Bagaimana Menemukan Jati Diri Lewat Blogging

20

Posted on : 11:13 PM | By : Zamahsari | In : , ,

menemukan-jati-diriSungguh disayangkan apabila anda termasuk orang yang belum kenal dunia blogging atau anda sudah akrab dengannya namun belum memanfaatkannya secara maksimal.

Blogging sebenarnya bukan hanya sekedar alat untuk mencari uang atau sekedar online diary, tetapi sungguh sebagai proses yang efektif untuk menemukan siapa sebenarnya diri anda, apa yang anda punya dan apa saja yang bisa anda berikan kepada pengunjung.


Seorang blogger yang sukses menurut saya adalah blogger yang mampu menjual dirinya secara utuh akan kemampuan pada bidang yang ditekuninya dan mampu menjadi problem solver kepada para pembacanya dan bukan hanya sekedar blog yang mendapatkan pengunjung ribuan setiap harinya.

Menemukan jati diri berarti anda mengenali betul siapa anda, apa yang anda miliki sebagai kelebihan, apa kekurangan anda dan yang terpenting bagaimana kelebihan anda bisa bermanfaat bagi orang lain.

Proses yang pertama
Blog sebagai kawah candradimuka yang akan menggodok dan mendorong anda sekuat tenaga sebagai proses belajar mengenali jati diri dan kemudian men-sharing apa yang anda punyai kepada orang lain.

Sebagai contoh adalah bagaimana sulitnya bagi sebagian besar blogger untuk menulis artikel pada awal-awal blogging, dan pertanyaan yang selalu terlontar adalah:
  • apa ya yang akan saya tulis?
  • apa bisa saya menulis?
  • apa ada orang yang mau baca tulisan saya?.. dll

Nah itulah proses awal menemukan jati diri anda, mengenali kemampuan anda dan bagaimana caranya orang tahu akan kemampuan anda.

Proses yang kedua
Mempertajam kemampuan pada bidang yang anda minati dan kuasai plus memberikan sentuhan khas diri anda. Setiap orang boleh saja mempunyai kemampuan dan minat yang sama, namun dengan menjadi diri sendiri saya yakin anda akan keluar dari keseragaman tersebut.

Intinya adalah mencari dan mempertahankan ciri khas atau keunikan anda sebagai seorang individu. Anda adalah anda dan bukanlah dia apalagi mereka.

Proses yang Ketiga
Menjadi pemimpin pada bidang atau niche yang anda tekuni. Untuk bisa sampai pada proses yang ketiga memang bukan perkara mudah sebab anda harus mampu menggali potensi lebih dan lebih dalam lagi sehingga kemampuan anda yang tak terbatas akan muncul sebagai sumber artesis. Anda akan menjadi pakar pada bidang yang anda minati dan selalu menjadi referensi bagi orang lain. Setelah itu anda akan mendapatkan trust yang akan menjadi asset yang tak ternilai.

Namun janganlah berkecil hati, karena setiap orang pastilah mempunyai keunggulan dan daya saing yang tidak dimiliki oleh orang lain dan itulah yang harus anda temukan. Melalui blogging, anda bisa mengerahkan segala pikiran dan kemampuan anda menemukan bakat unik yang diberikan Allah yang seharusnya bisa anda banggakan. Oleh karena itu, temukan mutiara yang terpendam dalam diri anda melalui blogging dan galilah sampai menemukan siapa jati diri anda. Selamat berjuang…!

by zams

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (20)

jati diri sampeyan sebagai apa mas? juragan lele dumbo???

@Mas Hengky=Juragan lele yang sukes mas, klo bisa ekspor ke Amsterdam wk..wk..

Pada awal-awal ngeblog itu adalah masa meraba-raba seperti yang saya alamin dulu...he..he..he...

Kalo dah jalan, yang mengalir seiring jati diri kita...tul ngga mas Zams?

Dengan menulis di blog, saya merasa kalau dunia ini bisa saya pegang. He..he...Benar gak Mas?

Tapi memang, dengan rajin menulis apalagi rajin blogwalking sambil ninggalin komentarin. Secara proses akan membuat kita bertambah PD.

