Google Analytics | Bagian 5. Content

12

Posted on : 11:15 PM | By : Zamahsari | In : ,

Google Analytics lagi….Bosen ah…klo bosan ya gak usah dibaca di save aja he..he..

Sebelumnya saya informasikan bahwa artikel google analytics bagian 1 ada penambahan penjelasan lebih komplit atas usulan rekan-rekan (biar lebih mudah). Dan terima kasih banyak atas masukannya.

Kembali ke bagian 5. Bab ini tak kalah penting dari 4 bagian sebelumnya. Bila anda belum memasang google analytics, silahkan baca dan praktekkan pada web dan blog anda. Sebagai panduan singkat, silahkan anda baca artikel-artikel terdahulu tentang google analytics.

Ok.. langsung saja ke pokok materi.

Tahap 1. Pada menu navigasi, anda klik “content” kemudian klik “Top Landing Pages”





















Tahap 2
. Anda pilih data untuk bulan. Biasanya udah default.



Tahap 3. Anda sekarang mendapatkan daftar rangking halaman blog anda dari trafik yang tertinggi sampai terendah.

Tahap 4. Klik link dan lihatlah dari mana sumber trafik itu datang ke halaman blog anda dan keywords apa yang dipakai untuk menemukan halaman blog anda. (cari tulisan entrance source dan entrance keywords)

Tujuan Google analytics untuk content adalah:

Konten apa yang memiliki trafik terbanyak. Di sini anda akan melihat bahwa artikel populer tidak hanya dilihat dari banyaknya komentar yang masuk, walaupun tidak dipungkiri banyaknya komentar adalah faktor yang sangat penting. Banyak artikel bagus dan populer yang memang tidak memancing pengunjung untuk berkomentar karena memiliki tujuan yang berbeda seperti blog yang berisi tutorial, panduan, resep dll. Maka anda harus lebih memperhatikan artikel yang seperti ini dan memang nyatanya sangat penting untuk pembaca. Selanjutnya tinggal anda memperbanyak topik yang terkait dengan hal tersebut.

Untuk mencari topik yang disenagi pembaca, sebagian blogger memasang poling tentang topic apa yang paling diinginkan pengunjung. Akan tetapi saya yakin bahwa tidak semua pengunjung mau berpartisipasi. Nah, dengan data google analytics anda langsung tahu jawaban yang benar.

Dari mana pengunjung datang? Jangan cuma berharap bahwa pengunjung datang dari Search Engines saja. Karena menurut pengalaman justru banyak dari referral (blog teman-teman), shoutmix (buku halaman), dan ada juga dari social bookmarking.

Kenali Keywords yang digunakan untuk sampai ke blog anda. Berkali-kali keywords atau kata kunci dibahas, dan tidak ada habis-habisnya. Salah satunya di titile post blogspot pada artikel saya sebelumnya. Silahkan dibaca….

Itu tips ringan dari saya hari ini, semoga bermanfaat dan membantu memajukan blog anda.

Oh ya ada tambahan. Pada artikel google analytics sebelumnya, mas syd (terima kasih banyak mas, semoga sukses) bertanya maksud bounch rate:

Bounch rate adalah persentase single page blog yang didatangi oleh pengunjung. Maksudnya: berapa jumlah pengunjung yang datang ke hanya 1 halaman diblog anda. Atau pengunjung datang pada halaman blog anda beberapa detik langsung kabur tanpa melihat halaman lain… jadi 1 visitor 1 pageview.

Jadi semakin banyak persentasi bounch rate berarti pertanda buruk untuk blog anda. Usahakan bounch rate halaman blog anda dibawah 50%. Klo bounch rate halaman blog anda tinggi, misalnya 70% berarti halaman tersebut tidak menarik bagi pengunjung. Silahkan anda evaluasi, kira2 apa yang tidak menarik dan lakukan perbaikan.

Udah itu dulu aja ya…

Blog Bisnis Online

Zamahsari

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (12)

Trims infonya mas. Sebelumnya aku ngga banyak tahu apa maksud bounce rate. Ternyata makin tinggi makin ngga bagus, hehehe...

Terimakasih artikel Pilar kali ini Mas. Sharing Mas Zams sangat penting dan bermanfaat sekali bagi pengunjung. Di ctrl + D lagi ahhh...

Salam Sukses mas!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

@Arief Maulana=Betul mas. Jadi makin tinggi bounch rate nya berarti makin banyak yang lihat trus kabur langsung. Sukses selalu mas
@Umar Puja Kesuma=Sama-sama mas Umar.. Sukses ya

Makasih, pren. Saya pake Google Analytic, tapi kagak ngerti sampe sedemikian detail fungsi dan manfaatnya.

Ada lanjutannya gak ini?

dengan sedikit iklan........nambah deh yang nyasar....fantastic

@Anthony Harman= Sama-sama mas.. Masih ada mas, untuk penggunaan yang lebih spesifik lagi terutama untuk bisnis. Namun lanjutan postingannya nunggu waktu yang tepat. Jadi biar tidak bosan.

@syahru tetepsemangat=yang nyasar apaan ya mas syahru..

Terima kasih iformasi nya Mas, belajar lagi aah.

@Iwan Epianto= sama-sama belajar .. terima kasih mas Iwan

wuih ketinggalan nih. tengs banget mas zam

blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

@rekan bisnisku= sama-sama mas Firdaus..

oke oke.... makasi tipsnya ya mas...

Post a Comment