Meningkatkan pengunjung blog : Strategi Long Tail Keywords

21

Posted on : 8:22 AM | By : Zamahsari | In : , ,


Meningkatnya trafik blog atau situs banyak memberikan manfaat bagi pemiliknya tentunya. Misalnya: bagi para affliliate atau reseller bisnis online, dapat berarti meningkatnya potensi jumlah penjualan dan komisi. Untuk blogger, peningkatan trafik melalui search engines berarti peningkatan pengunjung baru dan juga keuntungan jangka panjang dari iklan on site (iklan yang terdapat di blog). Namun bagaimana cara mendatangkan pengunjung lebih banyak melalui search engines? Salah satu yang anda perlukan adalah strategi long tail keywords.


Teori strategi long tail pertama kali diungkapkan oleh Chris Anderson dalam seminal 2004 article Wired Magazine. Long tail adalah teori yang mengusulkan bagaimana menjadikan penjualan produk yang kurang laku (low in demand) dapat meningkat tajam seperti produk best seller. Anderson berpendapat bahwa dengan melayani pasar minoritas, membuat dan menyediakan produk (low in demand) yang sesuai secara konsisten dapat meningkatkan keuntungan yang besar dibandingan jika harus bertarung dan hanya terfokus pada produk yang sudah lebih dulu popular.

Bagaimana sih teorinya?
Long tail adalah pergeseran ekonomi dalam hal ini produk utama dan pemimpin pasar yang jumlahnya hanya beberapa menuju niche-niche kecil yang jumlahnya sangat banyak. Pergeseran seperti itu diramalkan bakal meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya biaya produksi dan distribusi khususnya dalam bisnis online. Dengan rendahnya biaya-biaya tersebut anda dapat dengan bebas memasarkan produk-produk specific tanpa harus berpikir tentang cost yang tinggi. Oleh karena itu, sudah tidak perlu lagilah membuat produk yang memuaskan semua konsumen.
Di era digital seperti ini, dimana sudah tidak ada batasan waktu dan jarak, produk dan jasa yang sangat spesifik dapat dikemas sangat menarik namun irit dan efektif.

Ketika teori itu diterapkan pada situs atau web, dapat diartikan bahwa menggunakan variasi kata kunci untuk produk yang low in demand akan dapat memberikan trafik yang lebih dibandingkan jika hanya dengan satu kata kunci utama.

Oleh karena itu, fokuskan dalam membangun variasi long tail keywords meskipun trafiknya sedikit, karena kalau dijumlahkan semua dapat meningkatkan trafik secara signifikan.

Nah sekarang apa sih Long Tail Keywords?
Sederhananya adalah gabungan beberapa frase yang ditulis konsumen di kotak pencarian search engines untuk mencari informasi tertentu; yang akhirnya sampai pada situs anda. Dengan long tail keywords ini, maka anda dapat menarik pengunjung spesifik dan tertarget dibandingkan dengan keyword umum.

Sebagai contoh: “Bisnis online” sebagai keyword umum dan long tail keywords untuk kata kunci umum itu adalah:
• Blog Bisnis Online
• Bisnis Online Gratis
• Peluang Bisnis Online
• Bisnis Online Indonesia
• Rahasia Sukses Bisnis Online
Sukses Bisnis Online

Long tail keywords di atas adalah aktual; maksudnya memang ada pengunjung yang mencari informasi dengan kata kunci itu, oleh karena itu anda dapat mengoptimalkan blog dengan menulis konten yang sesuai dengan kata kunci yang sudah ada (sesuai dengan topik blog dan artikel anda tentunya). Dengan begitu anda dapat menarik pengunjung yang mencari informasi melalui kata kunci tersebut atau variasi yang identik.

Apa manfaatnya dan bagaimana menemukan long tail keyword akan saya bahas di artikel selanjutnya, biar gak kepanjangan…

Zamahsari
Sukses Bisnis Internet
Secrets Making Easy Money

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (21)

untuk kata kunci diatas kayaknya memang lebih cepat terbaca traficnya, tapi kalo semua pake kata kunci tersebut bukankah akhirnya saling bersaing di halaman goggle. Tapi memang bagus sih, bisa membuat kita kerja lebih keras lagi !!

