Persiapan Agar Sukses Bisnis Internet : Faktor Non Teknis

38

Posted on : 3:26 PM | By : Zamahsari | In : , ,

Bagaimana dan seperti apa bisnis internet anda sekarang ini? Atau apakah anda malah belum memulai dan baru ancang-ancang untuk memulai berbisnis internet? Langkah dan persiapan agar sukses bisnis internet ini saya khususkan untuk anda yang akan memulai berbisnis online atau bagi anda yang masih newbie seperti saya.

Setelah hampir 6 bulan bergelut di dunia internet, tentu sedikit banyak saya mulai tahu mana saja langkah yang harus ditempuh dan langkah mana yang seharusnya ditunda serta persiapan apa saja yang seharusnya dilakukan oleh para pebisnis internet agar efektif dalam melangkah. Yang saya utarakan di sini bersifat subyektif dan individu jadi tentu berbeda dengan anda yang mempunyai penekanan dalam bidang dan aspek tertentu. Namun dari semuanya saya dapat menarik kesimpulan bahwa untuk dapat sukses di bisnis online tidaklah mudah bahkan menurut saya sangat sulit (maklum masih newbie) walaupun tentu saja sangat mungkin dan yakin bisa sukses dan berhasil.


Saya katakana demikian karena dari bukti yang sudah ada satu persatu rekan dan teman mulai hilang dari peredaran entah karena sibuk dengan bisnis offline atau dengan alasan yang lain.

Nggak usah bertele-tele, menurut saya pribadi sebelum atau saat anda memulai bisnis online, ada 2 hal prinsip yang harus anda camkan dan perhatikan:

1. Persiapan Non Teknis
2. Persiapan Teknis

Pertama: Persiapan Non Teknis Sukses Bisnis Internet atau Online

Persiapan mental : Bisnis online membutuhkan pejuang-pejuang tangguh untuk melewati rintangan dan hadangan yang cukup berat. Sukses tidak dapat diraih dalam waktu semalam, bahkan kalau anda sampai 6 bulan belum menghasilkan apa-apa, itu masih wajar menurut saya (gila nggak..). Anda pasti ingat, saya pernah mengungkapkan bahwa shoemoney yang jagoan adsense itu bahkan bertahun-tahun tidak mendapatkan uang, tapi sekarang ia telah memetik hasil perjuangannya dan mendapatkan gaji dari adsense sekitar $140.000/bulan (uang semua nggak ya..he..he). Dari dalam negeri juga banyak contoh dari Joko Susilo dengan Formula Bisnis, Cosa Aranda dengan Adsense, Jacky Supit dengan Jackbook.com dan paid review, Isnaini dengan TLA dan lain-lain juga patut diikuti langkahnya.

Persiapan Koneksi internet : Ini masalah bersama dan klasik karena tidak dapat dipungkiri koneksi internet di Indonesia naik turun. Diwaktu jam sibuk dan jam kerja, koneksi bisa macet total padahal saat itulah saatnya kita bekerja dan lumayan lancar lewat tengah malam pada saat sedang tidur, wah bisa ngalong nih... Oleh karena itu untuk mengatasinya, kita harus pandai kita menyiasati.

Persiapan masalah keluarga dan lingkungan : Aktifnya anda di bisnis online akan membawa dampak bagi keluarga, teman-teman dan lingkungan. Anda harus berkompromi dengan keluarga anda agar semua lancar karena bisnis internet ini butuh konsentrasi tinggi, contoh: pada saat anda membuat artikel tentu butuh pikiran jernih agar dapat menulis dengan tenang dan ide-ide mengalir layaknya sungai bengawan solo di musim hujan (banjir….)

Persiapan Keuangan : Dengan modal yang pas-pasan anda harus bersabar dan tekun. Rajin browsing, cari teman, guru bisnis dan bisnis internet gratis yang menghasilkan tentu akan membuat anda lebih ringan untuk melangkah selanjutnya, seperti: paid review, TLA, CPA, adsense, affiliate seperti clickbank, paydotcom dll. Berbeda dengan mereka yang sudah cukup keuangannya, tentu dapat membeli banyak buku, banyak program dan pelatihan, dan tentu saja dapat membeli koneksi internet yang cepat dan mahal. Hasil akhirnya seharusnya yang kedua tapi seringkali yang pertama malah yang bisa bertahan? Why? I do not know.

Persiapan kesehatan : menjadi penting karena bisnis internet memerlukan pikiran yang segar dan badan yang fit agar menghasilkan karya yang bermutu dan baik.

• Tambah sendiri ya..

Tentu poin-poin di atas berkaitan satu sama lain agar sukses di bisnis internet. Yang satu dapat mempengaruhi yang lain. Oleh karena itu anda harus menjaga keseimbangannya agar semua rencana, persiapan dan hasil bisnis online anda berjalan lancar dan sukses.

Untuk persiapan faktor teknis akan saya bahas di lain waktu..

Semoga bermanfaat
Zams-Secrets making easy money



Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (38)

artikel yang bermanfaat mas, saya suka sekali 5 persiapan non-teknis diatas mas. Terutama point yang 1, yaitu masalah mental. Begitu banyak marketer yang masih terjebak dalam pola pikir internet merupakan cara cepat menghasilkan uang, sehingga mereka tidak siap bila ternyata keadaan yang ada justru sebaliknya.

