Memaksimalkan Google Analytics (Bagian 3. Incoming Links)

18

Posted on : 9:03 PM | By : Zamahsari | In : ,


Artikel ini adalah postingan ke 3 dari serial google analytics, semoga anda sudah membaca 2 postingan sebelumnya yaitu Google Analytics bagian1. installing dan Google Analyitics bagian 2. Keywords. Jika belum, monggo baca aja dengan santai dan rileks.

Di bagian ini kita saya akan membahas web dan blog mana yang menjadi jembatan menuju blog kita, dan bisa jadi dari social bookmarking seperti stumbleupon dll. Jadi menurut saya, mengetahui incoming links sangat berguna untuk dijadikan pertimbangan langkah strategi blog selanjutnya.

Langsung saja ikuti tahapan-tahapan berikut ini. Di sebelah kiri navigasi, klik “traffic Source” dan “Referring Sites”


Tahap 1. Sekarang anda dapat melihat daftar web dan blog yang mengirimi trafik ke blog anda. Informasi ini sangat bermanfaat karena tidak hanya trafik yang anda duga memang banyak mengirimkan trafik ke blog anda (klo member FormulaBisnis tentu blog Joko Susilo) akan tetapi juga blog dan web yang tidak anda duga sebelumya.

Tahap 2. Anda cari tulisan “Show rows” dan pilih 500. Gunanya untuk menampilkan semua sumber trafik.

Tahap 3. JANGAN klik icon kecil disamping blog, karena hal ini akan membawa anda menuju alamat utama URL bukan pada halaman yang mengirimi anda trafik. Klik aja link yang berwarna biru (di samping dua kotak kecil ada tulisan berwarna biru misal: jokosusilo.com)

Tahap 4. Sekarang anda melihat daftar halaman dari blog atau web yang menjadi jembatan trafik yang datang ke blog anda. Jika anda ingin lebih, anda bias klik link halaman yang banyak memberikan trafik tersebut.

Kesimpulan:
Dari informasi di atas, anda akan melihat 3 hal sebagai berikut:
• Pertama adalah anda dapat mengetahui web atau blog apa saja yang mengirimi anda trafik dan blog apa yang tidak mengirimkan sama sekali. Sentil aja blog yang tidak mempunyai kontribusi babarblas, jika perlu anda alihkan perhatian pada blog yang memperhatikan dan mengirimi anda trafik.

Note: klo anda rajin komentar di blog yang rame seperti Blog Joko Susilo, dijamin bakal kebanjiran trafik, apalagi kalau postingannya memasang link anda. Blog Bisnis Online menerima 40% dari total visitor sampai sekarang.

• Web atau blog yang mengirimkan trafik ke blog anda dan anda tidak menduga sebelumnya. Lihat blog tersebut dan pelajari apakah ada kemungkinan untuk meningkatkan trafik dari blog itu. Oh ya mungkin blog ini memberi link kepada anda karena ada harapan bahwa anda juga memberi link kepadanya suatu saat nanti.

• Ketiga adalah apakah ada kemungkinan untuk Joint Venture atau jadi partner. Jika seseorang memposting konten yang memuat link anda, mungkin saja dia berharap anda juga membuat konten yang memuat link blognya. Ya sama-sama untung gitu lho bos.. Jadi ke depan anda bisa lebih memprioritaskan mereka yang memberi link ke blog anda.

• Keempat adalah apabila anda ingin memberi award pada momen tertentu, nah ini bisa dijadikan pertimbangan yang penting, tul nggak. Jadi yang memberi kontribusi besar ya pasti menerima award dari blog anda.

Catatan: Kadang-kadang, anda sudah memberi link berkali-kali pada postingan anda ke suatu blog, namun blog tersebut “meneng bae”. Mulai sekarang anda boleh berpaling ke lain hati. (biar cinta tak bertepuk sebelah tangan he..he..)

To be continued .....

Zamahsari
Blog Bisnis Online


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (18)

thank mas, saya dapat ilmu baru lagi nich,

sukses selalu ya mas

mkasih infonya...fantastic

@yanuar= terima kasih mas kunjungannya. semoga bermanfaat
@syahru tetepsemangat= sama-sama mas..

Siiippp....ilmu tambah lagi hari ini. Jangan bosan berbagi saja Mas, insya Allah akan kembali lebih dari apa yang kita bagi.

Salam Istimewa

Terus berikan pencerahan Mas kepada teman2 semua.

terima kasih banget

REKANBISNISKU | blog rekan bisnis

@Umar Puja kesuma= Amien mas.. Sama-sama belajar internet. Sukses buat bisnis guru.
@rekanbisnisku=sama-sama belajar, semoga sukses yan mas..

Semakin banyak memberi semakin banyak menerima. Sudah banyak nih ilmu yang saya serap dari Mas Zams, tapi omong2 ada gak ya artikelku yang berguna bagi mas Zams?

@sumartono=ya pasti dong mas. Saya banyak belajar dari mas sumartono dari artikel-artikel mas yang menceritakan tentang pengalaman, motivasi, dan tips-tips. Kapan ya bisa ke Jepang.. ha.. ha..

mau tanya nih,di google analytics kan ada "bounce rate" bisa dijelaskan ga apa maksudnya..???

Wah, ini petunjuk penting, bro. Makasih ya

@syd=Bounce rate is the percentage of single-page visits (i.e. visits in which the person left your site from the entrance page). Bounce rate is a measure of visit quality and a high bounce rate generally indicates that site entrance (landing) pages aren't relevant to your visitors.
gitu sih kata om google.. sederhananya persentase kunjungan pada hanya satu halaman blog atau web. JAdi semakin tinggi % bounch rate menandakan bahwa pengunjung kurang interest dengan blog kita. Jadi pertanda kurang baik. Gitu sih kira2
@Anthony Harman=sama-sama belajar mas...

oya mas, tampilan google analytics di blog mas dmn ya???kok saya g menemukan tampilannya di blog mas sndiri???

Ya gak tampil dong mas... Memang mas udah ikuti langkahnya dari awal belum??

Saya sendiri sudah lama menggunakan google analytics namun sejauh ini baru bermanfaat sebatas untuk melihat jumlah kunjungan, belum dioptimalkan.

terima kasih atas artikel" ini mas.

alhamdulillah semuanya sudah saya baca postingan anda mengenai google analytic...semoga kedepannya bisa mempermudah saya dalam meningkatkan traffic website saya, dan anda posting terus materi2 yang banyak berguna bagi semuanya...
sukses untuk semuanya, terima kasih.

makasi ya mas infonya... benar2 sangat membantu....

wow begitu ya.. ternyata tidak sesederhana yang saya bayangkan.. maskasih sobat

Makasih bnyak gan atas info'a. . .
Ini sngat membntu sya,,
jgn lupa kunjungi jg yah blog ane. .
http://hujan-info.blogspot.com/

Post a Comment