Mengapa Niche Market Begitu Penting Dan Bagaimana Cara Mudah Membuat Artikel Yang Sesuai Dengannya?

64

Posted on : 10:14 AM | By : Zamahsari | In : , , ,


Bagi seorang marketer baik itu offline maupun online tentu tidak asing dengan yang namanya niche market atau ceruk pasar. Namun apa sih sebenarnya definisi Niche?

Menurut kamus Oxford: niche berarti “a specialized but profitable corner of the market” atau dengan kata lain adalah segmen pasar yang sangat spesifik tapi menguntungkan. Di era digital seperti ini, tentu bukan hal yang sulit bagi anda untuk memperoleh berbagai informasi bahkan yang gratis sekalipun seperti dari internet, TV, radio atau media lain. Namun saya berani menjamin semua informasi yang anda terima melalui berbagai media tersebut tidak semuanya sesuai dengan kebutuhan anda? Bahkan kadang-kadang, anda perlu berjam-jam sampai berhari-hari mencari informasi yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan anda pada saat itu.

Sampai saat ini, mungkin sudah tak terhitung berapa banyak blog atau situs yang anda kunjungi untuk membangun blog anda. Namun dari semua itu sudahkah sesuai dengan kebutuhan anda?


Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengapa anda harus mengarahkan blog anda sesuai dengan niche market adalah:
1. Bahwa pengunjung saat ini memiliki kecenderungan untuk mencari informasi dari seorang professional dibidangnya karena dapat memberikan informasi secara komprehensif dan tuntas. Dalam dunia offline, hal tersebut sudah terbukti kebenarannya. Saat ini banyak sekali bermunculan toko-toko yang menjual produk specific yang tidak anda jumpai di Mall atau supermarket besar.

2. Akan memudahkan anda mempelajari dan kemudian memberikan informasi berkualitas dan mendetail kepada pasar anda. Sebagai gambaran, layaknya seorang dokter, secara umum saya lebih mendengarkan seorang dokter spesialis daripada dokter umum.

3. Memudahkan pengunjung dalam memilih informasi yang sesuai dengan kebutuhannya. Seperti, jika pengunjung butuh informasi untuk meng hack templatenya menjadi 3 kolom, pastinya ia mencari blog yang membahas tentang tutorial blogspot.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara yang efektif untuk melakukannya?

Tidak disangkal lagi bahwa membuat artikel yang berkualitas yang sesuai dengan target pasar akan lebih banyak memakan waktu, tenaga dan pikiran. Namun jika anda melakukannya, anda telah membangun pondasi yang kokoh untuk meningkatkan trafik dan pengunjung setia anda di masa yang akan datang (jangka panjang).

Postingan berkala dan berkualitas yang anda suguhkan secara konsisten akan sangat menentukan hasil akhir dan kelangsungan hidup blog. Dan yang paling penting adalah potensi keuntungan jangka panjang dari blog khusus anda baik dari sisi bisnis maupun popularitas.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda terapkan untuk niche anda:

1. Apabila anda sedang malas.
Yaitu memposting artikel dengan cara menyimpulkan, menarik benang merah dan selanjutnya menambahkan opini pribadi yang sesuai dengan topik anda. Hal itu bisa anda terapkan pada: a. berita singkat (breaking news). b. artikel-artikel social bookmarking, dll. Caranya: Ketik aja kata kuncinya, kemudian anda akan dapat memilih beberapa artikel yang bagus.

Satu sampai dua parangraf biasanya sudah cukup.

2. Mendaur ulang artikel sendiri yang berkualitas.
Anda dapat mendaur ulang artikel sendiri dengan cara memposting artikel sederhana yang akan mencantumkan link artikel yang anda anggap berkualitas, paling tidak sebulan atau dua bulan sekali.

3. Linkbait post
Satu artikel yang original dan berkualitas (comprehensive dan mendetail) yang anda perkirakan akan banyak mendapatkan link dan trafik dari situs lain. Untuk membuatnya, anda harus mau berkorban waktu dan pikiran karena biasanya tidak cukup satu atau dua jam saja, sangat tergantung pada kemampuan dan pengalaman anda. Anda bisa mencari topik yang banyak dibicarakan di forum-forum atau juga social bookmarking.

Idealnya anda buat artikel seperti ini 7-10 hari sekali.

4. Artikel opini
Artikel seperti ini biasanya cara yang termudah karena anda tidak memerlukan riset online. Dengan menggambarkan pengalaman pribadi, para pembaca akan merasa dan menilai bahwa anda tahu dan mengerti banyak tentang topik tersebut. Ini sangat penting untuk menjaga loyalitas pengunjung anda. Cari topic tertentu dan ungkapkan pengalaman anda atau opini anda mengenai hal itu. Hanya sedikit kerja namun hasilnya luar biasa.

