Paid to Review (PTR) VS Google Page Rank

44

Posted on : 9:22 PM | By : Zamahsari | In : ,

Paid to Review adalah salah satu program cari uang di internet, di mana anda dibayar setelah mereview suatu produk atau website atau suatu service tertentu. Tentu saja pembayaran setelah review anda di approved. Saat ini saya baru ikut 2 program paid to review yaitu buyblogreviews.com dan blogsvertise.com, dan masih banyak paid to review yang lain baik dalam dan luar negeri. Seperti: Reveiwme.com, Pay Per Post, Sponsoredreview, reviewmu dll. Bila tertarik silahkan daftar.

Namun saat ini saya tidak akan mbahas soal bagaimana caranya mendapatkan uang lewat program review tersebut. Tapi akan saya bahas hal tersebut dan program cari uang di internet yang lain termasuk yang ringan-ringan nantinya.


Kembali ke laptop….

Sudah bukan rahasia lagi kalau paman google sangat membenci program yang namanya Review. Tidak tanggung-tanggung banyak blog yang terdegradasi dari PR 4 turun klo nggak 3, 2 bahkan ada yang lebih buruk lagi. PR 3 turun ke PR 2 atau 1 dll. Lho kok bisa? Nah disini muncul banyak spekulasi mengenai sebab-sebab penurunan PR blog yang mencari uang lewat Review. Namun, menurut saya, secara garis besar ada yang melandasi mengapa google begitu kejam dengan program ini.

Berikut beberapa alasan yang dapat saya sampaikan:

1. Secara teknis SEO bahwa blog yang ikut program review otomatis menyertakan beberapa outbound link yaitu kurang lebih 3 link pada setiap review kepada pihak pengiklan. Outbound link adalah link keluar dari blog kita ke web lain.
Menurut hitungannya berarti kita minus 3 link setiap review. Nah bayangkan berapa banyak outbound link dalam sebulan seandainya anda menulis review 10 artikel. Banyak kan? 30 outbound links. Padahal kenyataannya banyak blog yang mereview lebih dari 10 artikel sebulan.
Sebaliknya, berapa inbound link blog anda selama sebulan???

Seandainya link keluar lebih banyak daripada link masuk berarti blog anda mengalami minus link dan berakibat berkurangnya bobot dan kualitas blog anda di mata paman google. Bisa-bisa blog anda menjadi peternakan link keluar (outbound link). He..he..

2. Masalah bisnis dan kepentingan
Google yang terkenal dengan mesin pencari uangnya yaitu adwords tentu tidak mau penghasilannya menurun akibat banyak webmaster yang beralih ke program reviews. Tidak dapat dipungkiri bahwa review itu sangat menguntungkan baik dari pihak blogger yang menyediakan lahannya dan pihak pemasang iklan.

Blogger sangat suka dengan review karena mudah menghasilkan dollar. Sebagai gambaran klo blog anda ber PR 4 maka tawaran review sangat menggiurkan bahkan ada yang sampai lebih dari $100 dolar per-review. Klo PR 1 dan 0 biasanya sih dibawah $ 10, padahal cuma menulis 2 atau 3 parangraf atau klo berpatokan jumlah kata sekitar 200-an. (ada yang kurang dari 200 ada yang lebih, tergantung permintaan pengiklan).

Sekarang apa keuntungan pengiklan? Jelas… untuk meroketkan backlink web-nya yang datang secara natural dari banyak blog. Ingat backlink yang tertanam pada suatu artikel mempunyai nilai yang tinggi dan sangat diperhitungkan oleh google. Dan menurut TOS, anda tidak boleh menghapus artikel yang sudah diapproved dari blog anda. Jika anda lakukan, dijamin anda akan sepi order.

Untung mana iklan di adwords atau reviews??

Untuk kepentingan jangka panjang tentu iklan melalui review sangat menguntungkan baik dari segi ekonomi (ngirit) maupun popularitas.

Lho kok ngirit? Ya jika dibandingkan anda beriklan di adwords dengan bayaran perklik ( lebih dari $ 0.5) yang hanya bersifat sementara. Beriklan melalui review mempunyai dampak jangka panjang bahkan boleh dibilang selamanya. Asalkan artikel tidak dihapus.

Dari segi popularitas, web anda langsung terkatrol naik baik dari segi Search Engines Ranking Pages (SERPs) dan Page Rank akibat banyaknya natural backlink yang tertanam di banyak artikel blog lain.

