Membangun backlinks - Definisi dan Seputar Backlinks

108

Posted on : 3:03 AM | By : Zamahsari | In : ,

Sebelum membahas tentang backlink, ada baiknya kita flashback tentang SEO on page dan SEO off page. SEO on page merupakan strategi pengoptimalan web di Search Engines yang sepenuhnya berada dalam kendali kita. Misalnya: Strategi Meta tags, Post Title, keywords, struktur website, internal links dll . Sebaliknya SEO off page dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti backlink, anchor text, dll. Mana yang lebih berpengaruh untuk rangking blog dan website kita di search engines. Sebetulnya dua-duanya sangat penting, namun banyak para master SEO mengatakan bahwa strategi off page lebih berperan dalam menentukan rangking website.

Berbicara masalah SEO off page, kita tidak bisa lepas dari makhluk yang namanya backlink. Apa sih sebenarnya backlink itu?


Secara garis besar backlink dapat digambarkan sebagai berikut:
Ketika blog / web A memasang link blog B maka blog B mendapatkan backlink, dan search engines akan menambah poin plus untuk blog B. Namun harus diingat bahwa penambahan poin itu tidak seperti dalam PEMILU Indonesia yaitu one person one vote, karena pihak search engine memberi nilai berbeda untuk setiap link dan biasanya ditentukan oleh tingkat PageRank web pemberi link dan di mana letak link tersebut.

Contoh sederhana: Link blog ber PR tinggi mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan yang PR rendah demikian juga dengan link yang berada di artikel mempunyai nilai lebih dibandingkan link di komentar dan sidebar.

Untuk mengetahui lebih jauh, kita perlu mengetahui juga dua konsep penting yaitu Link Popularity dan Link Reputation.

Link Popularity menekankan pada berapa banyak link berkualitas yang menuju suatu blog atau web.

Link Reputation menekankan pada keywords apa saja yang dipakai dalam anchor text. Apakah ada relevansinya satu sama lain? Kalau saya boleh memberi istilah yaitu variasi kata kunci yang berkaitan. Variasi keywords berkaitan tersebut penting karena setiap pengunjung tidak selalu menggunakan kata yang sama sebagai keywords untuk mencari informasi lewat Search Engines

Misalnya: A menggunakan kata Bisnis Online sebagai keywords untuk mencari informasi bisnis di internet. B menggunakan istilah Bisnis Internet untuk mencari informasi yang sama. Jadi informasi bisnis internet mempunyai variasi beberapa keywords seperti: bisnis online, bisnis internet, dll. Jika sudah optimal, mau pakai keyword bisnis online atau bisnis internet, maka blog anda akan tetap nangkring di urutan atas halamannya Simbah kakung. Hebatkan???

Oleh karena itu kedua konsep itulah yang harus diperjuangkan? Pertama adalah mendapatkan sebanyak mungkin link berkualitas dan kedua adalah membangun banyak variasi kata kunci yang relevan untuk blog kita.

Pertanyaannya adalah mengapa Links itu begitu penting agar anda sukses di dunia maya???

Pertama: Links adalah makanan pokok spider (Jadi beda… kuda makanannya rumput tetapi robot spider makanannya links)
Link sangat penting karena agar blog anda terjaring oleh robot dan akhirnya terindex di Search Engines. Selanjutnya tugas mereka adalah menentukan rangking sesuai dengan terms (kategori) web atau blog.

Kedua: Links akan memperkokoh relevansi halaman blog kita.
Maksudnya: dengan memperbanyak links dengan blog lain yang relevan berarti anda mempermudah halaman blog anda ditemukan oleh si Mbah google yang kemudian akan di-indeks dan di rangking. Jadi setiap si mbah melakukan inspeksi ke blog bisnis misalnya, maka ia akan menemukan links kita di sana. Akhirnya blog kita dianggap ngetop dan ditempatkan di rangking yang tinggi untuk terms (kategori) tertentu.

Dapat kita garis bawahi bahwa untuk mendapatkan posisi tinggi di SERPs ditentukan tidak hanya banyaknya links, tetapi juga banyaknya kualitas links dan banyaknya links dari website yang relevan atau website yang sejenis dengan blog kita.

Bagaimana strategi strategi membangun backlink secara lebih detil, akan saya jelaskan di postingan berikutnya...

