Google Analytics - Menganalisa Blog (Bagian 1. Memasang)

47

Posted on : 11:18 PM | By : Zamahsari | In : ,


Memasang Google Analyitics untuk blog dan web sangat penting, karena dapat mengetahui semua aktivitas yang terjadi di blog. Untuk bisa sukses berbloging for long haul (jangka panjang) anda harus melakukan test dan analisa blog anda secara berkala sehingga anda mendapatkan gambaran yang jelas keadaan blog anda pada saat itu, apalagi jika tujuan anda untuk bisnis online. Bagian mana yang sudah berjalan baik dan mana yang masih perlu perbaikan. Salah satu tool yang banyak direkomendasikan adalah google Analytics. Diantara fungsinya, anda dapat mengetahui:

• Berapa jumlah trafik day to day
• Dari mana trafik anda berasal (source of traffic)
• Halaman mana saja yang sering dikunjungi dan berapa lama?
• Dan masih banyak lagi

Untuk memasang Google Analytics ke dalam blog sangatlah mudah hanya perlu beberapa menit saja. Jadi jangan khawatir karena tidak perlu keahlian khusus. Namun sebelumnya pastikan anda sudah memiliki akun google (gmail), jika belum sign up aja, free…


Ok, kembali ke google analytics, begitu anda menerapkannya ke dalam blog maka google analytics akan memberikan data-data yang bermanfaat, namun anda perlu sabar sampai beberapa minggu untuk mendapatkan informasi aktivitas blog anda agar dapat dianalisa (kalau baru satu hari, apa yang bisa dianalisa???).

Ada dua cara untuk memasang google analytics di blog atau web:

a. Memasang Kode Analytics langsung ke blog (Blog Bisnis Online pakai cara ini karena masih blogspot)

Tahap 1: Jika anda sudah punya akun google. Anda tinggal sign in ke dalam google analytics dengan menulis alamat e-mail dan password. Lalu klik "sign in"

Tahap 2: Ada tulisan "Sign Up for Google Analytics" anda cari tombol ""sign up"

Tahap 3: Tunggu sampai jendela baru dan isi formnya secara lengkap, termasuk nama, nama url blog dll. Lalau tekan tombol "continue" dan ada form lagi yang harus diisi. Lengkapi dan klik "continue"

Tahap 4: beri tanda tik pada kotak kecil di samping "Yes, I agree to the above terms and conditions" Kemudian klik tombol "create new account"

Tahap 5: Anda berada di halaman "Analytics: Tracking Instructions" pilih yang ada tulisan New Tracking Code (ga.js). Copy semua kodenya.

Tahap 6: Buka blog anda dan paste kan kode tersebut di kode template blog anda tepat di atas </body>

Tahap 7
: Kembali ke google analytics dan klik “Check Status” untuk men-verify bahwa kode anda sudah terpasang dengan benar.

b. Menggunakan Analytics Plugin (Wordpress User)
Untuk informasi lebih lanjut tentang memasang google analytics Plugin for Wordpress User bisa baca di sini

Selamat anda telah berhasil dan anda akan segera mendapatkan data-data yang sangat penting. Postingan berikutnya tentang bagaimana menggunakan dan memahami fitur-fiturnya.

To be continued on the next post .....


Zamahsari
Blog Bisnis Online
Stop Dreaming Start Action

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (47)

Wah mantap mas,
Ilmu yang sangat bermanfaat, saya mau cuba ah,
Ohn ya mas ada secangkir kopi untuk mas Zam pahit atau manis rasanya coba de di cicipin keburu dingin lho mas di meja yang ini http://www.blogbisnismuklis.co.cc/2009/02/secangkir-kopi.html
Terimakasih dan semoga tetap sehat dan sukses ya mas

Maaf tdi keburu buru mas ya jadi di ulang deh, makasih

@muklis=terima kasih mas... ngronda nih.. sukses selalu deh untuk mas muklis..

Info yang sangat berguna banget euy.

menunggu kelanjutannya ah

@rekanbisnisku=ok mas terima kasih

Makasih mas zam infonya, saya senang belajar bisnis internet diblog mas zam, jelas banget... O ya saya udah pasang link mas zam di blog saya loh...
mampi ya mas di rumah sederhana saya, ada yang baru tuh :)

-salam sukses-

@ricky=terima kasih mas.. ok saya pasang juga linknya mas Ricky. Sukses

Mas Zams makasih infonya, tidak perlu lagi saya cari di google. Sekali lagi semoga sukses bisnisnya.

iya ne selama ini saya belum pernah make... tapi jadi tau kalo mas zams ngasih tips yang bagus ini...
makasih mas infonya...

sep bgt nih infrmasinya... :)

Udah ada belum ya. (maaf ga sabaran euy)

ternyata ada ilmu baru disini, telat deh, tapi untunglah ga telat-telat amat :) thanks sharing ilmunya mas Zam, sukses

@sumartono=sama-sama mas, sukses mas
@torik=gratis mas, sayang klo gak digunakan, sukses dah
@Ardy Pratama=makasih mas Ardy, sukses selalu
@rekanbisnisku=lha udah pasang belum mas
@alie=sama-sama mas.. gak telat kok.

sip mas tr iknya, btw akun google yang mana mas y ag gmail bukan di akun google q kok ga daya?

