19 Kesalahan yang dilakukan oleh Blogger

27

Posted on : 2:42 PM | By : Zamahsari | In : , ,

kesalahan blogger
Sadar atau tidak sadar bagi kita yang terjun dalam dunia blogging pasti pernah mengalami kesalahan yang umum dilakukan oleh blogger. Oleh karena itu perlu kiranya menghindari kesalahan yang sama agar kerja kita semakin efektif dan dapat terus berkembang dimasa mendatang.

Berikut 19 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger termasuk saya sendiri:


  1. Terlalu cepat putus asa. Padahal blogging memerlukan proses dan tidak akan ada sukses overnight.
  2. Menunda launching blog – menunggu sampai semuanya siap sebelum lounching blog berarti anda tidak akan pernah bisa siap sampai kapanpun.
  3. Mengikuti semua saran yang atau apa yang orang lain bilang – jadilah diri sendiri karena anda diciptakan unik dan pasti berbeda dari orang lain. Tunjukkan itu dan jangan terus terombang-ambing.
  4. Posting tidak teratur – tidak harus posting tiap hari namun anda harus menjaga ritme dalam posting artikel
  5. Terlalu banyak minta maaf – maaf ya .. baru bisa posting hari ini habis banyak bla.. bla…Ok minta maaf juga perlu tapi anda harus ingat bahwa kadang orang lain atau pengunjung tidak mengerti dengan kesibukan anda. Oleh karena itu investasikan waktu anda yang berharga untuk membangun blog daripada hanya mempublikasikan masalah anda kepada pengunjung.
  6. Terlalu focus pada trafik instan (jangka pendek) dan mengabaikan pembaca setia.. Sebenarnya sih nggak ada yang salah dengan trafik dadakan tetapi harus diimbangi dengan membangun pembaca agar setia stay tune di blog anda. Kadang mempertahankan dan mengembangkan satu pembaca setia lebih berharga dan mendatangkan hasil daripada trafik yang banyak tetapi cuman numpang lewat bahkan tanpa say hello…
  7. Terlau ribet – kebanyakan widget, iklan, navigasi yang aneh2, tombol-tombol yang nggak signifikan. Be simple and elegant.
  8. Artikel yang spektakuler tetapi judulnya miskin. Pertimbangkan dengan matang dalam membuat judul artikel karena menggambarkan keseluruhan ide yang ada pada artikel anda.
  9. Tidak jelas topic blognya. Kebanyakan blogger yang sukses adalah yang memperdalam niche blognya dan kemudian menjadi penguasa niche tersebut.
  10. Memilih topik blog yang tidak anda sukai – kalau anda tidak suka dengan tema kesehatan maka sekali kali jangan nulis tentang kesehatan, maka anda akan stuck dan tidak mempunyai ide-ide brilian untuk topic blog tersebut.
  11. Terlalu berharap pengunjung untuk datang ke blog -- banyak blogger yang tidak menyadari bahwa semakin banyak kita berinteraksi di dunia blogosphere, maka semaikin membuka kesempatan orang untuk datang ke blog kita.
  12. Membuat blog tentang cara mendapat uang pada awal blogging – Tidak terhitung berapa banyak blogger yang membahas tentang making money online padahal belum menghasilkan apa2. Mulailah dengan apa yang anda ketahui.
  13. Tidak bermanfaat / kurang bermanfaat –blog yang dapat memenuhi kebutuhan pembaca dan menyelesaikan masalah akan menjadi rujukuan bagi setiap pengunjung dan secara otomatis akan menjadi buah bibir (word of mouth)
  14. Mementingkan Search Engines daripada manusia -- Biasanya ketika anda baru saja mengenal Search Engines Optimization dan tiba-tiba judul menjadi aneh, keywords-nya nggak nyambung, dan link ke halaman lain tidak relevan. Belajarlah SEO tetapi tetap kepentingan manusia adalah prioritas.
  15. Mementingkan statistic – Mengetahui dan melakukan cek dan recek terhadap perkembangan blog anda adalah wajar, namun dapat menjadi kurang baik apabila memiliki obsesi yang akan membuat anda stress dan depresi.
  16. Sering Mengkritik dan menyerang blog orang lain – mungkin ini dapat menarik banyak trafik akan tetapi hal tersebut akan menumbuhkan banyak musuh yang juga siap menggigit anda pada suatu saat nanti.
  17. Tidak tahu kenapa tujuan membuat blog – Mungkin pada saat awal anda tidak terlalu mengerti tujuan membuat blog. Namun secepat anda mengerti tujuan anda blogging secepatnya anda akan mendapatkan tujuan anda.
  18. Tidak Menjual Diri anda – Kekuatan blog sebenarnya adalah bagaimana anda dapat menjual diri anda sebagai blogger walaupun tidak salah memang mewarnai blog dengan berbagai macam iklan. Namun, strategi jangka panjangnya adalah bagaimana membuat blog sebagai media untuk mengiklankan siapa sebenarnya anda dan apa sih yang anda tawarkan kepada pembaca.
  19. Berpikir bahwa anda tahu segalanya – Salah satu kehebatan blog adalah bahwa blog sebagai media yang mampu melibatkan pembaca pada proses belajar. Oleh karena itu, berikan tempat dan space bagi pembaca untuk dapat berinteraksi dan berbagi tentang apa yang mereka tahu..