Zamahsari
Blog Bisnis Online
Ayo dukung Stop Dreaming Start Action

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (108)

Mas, saya suka artikel seperti ini. Tentang SEO skill. Walaupun mendasar saya tetap masih butuh info seperti ini. Buat pemula SEO-ers seperti saya, riset yang paling mudah dilakukan dalam mengetahui peringkat situs kita di SERP adalah dengan melakukan rutunitas blogwalking.
Dengan kata kunci "penulis blog" satu bulan yang lalu saya pernah menempati posisi 3 di halaman google. Nah..ketika kesibukan di dunia offline terjadi, otomatis blogwallking menjadi berkurang, jadwal posting dan menjawab komentar jadi molor.Kata kunci tersebut saya cek lagi, dan hanya menempati halaman ke tiga nomer 30-an..
Saya sadar disini yang dituntut adalah konsistensi.

Terimakasih koreksi di blog saya, sudah saya revisi Mas..

http://wawanpurnama.com/2009/02/15/3-siasat-jitu-membuat-tulisan-review-jadi-seru/

@wawan purnama= mas wawan ini sukanya merendah. saya juga pemula mas..Sebenarnya blogwalking hanya salah satu cara dan ada cara lainnya seperti bookmarking, trackback, membuat blog dummy dll... sukses mas wawan..

saya sangat berterima kasih pada anda karena artikel ini yang saya cari bagus banget

wah.. saya sangat enjoy dengan ilmu ini.
ini perlu banget. basic tapi sangat penting.

jadi ngga sabar menanti strategi membangun link berikutnya.. buruan dong mas, kalo perlu besok... ha ha ha

SALAM SUKSES = BLOG MOTIVASI MENTAL =

@akubsaputra=sama-sama mas... amien klo memang bermanfaat
@Fadly Muin=Klo udah siap pasti segera publish..thanks ya udah berkunjung

Mas Zam, saya sangat suka artikel-artikel tentang SEO-nya.

Tetap konsisten di jalur ini saja ya! supaya saya gak perlu ngelayap ke mana-mana untuk mencari info teknik SEO terbaru.

Btw, artikel pilar ini langsung saya ctrl + D lagi ah....thanks ya!

Salam Istimewa!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

@umar Puja Kesuma=mudah-mudahan mas Umar...Terima kasih lagi untuk dukungannya..

Tambah spesifik neeh. Saya memprediksi ke depan blog ini special SEO (pake telor, hehehe).
Fenomena backlink memang tidak bisa dilepaskan begitu saja dalam dunia SEO.

Saya nantikan postingan berikutnya mas zams

@Arief Maulana=Sebenarnya sih mengalir aja mas Arief. Saya juga kurang tahu kenapa larinya dan idenya masalah SEO.. Mudah-mudahan sih gak garing...

Terima kasih info nya Mas Zam, ditunggu artikel berikutnya.

@iwan Epianto=sama-sama mas.. semoga sukses selalu

Mas Zams pakar SEO kenalin dong dengan temannya..itu makhluk yang namanya backlink. Saya tunggu artikel berikutnya lebih detail mengenai makhluk itu. Salam sukses.

Mas zam, postingan selalu berkualitas..saya suka belajar disini.SEO memang metode yang ga habis' dibahas ya mas, karena si mbah kayanya suka ngerubah aturan main untuk masalah search engine..

-salam hangat-

@sumartono= ok terima kasih.. sabar ya...
@ricky=terima kasih mas semoga tidak bosan..

ilmu seo yang selalu mas Zam utarakan sangat bermanfaat banget. penjelasannnya begitu lengkap. Mudah2an selalu diberikan kesehatan dan tetap berbagi ilmu. karena dengan seperti itu, ilmu mas zam akan semakin bertambah dan selalu mendapatkan berkah dan ridho-NYA.

blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

Semoga gak garing mas... dan bisa dicerna bagi yang masih belajar kaya' saya dan rekan blogger yang lain.

mntap banget mas Zams ilmu backlinksnya nih... pnjlsan yg mntap mengenai link popularity dan link reputation

@ardy pratama= terima kasih mas... semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk mas ardy

makasih banyak mas artikelnya
makin membantu saya untuk tau lebih jauh
tentang backlink

@Rusa Bawean= sama-sama mas.. terima kasih kunjungannya

saya memiliki pedoman sederhana, semakin banyak memberi (backlink) semakin banyak menerima (backlink), kita percaya pada hukum alam "dunia maya" juga berlaku.

@munawar am=wah bagus itu mas, sukses terus ya

artikel bagus banget nihh...sangat membantu sekali untuk para pemula/newbies seperti saya...hehhehehe...thx mas zams...
Sukses untuk anda...

@Agung J= mas agung ini selalu merendah.. saya belum ada apa2nya dibanding mas Agung...BTW sukses selalu ya mas

Walah saya baru tahu ini mas...thanks

Hai mas Zamahsari, salam kenal. Sy jg newbie yg tertarik bisnis internet.
Nice post, mas.
BTW, kita bs tukeran link ga ya? Blog sy jg bertema internet marketing/online bussiness. Dan sy sdh tambahkan link anda di blog sy.
Sy tunggu replynya ya...
Salam.