Kesimpulan:
Dalam berbisnis online, sebaiknya anda tidak membidik seluruh pasar layaknya mall atau supermarket yang menjual apa saja. Mengapa? karena disamping membingungkan pengunjung anda hal tersebut akan menguras waktu, tenaga dan pikiran anda. Fokuskan saja pada satu segmen yang benar-benar anda kuasai dan kerjakan. Semakin tertarget, maka akan semakin mudah anda mengelolanya.

Anda punya pendapat lain?

Mohon dukungannya dalam kontes SEO Stop Dreaming Start Action, mari belajar SEO bersama


Zamahsari
Stop Dreaming Start Action

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (64)

Pertamaxxx plus-plus, hehehe...

Menyenangkan sekali menyimak artikel pean Mas Zam, Apalagi buat Pak Guru yang masih newbie ini. Sepertinya perlu belajar banyak dari blog ini!

Yang jelas, saya sepakat dengan poin-poin yang pean paparkan di atas. Apalagi membuat artikel pillar bagi pemula tentu sebuah tantangan tersendiri. Yah, semoga saja pengunjung BISNIS GURU tidak ada yang merasa kecewa setelah membaca artikel yang dominan opini di sana.

Salam hangat kawan! Sukses selalu!

Koreksi:
Sepertinya ada sebuah kata yang membuat janggal kalimat pean pada paragraf 2 kalimat terakhir.

@umar puja kesuma= thanks mas, udah saya edit.. Saya juga masih belajar mas, sama-sama ya..

Wah mendalam banget ini! saya harus banyak belajar lagi nich!

Fokuskan saja pada satu segmen yang benar-benar anda kuasai dan kerjakan. Semakin tertarget, maka akan semakin mudah anda mengelolanya.

ini dianih yang belum bisa saya kerjakan
kasih dong referensi buat saya bisa fokus

WAH MAS MAAF KESANNYA MAKSA BANGET

Diam-diam "judul artikel ini" sedang dipraktekan sama member Fb lho Mas..kayaknya lagi pada sibuk bikin produk tuh..Mengena sekali judulnya Mas..

Benar apa yg mas tulis diatas.. saya sendiri juga sadar akan hal itu, untuk mencapai kesana dibutuhkan trial n error, sbg contoh 90% > dokter specialis dulunya dokter umum, setelah itu baru menemukan keahlian mana yg menjadi prioritasnya.

Seorang pemula menulis banyak tema,karena mencari inspirasi menulis sulit buat pemula... kemudian dgn berjalannya waktu, entah dari pendapat rekan, atau dari blog yg lain, dll.. harusnya semakin lama menjadi semakin mengkhususkan tema yg menjadi keahliannya (specialis), jika masih bertemakan umum kemungkinan akan ditinggalkan pengunjung.

Naah.. skrg sudah mulai keliatan tema blognya mas zams betulkan mas? ...hehehe

@chibisoft=sama-sama belajar mas.
@rekanbisnisku= sebenarnya simpel aja, jadi diri sendiri itulah kuncinya. Mantap aja dengan kemampuan sendiri, tapi jangan lupa sambil belajar.
@wawan purnama=Alhamdulillah kalo gitu.. Oh ya ebooknya nanti saya emailkan. Insya Allah hari Ini.
@jpurnomo=betul mas, saya memang akan membahas seputar bisnis online. Klo pak Joko lebih ke general, blog saya Insya Allah lebih ke praktis. Tapi ya pelan-pelan, karena kan harus belajar dan praktek juga.

Saya setuju mas. Cuma terkadang kita dihadapkan dua pilihan bila berbicara soal skill and knowledge.

Misal : newbie.
Para newbie berpikir bila dia membuat blog dengan tema bisnis online, maka akan banyak duit mengalir. PAdahal dia tidak menguasai.

Sementara bidang yang dikuasai ternyata tidak cukup bagus untuk dijadikan niche. Gimana menurut mas Zams?

Satu hal lagi, riset pasar untuk mendapatkan niche bagi para newbie masih terlihat "ngga masuk akaL". Padahal tinggal ikuti yang ada dipanduan bisnis.

Salam Sukses,
ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

bermanfaat mas mpostingannya.

ini menambah ilmu baru lagi. thanks

dan sedikit kesimpulan nih terkait dengan niche intinya kita harus tahu apa yang kita minati dan kita kuasai.

dan itu yang terkadang sulit di tentukan bagi para newbie karena yang newbie ketahui hanya ikuti niche seperti orang yang sudah sukses tadi.

@arief maulana=tidak harus bisnis online, mas. Bisa bahas soal kesehatan, fitnes, handphone, sepakbola, psikologi, bimbingan belajar, komputer dan banyak lagi. Kalo yang dikuasai itu pasarnya sedikit, bisa mencoba second choice. Saya tidak bisa menganurkan pilih mana karena itu bergantung pada diri sendiri.
@adi wardana=nah itulah mas, semakin cepat menentukan semakin baik karena arah blog kita semakin jelas...

Baru tahu mas zams ada posting baru di blog sampean. Terima kasih tipsnya, cukup mendatangkan inspirasi untuk membuat artikel.