3. Mungkin anda punya pendapat lain, silahkan……..

Melihat kenyataan tersebut tentu ada plus dan minus mengikuti program review. Klo anda mau dollar maka maju terus dan ikutlah program review tentunya dengan segala konsekwensinya. Perbanyaklah backlink blog anda dengan konten yang berkualitas, social bookmarking, komentar, iklan dll atau dengan membuat dummy blogs. O ya anda juga bisa menyediakan blog2 khusus untuk program cari duit ini.

Namun, klo blog anda untuk tujuan lain sebaiknya anda pikirkan lagi untuk join program monetasi ini.

Blog Bisnis Online

Zamahsari

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (44)

Wah mas Zam,
Sampai 3 kali baca mas untuk memahami maksudnya, belum paham semua sih tapi saya tertarik ini ilmu baru walau kemarin2 sempet baca tapi cuna sekilas ini mas Zam malah di tulis lengkap, makasih mas atas ilmunya, salam sukses
(sekampung klaten)

Cocok sekali masukan Mas Zams ini bagi para pemburu dollar. Semoga semakin bengkak saja rekening Paypalnya.
Mas Muklis sepertinya langsung mengembang hidungnya setelah baca tiga kali resep dari Mas Zams ini, ...ayo pada kompakan sana! hehehe...
Saya tak di rumah saja sambil menggalakkan program Bapak Presiden:
AKU CINTA INDONESIA
dan
AKU CINTA RUPIAH
hehehe...

Salam Istimewa!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

analisa yang bagus.
salam kenal bro..
mapir ke blog gue yee

Sebuah pilihan yang sulit ya mas zams, tetapi komentar pak guru umar memang selalu bisa dijadikan teladan, PTR memang oke sekali untuk dijadikan tambahan penghasilan kita diinternet dengan segala konsekuensinya. tetapi kalo saya sih masih dalam tahap meramaikan internet marketing diindonesia..hehe...
semoga satu tahun kedepan makin banyak internet marketers kita yang mendunia sehingga bisa memperbaiki citra negeri kita didunia maya..

-salam hormat-

Mantep neeh mas.
Kalau menurut mas Cosa Aranda (di seminarnya yg saya ikuti), bisnis paid review mending dibuatin blog khusus deh... Jangan campur2.

@muklis=sama-sama mas..semoga sukses ya
@Umar Puja Kesuma=Cinta rupiah dan Indonesia kudu dan wajib pak guru. Dan dollar sebagai tambahan..
@Rully Taraka= salam kenal juga mas.. sukses selalu ya
@Ricky=Betul memang ada konsekwensi untuk bermain di PTR. MAka harus ada blog khusus.
@Arief Maulana=Betul mas.. Klo bisa memang harus buat blog khusus.

Info yang sangat bagus, thx infonya

Trims nih atas infonya.

sistem-mesin-uang-otomatis.rar ( Download ebook sistem mesin uang otomatis )

@Hendry=sama-sama mas
@Muh. Yudhi Saputra=sama-sama mas. terima kasih kunjungannya

@zamahsari=makasih bgt infonya
@muklis=sukses slalu
@umar ouja kesuma=aku juga cinta indonesia
@rully taraka=mampir k gue juga donk
@ricky=amiin, mdah2an y mas. kita dukung
@arief maulana=mkasih mas
@hendri=lam kenal

Info yang bagus walau membacanya seperti sedang ngisi TTS. Saya berharap semakin banyak baca artikelnya mas zams, semakin banyak ilmu yang saya serap.

Oh ya mas, itu gambar bendera negara kita di artikel sebelumnya saya copy ya?

Oh,..kejam juga mbah google ya,..he..

@sumartono=kok sedang ngisi TTS maksudnya apa ya mas sumartono...
@Syd=ya begitulah ..mas. maka biasanya para blogger buat blog khusus untuk main PTR

Mas Zams, maksudnya bacanya sedikit pusing seperti sedang isi Teka Teki Silang (TTS) he..he..

Salam mas, gambar benderanya sudah saya copy. Thanks.

