Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Mencari dan Memilih Keywords

18

Posted on : 8:26 PM | By : Zamahsari | In : , ,

memilih keywords
Menurut saya pribadi keywords itu ibarat emas yang diperebutkan oleh ribuan bahkan jutaan orang di dunia maya, dan barang siapa berhasil memilih dan memenangkan keywords yang tingkat kompetisi sangat ketat, maka pertanda gelombang pengunjung akan datang berduyun-duyun setiap hari dari Search Engines. Siapa sih yang nggak mau artikel atau bisnis internet nya di ketahui dan di klik oleh ribuan atau bahkan ratusan ribu orang perhari? Oleh karena itu, mencari dan memilih keywords sangatlah penting untuk kelangsungan hidup blog dan situs anda karena pengunjung adalah darah dan urat nadinya.

Anda mungkin sudah tahu bahwa Mas Jacky Supit yang berhasil menjual blog-nya (jackbook.com) dengan harga yang fantastis $ 70.000, ternyata mempunyai UV (unique visitor) sebanyak 100.000 perhari? Sebuah angka pengunjung yang sangat fantastis, bukan? Maka tidak mengherankan kalau blog tersebut berhasil dijual dengan mudah pada angka tersebut.


Unique Visitor tentu kaitannya dengan Search Engines di mana anda diharuskan untuk mampu menempatkan artikel atau situs anda di halaman pertama google dengan kata kunci yang telah anda pilih sebelumnya

Nah, berikut faktor yang harus dipertimbangkan dalam mencari dan memilih keywords atau kata kunci:

1. Popularitas keywords
Menyangkut berapa banyak orang yang mencari informasi melalui keywords ini perhari. Semakin banyak maka akan semakin popular dan tentunya persaingan juga semakin ketat. Anda bisa menggunakan SEO Book Keyword Suggestion Tool dan Google AdWords: Keyword Tool untuk mengetahuinya. Namun harus diingat juga bahwa anda juga bisa menggunakan insting anda untuk memperkirakan keywords yang akan popular dan booming pada masa mendatang sehingga anda dapat menebak dan memilihnya dari sekarang.

2. Kompetisi keywords
Dalam melihat kompetisi ini, anda harus melihat 2 faktor yaitu kuantitas dan kualitas supaya tidak salah dalam memilih keywords. Maksud saya adalah banyak dari kita hanya melihat banyaknya persaingan (jumlah) yang mencapai jutaan dan kurang memperhatikan faktor-faktor kualitas. Hal yang harus anda lakukan adalah melihat dan mempelajari blog atau situs yang menempati urutan pertama di Search Engines mulai dari PR nya, backlinknya, SEO on page nya dll. Oleh karena itu walaupun persaingan dalam hal jumlah sedikit belum tentu anda dapat mencapai halaman pertama google dengan mudah karena lawan anda sangatlah kuat. Begitu juga sebaliknya, walaupun jutaan persaingannya namun jika dilihat lebih teliti ternyata persaingannya kurang kuat sehingga dapat dengan mudah untuk dikalahkan.

3. Profit
Ini kaitannya dengan adwords dan adsense. Jadi anda membuat artikel yang bertujuan untuk membidik keywords yang harga perkliknya mahal, sehingga pundi2 dollar anda cepat menggelembung. Untuk yang ketiga ini anda dapat mempelajari dari para master adsense.

Dari ketiga faktor di atas, semua mengacu pada kekuatan dari situs dan blog anda. Bila anda merasa blog anda cukup kuat bersaing, maka bidiklah keywords dengan persaingan yang ketat. Namun bila anda merasa tidak cukup kuat, maka strategi yang terbaik adalah dengan menerapkan long tail keyword sebagaimana telah saya bahas di artikel sebelumnya.
Ok mau nyenggol kontes SEO stop dreaming start action.. ya doakan biar tetap di halaman pertama

by-zam - formula bisnis

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (18)

Tips yang maut mas,

Khusus point no.2 saya sangat setuju untuk selalu hati-hati memilih keyword dengan persaingan yang ketat.