Mantap aja dengan kemampuan sendiri, tapi jangan lupa sambil belajar.

tengs mas atas masukannya

@sumartono=sama-sama mas btw sukses selalu ya..
@rekanbisnisku=sebisa mas saya membantu.. sama-sama sukses ya

Wah postingan bagus mas zam, mancing orang tuk berkomentar :)
menurut saya apabila kita bertujuan untuk membuat blog/web utk komersil maka sebelum kita membuat web atau blog carilah niche yang tepat terlebih dahulu. Entah itu sesuai atau tidak dengan hoby dan minat kita bila kita sudah mendapatkan niche yang berpotensi menghasilkan kenapa tidak harus di garap ya mas..toh semua informasi yang kita butuhkan untuk mengerjakannya bisa kita dapatkan diinternet, tinggal ketekunan kita saja mau mengerjakan atau tidak :)
Btw sesekali main-main ya mas zam kerumah sederhana saya di:

http://www.thebiznisman.blogspot.com

regards,

Betul..kita jadi bisa fokus kalo niche

@ricky=ok mas terima kasih telah berkunjung. Ok ke TKP
@Danta= betul sekali, memang harus fokus..

Saya setuju sekali mengenai memilih niche yang Mas Zam katakan. Prakteknya kita harus mencoba fokus pada satu jenis niche saja dulu. Riset yang berulang-ulang dan dengan konsisten memelihara komunikasi dengan postingan artikel yang berkualitas di blog, itu yang utama.

mengenai Traffic dan kemudian menghasilkan pelanggan dari produk adalah soal belakangan.
Saya rasa pak Joko susilo sudah mengupasnya secara gamblang di SMUO. Saya yakin dengan panduan di SMUO, karena praktek itu ada disana.

salam sukses

@patrice= betul sekali mas.. OKI kita harus mempelajari sungguh-sungguh SMUO. Terima kasih telah berkunjung

Saya sepakat bila niche martket itu memang penting, tetapi menurut saya sih semuanya tergantung niat juga mas...Terkadang ketika kita berada di kantor, di jalan, luar kota, atau jln2 di mall...kita bisa tiba2 teringat sebuah ide untuk di tuliskan di artikel...saya kira hal2 sperti tidak dapat ditahan karena memang keinginan blogging sudah sejalan dgn dirinya walaupun memang melenceng dari thema blognya. Asalkan ada niat bersharing informasi...akan selalu membawa manfaat....
Salam...

@Agung Jatnika= oh itu betul mas.. kadang-kadang melenceng dari thema blog juga gak apa2, untuk refresh dan agar tidak bosan. Namun juga kita harus fokus pada apa tujuan blog kita, supaya kita dapat meng explore kemampuan kita di bidang tersebut.. itu sih menurut saya mas.. Sukses ya mas agung..

Fokus,,Fokus,,Fokus,,,
Itu yang pling penting, kalo sebuah blog terlalu banyak produk memang sangat membingungkan...
Mending buka toko aza........
Hehehehe....

@andhie=betul mas.. fokus aja dari yang kita bisa..sukses ya

Mencari niche market bisa dilakukan melalui diskusi di forum forum, dengan demikian akan muncul banyak ide untuk kita saring dan sesuaikan dengan kapasitas dan kemapuan kita..bagi penggemar blackberry untuk mendapatkan tips perawatan dan penggunaan blackberry bisa di baca di http://blackberryset.blogspot.com/

Niche emang nice kalo paham, kalo actionnya njaplak lalu benahi kanan kiri boleh kagak sih, sah-sah aja ato ''''?
kayak template blog yang bisa diacak-acak hingga menemukan jatidiri sebagai webblogger?

cari niche market itu mnrt sy gampang2 susah. hehe..
knp? krn mst menentukan minat kita dlm memasarkan barang dan potensi pasar yg ada terhadap barang tersebut.

siip, saya lagi pengembangan sala satu jasa pembuatan account google adsense saya nih, barangkali ada yang berminat

Terima Kasih Mas atas artikelnya.
banyak hal yang ingin saya pelajari untuk menjadi seorang affiliate marketing yang sukses.
Artikel mas sedikit banyak membantu membuka wawasan saya untuk menjadi affiliate marketing,
Trim's

Pembahasannya sangat mendalam mas. Saya yakin Anda ga butuh waktu lebih dari 1 hari untuk membuat artikel sebagus ini. Inilah adalah contoh linkbait post seperti yang Anda jelaskan di atas. Ayo siapa yang mau memberikan linknya ke artikel ini???

o

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Terima kasih atas tutorial nya saya sebagai SEO pemula sangat merasa terbantu..
doa kan INDOVISUAL supaya bisa menjadi no.1 dalam pasar visual presentasi produk.
mampir juga ke blog saya :)

Artikel ini sangat membantu, sekarang saya bisa mengerti tentang niche marketing jika ada yang bisa menemukan niche yang tepat untuk situs webnya dia akan mencapai tujuan dari situsnya.

Post a Comment