O oo.. begitu.. silahkan benderanya di copy aja.. thnaks ya...

jika google saja benci PTR, apalagi saya hehehe (becanda)

jangankan review, yang namanya paid to click aja udah susah dapetin dollar nya.. wong orang indonesia ini bahasa inggris nya masih acak2an..

bahkan waktu saya nulis artikel pake bahasa inggris, yg komentar cuma 1 orang dari sekian banyak tulisan saya..

artinya, orang indonesia masih anti bahasa inggris.. gimana mau berhasil membuat review?

@mas hengky=Bukan anti bahasa Inggris mas, namun sebagian besar masih belum mampu berbahasa Inggris dengan baik, seperti saya.. he..he..

good info..

Mas Sangat Bermanfaat sekali, ini ilmu baru setelah saya pikir ada baiknya juga PTR ini menjadi alternatif bagi web or blog kalian yang sudah ber PR di atas 4 Tetapi di banned GA nya. Itu Menurut saya loh.. just alternatif

informasi yang sangat berharga, salam kenal aja mas

mas saya masih bingung nih antara inbound link dan outbound link...klo mau bantu, tolong jelasin yang lebih terperinci ya, biar saya ngerti....hehehe..........

Salah satu tips yang harus dilakukan adalah selalu memperhatikan balance backlink kita. Biarkan saja daftar ke program paid review, kita cek apakah inbonblink kita lebih banya banyak dari outbondlink (selisihnya jauh) daftarkan cari bid. Tapi kalau selisihnya kecil, sama banyak bahkan ounbond lebih besar, sebaiknya jangan terlalu tergiru dengan program ini. Perbanyak dulu inboundlink kita baru cari bid lagi. Saya udah lama ikut paid review dan PR saya tetap stabil. Kita harus tetap memperhatikan backlink balance blog kita

nah itu dia kak,,sya binun,,yg namanya link keluar tuh apa c?

pernah main ptr langsung digebuk mbah google. . kapok dah

hehehehe.. berarti gak usah ikut2an main ptr yah... :)

thanks, two thubms up for you my friends

wah, bagus banget ,sangat membantu

informasi yang bagus, terima kasih mas ....

asik mas
http://mesin-fotokopi.blogspot.com/

om google kejam juga ya...
makasi banyak ya infonya, sangat bagus sebagai masukan untuk para pecinta dunia internet aktif...
www.ianfile.co.cc

Makasih ya infonya, sangat bermanfaat bagi saya yg baru saja terjun di dunia blog

Terimakasih infonya bos, dari kita DISTRIBUTOR PULSA TERMURAH www.pulsa-jaya.com

MAsuk akal mas kalau mbah Google membenci program Paid to Review (PTR), karena secara logika saja, google punya Google Adsense. Makanya kalau blog kita banyak PTR-nya, jangan salahkan Google kalau kita tidak/susah naik kelas :).

sip

Setuju banget mas. wajar dalam dunia bisnis seperti itu. Aku males PTR cos popularitas pasti turun. Kadang kita hrus ngmong sesuatu yang buruk menjadi baik..

good info

saya masih awam dengan teknologi PR google. tapi menurut pendapat saya, artikel mas sangat logis dan menarik. semangat mas. ditunggu artikel-artikel berikutnya

Sangat membantu sekali infonya.Terutama bagi yang baru terjun di bidang bisnis online.Tetap semangat dan pantang putus asa !!

aku masih belum ngerti maksud artikel ini... perlu baca beberapa kali kayaknya,,,

Mau belajar PTR lebih banyak,thanks buat infonya mas Zam

http://hqreview.blogspot.com/

thanks infonya bos..
sangat membantu

mantap gan,,

link keluar perlu dperhatikan mas y, sip dah
visitback kawan :D

artikel yang bagus ...
numpang lewat , sekedar pendapat saja,jika memang benar pada saat kita mereview pada bisnis ptr kita harus mencantumkan link outbound(keluar) pada website produk lain maka hal itu akan berpengaruh besar pada pagerank blog kita.dan jika semakin banyak mereview maka akan sama saja menanam backlink diblog kita.sehingga link keluar diblog kita akan lebih banyak daripada link menuju blog kita.namun bagaimana jika kita meletakan link produk yang direview itu dengan menggunakan rel nofollow? . . . . karena pagerank blog kita hanya akan menurun kalau link keluar jika berstatus link nofollow(yang artinya bukan baclink).sehingga blog kita bukan tempat menanam backlink? bagaimana pendapat semuanya?

Post a Comment