Kalo saya pribadi sih paling suka mencari keyword yang sedikit persaingan tapi banyak pencarian...hehe..
Nice post mas,

Ricky
Businessman

Iya Mas Zams, long tail keyword jadi pilihan awal dulu. Setidaknya bisa menggaet pengunjung dulu dari search engine biar cuma sedikit. Setelah itu bisa nyambi berkompetisi di keyword yang memiliki persaingan ketat.

makin mateng neeh mas zams di SEO.
Sepakat mas, ngga bisa sembarangan cari KW.
And memang awalnya kita disarankan untuk memulai dengan long tail keyword, dan lama kelamaan bila positioning udah mantep bisa merambah ke KW yg lebih short lagi! Paling tidak, itu kata guru saya.

Salam Sukses

Keyword bagi saya tetap sebagai suatu misteri. Dikejar2 sampe capek malah bikin pusing. Yah, yg penting nulis deh

Mantebs Mas, kuliahnya kali ini. He..he.. memang pantas Mas Zams jadi dosen SEO.

Jujur saya kagum pada apa yang sudah dilakukan oleh Mas Jacky Supit. UV blognya bisa mencapai 100.000/hari. Pantes bisa dijual semahal itu. Sarapannya apa ya dia?

makin manis aja mas trik SEO nya.
Tentu ada tahapan dalam memahami trik SEO ini.
Tambah lagi deh ilmuku tentang per-SEO-an.

Thanks Mas Zam.. :-)

setuju ama nomor 2.. keyword emang hal paling penting dari SEO..

Hohoho... keyword ibarat slah satu pondasi dlam SEO

@ricky=betul mas Ricky memang yang menjadi incaran adalah keyword yang persaingan sedikit dengan jumlah pencari yang banyak.. sukses ya..
@habibie reza=keyword yang ketat aja di sambi ya mas habibie.. hebat deh klo gitu, sukses selalu
@Blog Motivasi Arief=MEmang betul mas ARief.. pelan2 saya yakin posisi blog kita akan terus kuat klo sering diperhatikan dan diupdate..amien
@Sumartono=he..he.. saya sih masih hijau mas Sum.. belum ada apa2nya.. trafik aja masih minim.. tapi belajar terus aja.
@Fadly Muin=Semoga memberi manfaat mas Fadly .. sukses untuk mas Fadly

@Anthony Herman=Nggak usah dikejar aja.. kan ada alatnya, kita tinggal mengambil yang kira2 pas..
@Javabizz=penting sekali, karena klo anggak pake keywords susah untuk naikkan rangking
@Ardy Pratama=Yup .. betul mas Ardy.. sukses selalu ya

Ufh...tips nya terlalu berat buatku...semuanya aku nggak mudah utk melakukannya, perlu perjuangan keras nih....

Info yg sangat bermanfaat bro!

Ternyata jual beli situs bisa jadi bisnis yg menguntungkan banget yach...

Key word sangat penting dalam hasil search engine.salam, berkunjung balik ya

Ternyata memilih keyword tidak boleh sembarangan ya? hmmm....baru tahu saya...
Untung ada Mas Zam dengan artikel-artikelnya yang pro rakyat, eh...pro blogger maksudnya, hehehe...
Trims Mas Zam. Semoga semakin sukses!

@ammadis=saya juga belum ada apa2nya mas.. masih jaug anget tapi yang penting mau belajar terus..
@baitul alim=ok.. betul mas alim
@umar puja kesuma=ok memang begitu mas umar3.. klo mau pengunjung blog meningkat, kita harus sedkit toleransi sama mbah google dengan belajar SEO dan keywords

sep mas zams...kebetulan saya juga sedang mencoba teknik2 spt diatas...semoga web baru saya bisa ada di halaman pertama google..hehehhee..
salam

@agung jatnika=terima kasih kunjungannya mas agung.. wah hebat mas Agung ini.. punya web baru lagi

lihat di myokezone ,ada trick tuk nyuri keywords orang laen..

Hai friends Myokezone punya info bagus nih..
Yuk gabung dengan reviews barang dan dapet laptop lho...buruan gabung sebelum telat...cuman ampe akhir Juli lho makanya cepat gabung dan ayo raih hadiahnya..klik Di sini tuk gabung


Your friends Myokezone

mas minta saran knapa blog sy sepi pengunjung
http://adsense.mybesthost.com

@indra=memang rata2 berapa mas.. trus artikelnya punya berapa??

Post a Comment