Artikel yang bermanfaat mas zams,

-Keep Posting-

Mantap Kang ulasannya, memeng kadang kita malah ga perhatiin sih alasan klasik katanya, padhal saling terkait dan mendukung ya mas, dah ada PCnya cm koneksinya masih bingung nih mas punya saran ga antara wimode apa smart ya, Thanks dan salam sukses

@ricky=memang inti dari faktor tadi adalah man behind the gun yaitu tadi faktor mental...
@BBM= untuk masalah koneksi, belum pernah pakai dua2nya. saya pakai speedy sharing langganan 250rb/bln unlimited

tambahan sedikit mengenai newbie atau pemula. untuk bisnis internet, newbie tidak akan dilihat dari lamanya ia terjun. tapi seberapa ia mampu beradaptasi terhadap lingkungan di internet. disitulah ia akan terlihat. pemula atau pengalman.

ok,
mengenai persiapan-persiapan itu sendiri.
sungguh masalah non / teknis adalah masalah yang sangat KRUSIAL.

dan keduanya tentu akan sangat berkaitan dan saling mengisi. namun seperti yang di khawatirkan mas Ricky, justru masalah mental yang paling fundamental. namun demikian, masalah teknispun akan sangat mempengaruhi kualitas mindset kita terhadap dunia online.

semoga bisa memberikan perspektifSalam Sukses

persiapan disangka pengangguran juga hehe..

mantap tipsnya..thank mas :)

He..he..he.. Pas banget mas artikel nih buat saya, maklum baru aja menekuni bisnis internet secara serius, jadi perlu banyak menyantap artikel seperti mas Zams tulis ini...

Thanks mas..

BLOG BISNIS DAN MOTIVASI

@Fadly muin=betul mas fadly.. masalah mental memang sangat penting dan krusial karena terus terang bisnis ini tdk mudah
@yudi= nggak apa2 asal menghasilkan mas yudi
@Tony= terima kasih mas tony
@Handoko Tantra=sama2 belajar mas

wah bener tuch faktor non teknis emang suka timbul juga, palagi kalo lagi blogging atau lainya ampe lupa waktu.

Tidak mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik sama artinya dengan mempersiapkan diri untuk gagal Nice Post mas ZAMS.

Salam SUkses,
BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

@Arief Maulana=Yup memang betul..tambah nih bisnis nya mas.. hebat euy

Untuk memulai bisnis online, sepertinya selain persiapan mental yang Oke, adanya koneksi internet juga perlu digaris bawahi, alias penting, Mas.
Namanya juga bisnisnya online dengan media internet?
Pengalaman saya memulai usaha di internet beberapa waktu lalu, adanya koneksi internet penting banget rasanya. Banyak rekan2 yang tidak memiliki koneksi internet sendiri jadi serasa menjalankan usaha setengah2 dan.. betul saja, satu persatu mulai hilang dari peredaran :)

Nyambung comment sebelumnya, tetapi semua juga tergantung keyakinan dan kemauan usahanya juga ding. Banyak juga yang memulai usahanya dengan begitu banyak keterbatasan tetapi dapat menemukan sukses, salah satunya ya Pa Joko Susilo, yang konon memulai usahanya dari warnet, sampai booking2 tempat segala malah :)
Semua bisa menjadi inspirasi dan motivasi tentunya,
Salam untuk rekan2 semua. Nice post mas zams.

@habibie reza=yup betul .. memang selain koneksi internet yang lamban mungkin memiliki koneksi di rumah lebih menjadikan kita fokus pada pekerjaan kita. Mudah2-an koneksi internet kedepannya lebih murah

Thanks artikelnya mas, sebuah persiapan memang perlu untuk dilakukan agar jalannya bisa lebih lancar, bahkan kalo perlu sampe kehal-hal kecil yang mungkin menurut kita di awal bukan apa-apa tapi setelah berjalan ternyata hal kecil tadi yg tidak dipersiapkan bisa jadi batu sandungan, kalau saat persiapan saja sudah gagal berarti sebenarnya telah mempersiapkan diri kita untuk gagal

@alie= memang untuk bisnis online segala kemungkinan bisa terjadi, oleh karena itu persiapan matang termasuk hal kecil juga perlu.

artikelnya sangat bermanfaat sekali,untuk newbe sperti saya,thanks ya mas..

Thx....klo Cosa Aranda & Joko Susilo dah dnger sy....tp klo isnaini, jacky supit baru dnger ..... :)
dll nya itu siapa ya mas???? hehe, buat nambah semangat ni......

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. terimakasih

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Artikel yang sangat membangun,boleh dicoba tipsnya,semoga berhasil

artikel yang menarik bro dan juga sangat menarik loe, dan saya suka artikel ini dan juga salam kenal mas dari mmico makasi.thanks

makasih mas zam atas arahannya ini sangat membantu buat pebisnis online yang masih baru seperti saya. Thanks ya

bisnis online harus di rencanakan matang makasih ya atas postingannya,

Hebat Gan.....perjuangan di bisnis online memang membutuhkan kompromi dari keluarga dan lingkungan.....seperti yg saya rasakan....
terima kasih

Post a Comment