Ganti Template Blogspot, Kenapa Tidak?

32

Posted on : 12:19 PM | By : Zamahsari | In : ,

Mengganti template blogspot bagi saya adalah hal yang perlu dan penting. Namun, bagi blogger blogspot, apalagi yang sudah lama setia dengan template lama biasanya merasa agak khawatir dan wegah. Anda mungkin malas harus mengkopi-paste puluhan widget yang telah anda pasang diblog dan juga takut kalau banyak setting-an blog yang kacau balau. Mumpung masih fresh dan ingat maka saya share pengalaman ini kepada rekan semua terutama pengguna blogspot.

Perasaan tersebut juga sempat membuat saya ragu untuk mengganti template blog lama saya. Namun, saya beranikan untuk mengubah template blogspot dengan tujuan:

  • Untuk penyegaran: supaya tidak bosan.
  • Mengganti template blogspot yang SEO friendly.
  • Tujuan Monetasi seperti adsense, Referral, TLA dll
  • Melatih trampil kalau anda buat blog lebih dari satu. Mumpung gratis, lumayan kan kalau bisa diikutkan PTR.

Dari pengalaman saya, ada beberapa hal dan trik yang harus anda lakukan supaya anda dapat lebih cepat mengganti template blogspot dengan template baru tanpa memback-up widget blog anda.

Berikut hal yang harus anda siapkan dan kerjakan:

1.Cari dan temukan template yang benar-benar pas dengan selera anda. Ini sangat penting dan wajib. Sebaiknya melihat demo template tersebut seperti apa. Tidak perlu tergesa-gesa memutuskan. Kenapa ini penting? Karena hal ini, kemarin saya harus mengulang dari awal dan harus memback-up semua widget. Jadi butuh berjam-jam nongkrong di komputer.

Kesalahan saya adalah memilih template tanpa melihat demonya (maksudnya: anda harus memperbesar preview dan lihatlah semua page elemen dan baca spesifikasinya). Setelah saya upload ternyata saya tidak suka dan saya kembalikan ke template awal. Celakanya setelah menemukan template yang sesuai, kemudian saya upload lagi, tiba-tiba blogspot menolak untuk mensave. Kenapa? Untuk hal ini saya juga kurang tahu. Menurut amatan saya sih karena mengulang dan banyak widget yang harus didelete, jadi google menolak save. Padahal sebelumnya dikabulkan. Solusinya…. Mau tidak mau harus manual. (Nanti saya jelaskan). Jika sudah ada yang pas dihati, download template blogspot baru tersebut dan save di komputer anda.


2.Setelah menemukan template blogspot yang cool dan cocok, sekarang anda masuk ke blog anda. Klik >Customize>Lay Out>Edit html. Anda back up kode skrip blog anda dan simpan di computer anda. Udah tahu kan cara back up? Klik Full Template download simpan di hardisk komputer.

3.Klik Page Element > Klik Edit semua widget di sidebar anda dan biarkan dulu. Jadi apabila anda mempunya widget 20, berarti jendela yang terbuka juga 20.
Catatan: untuk Google Analytics, site map, kode social bookmark dan kode adsense dll anda simpan kodenya dan perhatikan dimana letaknya di skrip template lama. Nanti berguna karena akan dipasang lagi.

4.Sekarang saat yang mendebarkan. Klik tulisan browse dan masukkan hasil download template baru (misalnya: ourblogtemplatesdotcom.xml). Klik upload dan tunggu hasilnya. Setelah itu biasanya ada tulisan Confirm & Save dan di atasnya terdapat daftar widget yang akan hilang. Maju terus dan klik Confirm & save. Berhasil? Klo tidak ada tulisan permintaan galat anda ditolak, berarti anda sukses. Klo ternyata ditolak, saatnya lembur mengerjakan dengan manual.

Jika berhasil namun belum bisa di save. Biasanya ada nama widget yang sama atau masalah lain. Misalnya: nama di kode skrip ada 2 dengan nama html1. Ubah aja salah satu dengan angka lain misalnya: html6 (asalkan belum ada). Check menggunakan toolbar Edit > Find. Tulislah html6. Jika belum ada, ganti salah satu html1 dengan html6.

5. Selanjutnya, anda pindahkan dan atur satu persatu widget yang 20-an tadi (yang terbuka jendelanya). Kopi paste aja.

6. Simpan, dan cek semua. Mulai readmore…, tombol social bookmarking, sitemap, google analytics, iklan di body post sepeti adsense dll. Kalau ada yang kurang anda googling aja ya untuk mencari solusinya. Pengalaman saya kemarin: readmore, google analytics, sitemap, kotak komentar tidak tampil. Saya Googling cari info dan benahi. Beres.

Klo blogspot tidak memenuhi permintaan untuk save template blogspot baru, gimana solusinya? Terpaksa mas harus memakai cara manual, seperti saya kemarin:

1.Anda back up semua widget (kan jendenya masih belum anda close, jadi tinggal copypaste) dan simpan dengan nama yang berbeda-beda.

2.Anda masuk lagi ke blog anda di page element. Hapus semua widget, klo ada yang nggak bisa di delete, biar saja. Anda teruskan menghapus yang lain, sampai benar-benar tersisa widget yang tidak berhasil anda hapus.

3.Sekarang tinggal beberapa widget saja 3 atau 4 widget.

4.Ulangi tahap nomor empat di atas. Semoga berhasil.

5.Klo udah berhasil. Kopi paste semua widget yang anda back up di computer dan letakkan di page element, sesuai selera anda. Sedikit lama sih, namun it’s OK.

6.Jika semua widget udah terpasang. Klik Save.

