Google Analytics - Menganalisa Blog (Bagian 2. Keywords)

17

Posted on : 7:53 AM | By : Zamahsari | In : , ,

Di bagian ini kita mencoba menggali fungsi fitur Google Analyitcs lebih mendalam, sayang kan kalau fasilitas gratis ini tidak dipelajari. Kalau anda belum memasangnya, silahkan menginstal dulu dan ikuti petunjuknya seperti telah saya jelaskan Google Analytics bagian 1

(untuk masuk pada pembahasan selanjutnya, saya asumsikan bahwa anda telah memasang google analytics minimal 2 minggu (jika baru, untuk belajar... its ok), klo lebih dari 2 minggu malah lebih baik).

Kembali ke Goggle Analyitcs. Salah satu data yang sangat penting yang ditunjukkan Google Analytics adalah keywords apa yang digunakan pengunjung menemukan blog anda. Karena seringkali rangkaian kata yang digunakan untuk sampai ke blog bahkan keywords yang tidak pernah anda duga dan rencanakan sebelumnya.


Anda tentu sering menembak keywords tertentu dan berharap blog anda nangkring di halaman pertama dan mendapatkan trafik yang melimpah darinya sampe2 anda mengabaikan keywords yang lain. Padahal kadang yang terjadi justru sebaliknya.
Misalnya: anda sering menembak keywords “bisnis internet”, akan tetapi keywords “belajar bisnis online” justru mendatangkan trafik lebih banyak

Oleh karena itu dengan data yang diberikan google analytics, anda bisa me-rangking keywords apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung dan bagaimana berusaha untuk mengoptimalkannya..

Untuk memahami lebih jauh, sekarang anda lakukan tahapan-tahapan di bawah ini:

Tahap 1: Anda log in dulu ke akun google dan klik “access analytics”

Tahap 2: Klik nama account yang anda pilih. Lalu klik “view reports” pada blog yang ingin anda analisa.





Tahap 3: Sekarang anda berada di dashboard google Analytic. Pada bagian navigasi (sebelah kiri), klik “traffic source” lalu klik “search engines”. Jangan klik keywords dulu karena fokus anda pada trafik google.

Tahap 4: Sekarang anda mendapatkan daftar semua search engine yang mengirimkan pengunjung pada blog anda. Pilih “google” saja. Bila google aja belum tercantum, sebaiknya anda kembali ke blog dan lakukan banyak promosi lagi, he..he..






Tahap 5: Sekarang anda mendapatkan daftar semua keywords yang digunakan pengunjung melalui google. Sekarang lihat bagian bawah dan klik “Show Rows” dan pilih 500.

Tahap 6: Sekarang mulai dengan daftar paling atas (keywords yang paling banyak memberi trafik) dan dengan keywords tersebut, temukan di halaman berapakah blog anda? Caranya anda masuk ke alamat di bawah ini:
http://www.google.com/advanced_search

Anda akan menemui form, yang perlu diisi:
all these words: (isi kata kunci yang masuk 5 besar)
Results per page: anda cari dan klik yang 100 results
Language: Indonesian (pilih indonesian saja he..he..)
File type: Biarkan any format saja
Search within a site or domain: (biarkan kosong)
Yang lain biarkan apa adanya

Tahap 7: Klik “Advanced Search”

Tahap 8: Kemudian klik “Edit” di menu bar atas dan klik “Find”. Setelah itu masukkan alamat blog anda di kotak bagian bawah kalau anda menggunakan Mozilla (jangan pakai http:// misalnya: zam-sy.blogspot.com atau www.domainanda.com)

Tahap 9: Lihat hasilnya… dihalaman berapakah blog anda? Hitung diurutan berapa? kemudian bagi 10. Misalnya di rangking 34 berarti blog anda dengan kata kunci tersebut berada di halaman 4. Jika belum tercantum di deretan 100 berarti blog anda diluar halaman 10, jadi masih banyak PR kawan.....

Kesimpulan:
Tujuan kita disini adalah menemukan di halaman berapa keywords yang banyak menghasilkan trafik? Bisa jadi tidak di halaman pertama (masuk 10 besar). Jika demikian, apabila blog anda masuk dalam 10 besar, maka dapat dipastikan bahwa pengunjung yang akan menemukan blog anda akan lebih banyak lagi.

Setelah anda mendapatkan gambaran tentang keywords seperti di atas, tugas anda sekarang adalah mencoba untuk focus pada keywords yang telah terbukti mengirimkan pengunjung ke blog anda. Jadi untuk apa anda fokuskan pada keywords yang bahkan sampai saat ini belum mengirimkan satu pengunjung pun, I think it’s not a good choice.

Dan jika sempat, lakukanlah sebulan sekali untuk membuat list keywords (seperti cara di atas) dan fokuskan pada top 5 keywords untuk ditingkatkan agar dapat nangkring di halaman pertama di google. Dengan langkah tersebut semoga dapat membantu anda memperjelas langkah blog bisnis online anda ke depan…

Next posting, kita coba mempelajari fitur yang lain….

To be continued ....

Zamahsari
Blog Bisnis Online


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (17)

Hmmmmmmmmmm....tetep PILLAR artikel part 2 ini.
Lumayan njelimet sih, tapi gak apa-apa demi memaksimalkan mesin bisnis kita. Bagus sekali Mas Zam.

Btw, ada yang perlu dikomen di BG sekarang.

KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Tks mas postingnya. Walau perlu energi khusus untuk mempelajarinya. Tapi tak mengapa ini bagian dari proses belajar jadi blogger. Salam sukses selalu.

Salam kenal Mas, Artikelnya sangat membantu saya dalam menjalankan bisnis ini, ditunggu artikel yang lain, Salam Sukses.

umarpujakesuma=sebenarnya sih sederhana mas, cuma perlu dibiasakan. BTW sukses selalu ya
@sumartono=betul mas.. sedikit demi sedikit. sukses selalu
@Iwan Epianto=terima kasih mas, salam kenal juga

boleh buat konsumsi saya kan.
===================
maturnuwun sanget

Kalo di google analytics kayanya kan juga ada fitur yang bisa mengetahui dari kota mana saja pengunjung blog kita ya ???

udah dibahas belum ??

@rekanbisnisku=Boleh silahkan
@syd=belum dibahas mas, nanti Insya Allah

wah bener2 berkualitas.... makasih mas Zams, saya mau coba ah..

@tukangkebunonline=terima kasih mas. Sukses selalu..

hhhmmmmm....
memang luar biasa mas...
trimaksih panduan nya..2 minggu lagi akan saya lihat perkembangan nya deh

sungguh terima kasih..
salam

@andy= sama-sama mas....terima kasih

maksih infonya broooooo

mantabsss... postingan sgt berguna sekali bt saia... di tunggu next postingannya mengenai google analytic... makasih...

Terimakasih postingannya mas, menjadikan saya menjadi "Nngeh" fungsinya google analytics.

mampir disini buat baca-baca kawan

Jadi begitu ya bro cara memanfaatkan Google analystic untuk survey keyword, okeh mari kita Bersama segera memasang tools dari Google ini!

sederhana tapi kaya informasi
trus berkarya sob

Post a Comment