@sutiyono= di atas adalah sekedar contoh mas, jadi kita sesuaikan dengan topik yang akan kita bahas atau bisnis yang akan kita lakukan, kemudian kita mengotak-atik keyword yang paling rendah persaingannya tapi memiliki visitor

keren neh tipsnya
tengkyuuu yaaaa
:)

Memang Mas Zam Ahlinya...

jadikan bagian dari orang2 kreatif, soal inovatif belakang.

weeew sudah dibahas disini mantapmas zam ulasannya

wah... makin spesifik nih teknik SEO nya... ok mas, artikel berikutnya di tunggu, sangat bermanfaat mas Zam.

Long Tail Keyword memang salah satu strategi untuk bersaing di mesin pencari, dan hasilnya pun lebih spesifik dan tertarget, thanks artikelnya mas, bisa lebih memberi pemahaman tentang Long Tail Keyword, sukses untuk anda, lama ga mampir di blog ini :)

Membuat produk yg low cost dan sedikit persaingan tentu lebih menghasilkan dibanding mebuat produk yg banyak saingan (walaupun tentunya kita mengarang kesana).

Dilihat dari managemen modal produk2 seperti ini akan bertahan lama dan tentunya suatu sa'at nanti akan menyatu menjadi produk yang akan diperhitungan orang banyak.

Strategii Long Tile Keyword ini perlu diterapkan.

wah dapat ilmu baru lagi nich,,, mas zam memang mantap deh..makasih mas atas ilmunya, di tunggu postingan selanjutnya..sukses selalu

@rusa bawean= sama-sama mas
@dadang firdaus=terima kasih mas, semoga sukses
@adi wardana= semoga bermanfaat mas adi.. dan sukses selalu
@Fadly muin=ok silahkan menunggu.. semoga tambah sabar dan ikhlas
@internet marketing=semoga sering mampir mas.. sukses selalu
@Irwan M santika=untuk dunia internet stratei long tail sangat dibutuhkan mas..
@yanuar=sama-sama mas yanuar.. sukses selalu ya..

Nice posting Mas Zams, jadi bertambah lagi nih ilmuku. Saya semakin yakin memang ini tema spesialisasi Mas Zams. Sukses kawan.

thanks infonya mas....
saya lagi cari2 nich....




salam 1%

@sumartono=terima kasih mas.. mudah2 an mas, sebenarnya sih apa yang terlintas di pikiran dan apa yang sedang saya pelajari dan lakukan
@basuki sutjipto= semoga bermanfaat mas

one word : MANTAPS

BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success for a Better Life

Mas.. thanks ilmunya... jadi makin tertantang nih

mat kenal admin.informasinya menarik juga,dan blognya juga bagus dan mat maju para bloger untuk lebih berkembang untuk kemajuan.

bagus teorinya

thank's mass...tipsnya...
Aku juga pemula...do dunia blog ni mas..

trims infonya mas.. untuk analisanya gimana ya mas? pake tools apa? thanks

If you are interested in buying a designer handbag thomas sabo charm club anhänger
you’ll need to visit a retailer who sells them. thomas sabo engelsflügel
These are generally specialty boutiques. thomas sabo armband
Another venue for purchasing designer ladies handbags anhänger kette
is from online retailers. There are many websites angebote thomas sabo ohrschmuck
that sell brand name designer ladies handbags and will ship ohrringe creolen
them right to your door. This often affords the consumer angebote thomas sabo uhren
the biggest selection and it also allows a chance to Armband mit Anhänger
compare prices. It’s important to be careful when purchasing a quality thomas sabo shop
designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations.

It is very important to store sterling pandora charms silver jewelry properly when it is not used. pandora charm The ideal place to store sterling silver jewelry is cool and away from sunlight. pandora charms uk Heat and light will turn a silver jewelry yellow and cause it to tarnish quickly. pandora charms sale Even indoor light source like florescent lights or light bulbs turn the color of silver jewelry over time. If you expect not to wear a certain piece for a long time, new pandora charms put it in a air-tight bag and store it in a drawer. Make sure the silver jewelry is not plated with any other metal before using the silver-dip or the plating will be damaged.

Post a Comment