu.

Trims mas zam untuk infonya, ini juga yang sedang saya persiapkan untuk membangun blog saya. :)

This is great article.

Regards.

http://www.topfinest.com

Zam, anta memang tidak berubah dari rekan satu kos dulu anta memang ringan tangan (suka menolong), apalagi kalo mau ujian pada antre nanya ini nanya itu, sukses buat anta. Semoga menang dalam kontes SEO nya JS, ane doakan, Amin !

terima kasih, info menarik sekali..

pke dicoba dulu bos...

Influence can be defined as the power exerted over the minds and behavior of others. A power that can affect, persuade and cause changes to someone or something. In order to influence people, you first need to discover what is already influencing them. What makes them tick? What do they care about? We need some leverage to work with when we’re trying to change how people think and behave.

www.onlineuniversalwork.com

Post a Comment