Artikelnya menarik, terimakasih atas infonya

thanks mas

terimaksih atas pencerahannya...saya newbi minta ijin untuk ngelink dan minta backlink
http://info2biotek.wordpress.com

@Narmadi= sama-sama mas narmadidan salam kenal
@luckyjo= ya boleh mas luckyjo.. terima ksih kunjungannya
@belajar SEO= sama2 mas.. terima ksh
@fandy=welcome mas fandy
@abdul latif=sama2 mas abdul latif terima kasih

Salam kenal mas..saya atep,newbi di bisnis OL..nice article..ternyata baclink itu ibarat sebuah rekomendasi di bisnis offline ya...makin tinngi/terkenal orang yang merekomendasikan kita, makin gampang perimngkat kita naik...backlink=katebelece
by: http://biznetzone21.blogspot.com

saya masih amatiran jadi saya mau minta ijin buat ngelink dan backlink.

http://all-free-in-one.co.cc

sebelumnya terima kasih.

mantap, nambah lagi ne ilmu saya dari mas Zam.
matur nuwun mas Zam

Bagus sekali mas. Langsung dpt bookmark dari saya. Masih mentah sekali ttg skill & pengetahuan SEO. Update terus Mas.
Thksss..

klo baru punya blog gmn dunk..??

terima kasih atas pencerahan nya maz :D

gak sia2 mampir k blog ini !!!!!!!!!!!!


dwiyan

setuju mas zam.. emang backlink itu wajib dibangun oleh para blogger yang pengen blognya populer dan PR-nya naik terus. bahkan kalo kita dapat backlink 1 saja dari situs ber PR-5 blog kita udah bisa dapet PR 3..
mampir donk mas ke t4 ku..

Setuju banget mas. emang definisi dari backlinks emng gtu. Met kenal y. Tukeran link donk

Wah, keren artikelnya. Boleh saya juga numpang nebeng link blog baru saya Mas.

http://kreatifasik.blogspot.com

Mas, ada masalah nih?, saya punya blog pake blogspot, saya ga perna menggunakan external link di dalam postingan saya, tapi saya cek di google webmaster tool, kuq tautan eksternal link nya berjumlah 140 lebih dgn situs bi.konblog.co* ,knapa bisa begitu mas!?. Bantuin saya dunk?

keren mas artikelnya..bisa jadi panduan nich untuk meningkatkan page rank...sip dah

Thanks Info nya

saya pikir artikel ini cukup bagus, sekalian siapa saja yang butuh backlink silahkan daftarkan blog Anda di blog saya http://backlinks-directory.blogspot.com
kebetulan blog saya ini sudah masuk urutan besar 10 di jajaran Google jadi bisa sekaligus mengangkat blog Anda di SERP Google

setelah baca artikel ini saya semakin lebih termotivasi untuk meningkatkan ranking blog saya. maklum masih pemula mas tapi rekan-rekan blogger di indonesia banyak yang membantu untuk memberi banyak informasi untuk kemajuan bisnis online di indonesia.
salut thanks

bagus banget boss artikelnya....lagi suka banget membicarakan masalah backlink nieh

makasih bos infonya...:))

mas trimakasi artikelnya... sangat bermanfaat buas saya yang baru belajar nih . . salam kenal.

Izin bookmark dulu ya..

siapa tau bisa bermanfaat untuk saya dikemudian hari :).

artikel mas ini bermanfaat.
aku suka banget, mau belajar ni mas.
e-mail aku yah : antunghadriyusup@yahoo.com

http://semua-artikel-lengkap.blogspot.com/2009/10/meningkatkan-dan-menganalisis-traffic.html

Salam kenal mas zam..
Emang dahsyat yang namanya backlink, klau kita serius membangunnya pasti blog kita akan mempunyai peringkat yang tinggi.

MEMANG bagus menambah ilmu seo

Trims ilmunya.

makasih boss

terimakasih atas infonya

mas mau nanya trackback dan bookmarking apakah bisa cepat meningkatkan SEO blog atau website kita. karena saya baru mulai promo website saya untuk usaha jadi masih butuh info detail dari rekan2
www.bali-otorental.com

thanks infonya

pentingan mana antara on page sama off page..??

Wah..... begitu ya mas??? ini artikel sudah lama namun masih banyak yang komen disini... salam kenal mas....

apik mas, tak copas ya!!!!!!!!

www.probolinggo.biz

Informasi yang sangat bermanfaat...
mohon visit.."kita semua bisa menjadi bintang terang"
di http://b1ntangterang.wordpress.com..
Terimakasih

Bgus mas artikelnya...krim komen blik yaw, bntu aq dpet backlinks

sangat bermanfaat sekali artikelnya kang..... mantep.... bantu saya dpt backlink jga donk... saya orang baru di blog... http://www.epuljapanese.co.cc

terima kasih

aduh tambah binun saya, ternyata susah y...