Perlu di bookmark neh artikel.

Akan dipelajari lebih serius mas (sambil merenung)
he he he

@adi wardana= klo udah punya gmail, mas masuk aja ke web google analytics http://www.google.com/analytics/, lalu mas klik "sign up Now" lalu ada tulisan Sign in to Google Analytics with your
Google Account, tulis aja e-mail gmail dan passwordnya, trus sign ini deh. lalu ikuti cara penjelasan saya di atas. sukses ya...
@fadly=merenungnya jangan lama-lama mas.. ntar bengong lho. sukses ya

TRIMS MAS ZAM,
MANTAP

penjelasan dari mas Zam tentang hal diatas sangat jelas dan mantap. Terima kasih atas usahanya ini.
Musrippin
http://www.aramulabisnis.blogspot.com

@adi wardana= terima kasih mas, sukses..
@hamusrippin= mudah-mudahan bermanfaat

waktu q masuk akun google kok gak ada tulisan analystik mas ya????pojok kanan jg gak ada

Roomen= ok mas, untuk lebih mempermudah, sekarang udah saya edit...Klo ada kesulitan silahkan konfirmasi

ok mas terima ksh jg konfirmasi sy cpt ditanggapi. skali2 kasih komentar donk di blog saya. postingannya jg ad yg baru. thanks salam blogger

oya mas. waktu saya masuk www.google.com tdk ada link untuk analystics. entah komputer saya sendiri atau memang seluruhnya. sekedar tambahan bagi para pengunjung kalau ada masalh yg sama dg saya bisa langsung masuk www.google.com/analytics. selanjutnya ikuti langkah mas zamahsari. thanks mas. maaf kalo lancang. peace. hehehehe

Iya memang harus masuk ke web google analytics seperti mas sebutkan www.google.com/analytics Terima kasih masukannya..

oke mas sama2. kalo jelas gitu kan jadi gak bingung pengunjungnya. thanks

@roomen= betul mas.. sekali lagi terima kasih masukannya ya...

matap sekali tutorial seo-nya saya akan coba terapkan pada blog saya, Trim's :)

alit blogs= silahkan mas...

waktu q copy di blog saya kok tdk ada perubahan mas ya??gambarnya analyticsnya jg g ad,,,

waah makasih masa infonya, oiya sekali-kali mampir ke blogku ya, soalnya butuh saran dan kritiknya nih he he

@roomen=dicopy gimana mas maksudnya? kan memang harus login ke situsnya untuk tahu keadaan dan perkembangan blog kita.
@andra=sama-sama mas.. thanks

makasih bangett mas zam, saya akan mencobanya mas, moga bermanfaat buat kita semua, skali lagi terima kasih atas (ilmunya) salam kenal n salam ngeblog.

makasih info nya mas

Bagus sekali arahannya mas. oh ya salam kenal ya. ni Saya newbie. mau belajar bisnis ni dan ngeblog. ingin tau cara berbisnis yang bisa menjual. oleh karena itu tukaran link yuk, supaya blogku bisa Anda kritisi yang membangun. Dan Salam kenal ni kepada member formula bisnis semua.Silahkan mampir ke hadibintoro.blogspot.com

wah makasih masi infonya. sebelumnya saya nggak ngerti fungsinya yang detil gitu. he he he dasar saya yang KURIL(kurang ilmu). tapi sekarang dah agak ngerti kwkwkwk. salam kenal mas

Makasih banyak buat infonya ya mas,

akhirnya bisa pake juga bwat toko ak ^^

sukses selalu bwat blog nya

Sip dah saya coba! thx.
Tukeran link yo. Hehe

wah mantap nih tipsnya, ntar saya coba buat di blog saya

Waduh paling repot nie kalo ngutak atik template..

ini yang sedang saya cari2 kalau bisa mas tips seo untuk blog ber-platform blogspot lebih diperbanyak lagi

Penjelasan yang musdah dipahami untuk newbie kaya saya...
Thank's bro. sdah tak pasang dan tanpa kendala

langsung dicoba gan..........

mantap gan.... www.belajartrikomputer.co.cc

Makasih banyak sharingnya bro... ane jadi tambah ilmu baru nieh, sukses untuk blognya semoga jadi yang Terbaik Indonesia...!

Makasih gan buat tipsnya, bermanfaat banget.
salam kenal :)

Mkasih gan tipsnya,,,

trimsss banyak gan buat ilmunya nih,,,, sukses terusss

Post a Comment