Mungkin saja anda menemukan kesalahan lain yang belum saya ungkapkan di sini, sekarang saatnya anda berbagi dengan blog bisnis online. Nyundul dulu Stop Dreaming Start Action ya

By-zams

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (27)

Walah betul sekali kang kata panjenengan, saya ini juga termasuk yang melakukan kesalahan tersebut, kadang mo posting aja susah banget ngatur waktu, padahal sih pinginnya rutin, tentang trafic itu juga salah makanya page rank saya ga saya pasang biar ga tahu sekalian jadi pede aja lagi he..he..maklum kang manager sok sibuk, semoga selalu sehat kang dan salam sukses

heehehe bener bgt, asalnya bikin blog bingung mau ngapain

Analisa yang mantap mas, memang betul semua point-point diatas...khusus point no.4 posting yang teratur memang salah satu kewajiban bagi seorang bloger.
Nice tips mas,

salam sukses

Mas Zam,
Artikel ini fungsinya sangat vital. Poin analisisnya memang sesuai masalah-masalah dalam blogging.. apalagi jika yg baru blogging sudah bicara bikin duit.. agag risih juga liatnya, kenapa tidak membangun personalitas dulu baru dikemas supaya punya nilai jual. bukan gitu mas Zam?

Salam

salah satu kesalahan yang membuat saya pusing adalah banyak gonta-ganti template ;)Alahmdulillah akhirnya menemukan pilihan yang tepat..jadi bagi yang dipusingkan template, walau penting menurut saya, ada yang lebih penting..konten yang anda buat, dan sangat..sangat..sangat penting 3A ACTION-ACTION-ACTION.

@BBM=Iya sih mas Muklis.. sing penting jadi manager. Nderek sukses ya saya.
@Hill=sekarang sih nggak apa2 mas.. tapi nanti harus bertujuan yg jelas
@Ricky=Iya mas Ricky.. klo blogger nggak posting jadi apa yang bisa dibaca.. he..he..
@Fadly Muin=Yup betul Mas Fadly, menemukan irama blogging dulu mungkin lebih pas..Speperti menyetem nada agar tidak fals.. walah malah
nglantur jawabnya
@Tri Agung=Betul Mas Tri.. Ganti Template memang ribet.. susah sekali cari yang klop dihati.. begitu dapat eh.. malah nggak bisa dipakai alias error
@

Benar mas....jadilah orang yang kredibel jika memiliki sebuah blog

muhammad idris=weit btul mas Idris.. untuk bisa kredible kita harus membangun reputasi

Saya suka POINT 12 - Membuat blog tentang cara mendapat uang pada awal blogging

Soalnya agak eneg mas kalau baca blog baru berdiri udah bahas soal how to get money. Padahal terkadang dibutuhkan kredibilitas dan tanggung jawab atas setiap artikel yg sudah dibuat.