Wah sangat bermanfaat sekali artikelnya mas, semoga dapat membantu dan menambah ilmu kawan2 bloggers, trims. salam kenal

mantaf gan indonya..


salam,

www.forum-batak.com
[Komunitas Online orang Batak]


thx gan..

bagus mas artikelnya bantu saya dapat backlink juga mas

http://maniakebook.com ebook gratis langsung donlod ditempat

Thanks tipsx.....
http://diaracommunity.blogspot.com/

Terimakasih banyak atas tipsnya...
saya coba....mudah-mudahan pr blog saya bisa naik...amin...

Wuih, mantep banget nih.. baru tau klo link sidebar gak lebih baik dari link artikel. thanks

kadang naik, kadang turun, PR bener2 geje, Gak jelas

salam kenal..

saya masih 0 PR nya :-(... sedih bgt,,, padahal udah berusaha sebar backlink.

Thanks infonya, tpi page rank ny masih 0 nie ,,, :( .tetep lanjuutt... hhe :D

lumayan ni,.postingannya,..

bagus niy.... penting banget untuk Newbe seperti saya...:D
makasih banyak...:)

mantap gan beda banget gan ma situs ane
http://www.acehomegazen.com/

info yang bermanfaat...

wah artikel ini sangat berguna sekali bagi saya. terima kasih mas ilmunya dan salam kenal semuanya !

OOO...begitu ya??!!
boleh juga

sangat bermanfaat . :-D

makasih bgt gan infonya , sangat bermanfaat bagi saya yang masih newbie *hhe

Thanks banget ya infonya... duh2 semoga ilmunya semakin bertambah

Thanks bgt infonya
mau nanya donk mas Zam,maklum masih nubie...,Apa menaruh link blog kita di comment seperti ini bisa di sebut backlink?

http://hqreview.blogspot.com/

Thanks atas infonya Mas Zam, ditunggu artikel berikutnya ya mas.

http://baptitikkosong.blogspot.com/

thanks mas, sangat bermanfaat^^

wah mantap. mampir ya ke http://mahisaajy.blogspot.com/ .

Terimakasih buat infonya..soalnya sebagai pemula saya blom terlalu banyak mengerti..salam buat suhu..mampirlah ke blog saya http://www.attajamou3.com/

thanks 4 informasi nya kunjungi juga http://www.smantekarang.blogspot.com

terima kasih atas infonya...ane lagi belajar nih

Terimakasih untuk infonya mas. Saya seorang pemula yang baru belajar membuat website. Saya sedang mencari info-info seperti ini. Kunjungi http://www.tokosagalarupa.com

Info yang menarik,,, gabung balik ya... ;))

Makasih infonya

awesome

Thanks Infonya lagi bos..
membantu bt yg lg belajar

Makasih sob infonya .. sangat membantu untuk nuwbie seperti saya...

iya, ane newbie bgt urusan PR. Kirain cuma alexa rank aja yg penting. Ternyata PR lebih penting... Thx

hm.. alexa n PR Google sama2 penting.. tolong kunjungin blg saya http://yusyaif.blogspot.com/

wow mantap nih thanks for share

Mas, terima kasih banyak ilmunya, bermanfaat banget buat saya sebagai marketing
Apalagi saya masih awam tentang dunia SEO. Terimakasih banyak mas

duh ribet k3...
kunjungi blogq k3
http://nurse-carewithlove.blogspot.com/

ulasan yang menarik, tulisannya juga ringan cepat dipahami

Terus terang, saya sudah tahu mengenai hal ini tapi saya baru ngerti bagaimana membangun suatu jaringan untuk optimasi search engine setelah baca artikel ini.
Jadi, ga cuma mengandalkan tukaran link tapi juga kata kunci (dan variasinya) untuk bisa tampil terdepan di SERP (khusus-nya Google). Syukurlah dengan kata kunci 'blog pribadi', blog saya bisa tampil di halaman pertama SERP (Google.com)di urutan ke 7.
Cuma kalo artikel yang saya posting, masih nihil.

Terima kasih Mas wat info ini. semoga info ini bisa langsung berguna setelah saya praktekkan.

Terimakasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya

ici Dolabuy YSL ce contenu Dolabuy YSL obtenez plus www. dolabuy.co

article source his comment is here wikipedia reference Dolabuy Balenciaga site web you could try these out

Post a Comment