Selama bisa tekun dan konsisten, seiring berjalan waktu kemampuan setiap orang pasti bisa meningkat..Yang penting adalah kesabaran menjalankan prosesnya. Tips yang bermanfaat mas zams.

sukses untuk anda

Saya setuju. Dengan ngeblog kita bisa belajar untuk terus menggali ide dan kemampuan kita untuk disharingkan kepada orang lain

salam kenal mas,postingan ini bisa jadi motivasi untuk saya yg masih nol diatas besar soal blog-ngeblog.terutama soal PD yang seringkali jadi penghambat dlm mengekspresikan diri lalu disugukan untuk umum.
sukses terusssss.....

@handoko tantra=ya memang begitu mas handoko, semakin cepat kita tahu tujuan ngeblog semakin baik
@Sumartono=betul itu mas sumartono..hebat juga nih mas dapat memegang dunia..
@Rdicky=ini tips lagi mas ricky.. yaitu konsisten dapat dapat meningkatkan kemampuan
@Anthony Herman=betul mas Herman dan terima kasih kunjungannya
@Sari ag=terima kasih kunjungannya mbak Sari. Ayo tingkatkan PD kita

Dan kita akan semakin tahu seperti apa kebiasaan kita.
Apakah kita termasuk orang yang...
-bertanggung jawab
-disiplin
-kreatif
-rajin
atau...
justru PEMALAS...hehehe...
ketahuan dech belangnya.

Artikel yang bagus Mas, Salam Istimewa!

@Umar Puja Kesuma=salam istimewa juga Pak Guru Umar.. semoga dengan adanya blogging kita tambah semangat untuk dapat menjadi diri sendiri

yess!! bagaimana menemukan lentera hati? Blogginglah, maka segala kepekaan rasa bisa di disingkap dan di olah menjadi sebuha motorik hidup (sok puitis ah...)

Nice Posting Brother :D

@fadly muin=waduh berat nih komentarnya mas fadly.. sukses aja deh dengan mau lounchingnya produk baru

Saya setuju dengan pendapat mas Zams. Kadang dengan menulis di blog, akhirnya kita bisa mengetahui siapa kita, apa yang bisa lakukan. Amazing posting, bro. Keep Action

Postingan yg bagus mas zams, sy mau ngundang nih buat mas zams dan teman2 ke mailing list saya di http://asia.groups.yahoo.com/group/hanif_groups/

@zams: mas sy mau minta bantuan nih juga dari temen2 lainnya. kalo ada aplikasi untuk translate dari english ke indonesia. kirim ke qarrobin.djuti[at]yahoo.com

makasih ya

buat blog emang untuk mengekspresikan jati diri kita, tapi saya udah lama nih ga ngurusin blog saya. Urusan offline kadang mengganggu, proyek jalur lebaran lagi dikejar, belum lagi kemaren baru install ulang PC

ralat email : qarrobin.djuti[at]yahoo.co.id
at diganti @

hmm bicara jati diri seperti melepas topeng dan menampakkan koreng di badan..

@rahasia web=maksud aplikasi translate itu apa ya mas.. kurang mudeng saya, maaf.. BTW selamat dikejar setoran dapat rejeki banyak..
@MAs Hengky=wk..wk.. apa lagi itu mas Hengky istilahnya ada2 saja

Ini salah satu bentuk pemanfaatanya...

Hai friends Myokezone punya info bagus nih..
Yuk gabung dengan reviews barang dan dapet laptop lho...buruan gabung sebelum telat...cuman ampe akhir Juli lho makanya cepat gabung dan ayo raih hadiahnya..klik Di sini tuk gabung


Your friends Myokezone

Artikel yang bagus….
Menariknya, ketika saya memulai membuat blog, saya baru memikirkan sebenarnya bagaimana jati diri saya? Sampai googlin dan menemukan artikel ini dan menyadari …ternyata bener juga ya…… blog itu seperti cerminan diri kita, memulainya pun menjadi sebuah proses dalam menemukan jati diri.
Tnx buat yang membuat.

firzahomey.wordpress.com

hemmmmm,,, akyu malah lg belajar ngeblong masssssssss

Post a Comment