Dan tetep, cari tema yg sesuai dan enjoy buat kita penulis blog tsb.

Nice post.
Salam Sukses

Instant Business Idea | Rahasia Menemukan Ide Bisnis Kurang Dari 2 Menit

@blog motivasi arief= betul mas dan yang pertama saya kira memberi nilai lebih pada setiap artikel kita, make it useful for the world

waduh 19 point kok membuka aib mashengky neh wakakka...
setuju mas, kalo kebanyakan aksesoris, blog jadi berat, dan kalo isinya cuma sampah, ga ada yg mau baca..

@mas Hengky=sampah mah tempatnya bandar gebang ya nggak mas hengky..

Wah, mas Zams saya kena nih. Sama dengan Mas Ricky, untuk posting teratur sangat susah. Kebetulan saya membahasnya di posting terbaru. Sukses Mas.

@sumartono=memang kesibukan di dunia offline sangat menguras energi sehingga membuat blog kita kadang kurang terurus

waduh saya kena beberapa..
oke, saya akan coba perbaiki deh :D

salam kenal mas :D

Itu namanya bener-bener orang yang nggak punya tujuan mau ngapain kan Mas ?

kalau mau jadi blogger ya harus konsen ama tujuan, bukannya udah bikin udah dibiarin aja... he..he..he..

Rinci sekali daftar kesalahannya, jadi kalau masih ada yang termasuk dalam daftar kategori kesalahan harus segera diatasi nich. terimakasih anda sudah memberikan review yang baik untuk para blogger baru seperti saya juga.

Hai..salam kenal yah...
wah,detail banget rinciannya...banyak yang harus aku perbaiki di blogku nih:)
nice info..thx yah...

@Ginza=salam kenal juga ya mbak/mas nih .. maaf belum kenal, link-nya error
@rudy azhar=yup betul mas Rudy, sayang blog kalau ditelantarin..
@david=Sama-sama mas David.. sama-sama kita perbaiki, saya juga blogger anyar kok

Tambah membara lagi semangat blogging gua nih...he..he..he..

Jeli juga lho mas analisisnya, point-point diatas memang point-point yang paling sering dialami para blogger terutama yang baru ngeblog. Termasuk saya dulu...

@Handoko Tantra=Selamat ya mas Handoko yang punya semangat 45. PErlu dipertahankan tuh..

Hehehe... Baca postingan ini mata saya jadi terbuka loh. Makasih pren

Benar-benar 19 kesalahan yang musti harus dihindari nih mas Zam, thanks atas sharing informasinya, kesalahan-kesalahan ini mungkin sja tanpa disadari sering saya lakukan juga, thanks n sukses untuk anda

salam kenal mas Zam...
saya mengalami No.2
syukur banyak rekan2 yang memberi semangat, akhirnya tancap gas juga,
Point2 sisanya akan saya pelajari dari mas ZAM.
dan semuanya point yang bener2 mengena mas.

salam sukses mas

@Anthony herman=terima kasih mas anthony.. semoga dapat memberi manfaat..
@alie=sama2 mas alie yusrie..sukses juga untuk mas ..
candradot.com=sukses dan salam kenal mas.. mari sama2 belajar

Makanya kenali dulu tujuan kamu ngeblog...

Hai friends Myokezone punya info bagus nih..
Yuk gabung dengan reviews barang dan dapet laptop lho...buruan gabung sebelum telat...cuman ampe akhir Juli lho makanya cepat gabung dan ayo raih hadiahnya..klik Di sini tuk gabung


Your friends Myokezone

thanks mas tulisannya sudah membuka sedikit pandangan saya tentang ngeblog dan SEO :)

Post a Comment