7.Selamat Anda berhasil mengganti template lama denga yang baru., terasa nih catnya masih nempel.

Semua yang tertulis itu pengalaman saya, dan bagi anda yang memiliki pengalaman lain yang lebih mudah, silahkan di share. Terima kasih.

Zamahsari
Blog Bisnis Online
Stop Dreaming start Action


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (32)

Selamat untuk template barunya Mas Zams. Lebih segar tampilannya!
Salam ACTION!

Hmmm....segerrr...
Ada niatan sih ganti template lagi buat BISNIS GURU, seperti yang pernah saya bilang dulu pengen yang 3 kolom, tapi....
kayaknya dah kebelet mo sekalian renovasi total, maksudnya boyongan ke dot com gitcu. Semoga semuanya berjalan lancar, walaupun sedikit harap-harap cemas.

BISNIS GURU mengucapkan Congrulation for BLOG BISNIS ONLINE atas ganti kostumnya. Semoga semakin semangat dan sukses. amin

KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

Saya lagi nyari-nyari template juga nih mas....yang simple dan gampang kebuka walaupun pake koneksi yang lemot, kalo bisa sih yang putih kayak gini tapi yang 3 columns (pake 2 sidebar). banyak sih, tapi cari kemana-mana belum ada yang "jatuh cinta pada pandangan pertama" hehehe...

template ini sebenarnya saya suka mas, tapi ada gak yang biru2nya diganti hitam ya..? hehehe...

@Joko Susilo= terima kasih pak Joko udah berkunjung.
@Umar Puja Kesuma= Semoga sukses dengan kepindahannya. Klo nanti saya pindah blog inipun tetap saya gunakan mas.Saya tetep posting rutin
@Andika=Soal warna biru kan bisa dirubah mas. MAu warna apa bisa di setting.

fresh bgt kliatanx.. mngkin prlu sdkit sntuhan wrna lgi mas biar gak trlihat mnoton, cmn msukan aja sih.. Hehehehehe

Wih seger nih tampilannya,pengunjungnya pasti tambah betah,..

@ardy Pratama= terima kasih sarannya. Nanti-nanti pasti lebih colourful
@Syd=mudah-mudahan begitu mas, terima kasih kunjungannya

Wahhh....
Template baru nee ye...
Ngejreng banget mas !!

mas bagi saya yang gaptek ...pernah coba eh malah jadi berantakan...ada saran lain biar nda lieuuuuuur....fantastic

@andhie= iya to mas. supaya loadingnya cepet. terima kasih udah mampir, sukses
@Syahru tetep semangat=saya dulu juga begitu mas, saran saya sih semua yang penting diback up dulu termasuk kode-kode yang ada di body template dan widget2 di sidebar. Begitu ada problem kita ada cadangannya. sukses mas..

Template nya keren Mas, Benar sekali Mas biar kita gak bosen terus bila dengan suasana baru akan menambah semangat kerja kita.

Terima kasih mas iwan. Betul biar tambah semangat dan pengunjung jadi betah. sukses selalu ya

Wah tambah segar mas zams, bener masih bau cat :).
Menurut mas zams termplate yang SeO frendly tuh yang 2 atau 3 baris?, iya neh saya juga belum selesai" nyusunnya.
Tapi saya syka tampilan blog yang sekarang loh mas, btw pake template apa nih :)

-salam sukses-

Pertama, saya save dulu artikelnya. Lumayan, buat panduan nanti saat saya ingin ganti template.

Memang benar, seharusnya tampilan blog kita khususnya template-nya jangan bikin bosan. Tapi masalahnya untuk mengganti kadang kendalanya waktu atau terbatasnya teknik dari blogger.

Semoga dengan adanya posting ini, tampilan blog kita jadi semakin fresh... Thanks Mas Zams, your post give me inspiration.

@Ricky=2 atau 3 kolom maksundnya ya mas. Menurut saya sih bisa pake 2 atau 3 kolom ndak masalah. Sederhananya gini mas, klo mau cari yang SEO friendly. mas googling dan kata kuncinya template SEO friendly. Tapi salah satunya adalah masalah tata letak (yang berurutan). Contoh: Klo menurut saya lebih baik sidebar sebelah kanan saja agar konten cepat terindex. Dan tentunya juga faktor source body yang terdiri dari header, konten, sidebar footer dll. Tanya yang lebih ahli aja ya mas, nanti saya salah ..
@Sumartono= O ya mas betul. Jadi memang harus cari waktu yang pas aja. JAngan terburu-buru, nanti hasilnya kurang baik.

@ricky= cari di Ourblogtemplates.com namanya perfection.

Sugeng Ndalu Mas Zam,
Ketingal kempling Mas template blognya, kados lagune Didi Kempot, dadi kelingan kampung Mas, wis meh setahun setengah belum pulang ke klaten, mugi migi kenti template ingkang enggal, pokoke makin sukses yo mas, amin.
Suwun

@muklis Purwanto=lama juga ya mas 1,5 tahun. Emang pak MAnajer lagi sibuk berat nih sampai karo tengah tahun gak pulang.. BTW sukses selalu ya mas

wah wajah baru lagi nich mas, ingat waktu ganti template kemarin, semalaman gantinya..error melulu, karena belajar otodidak ya bantai aja deh, yang penting mau berusaha jadi juga deh template barunya..hehehe

Paling puyeng kalo cari template blogspot dan cocok dengan selera kita dan kebutuhan kita.

Paling puyeng kalo cari template blogspot dan cocok dengan selera kita dan kebutuhan kita.

@yanuar= iya mas sampe lembur.. tapi untuk belajar gak apa-apa
@masterklikcom=Iya betul mas harus memilih yang sesuai selera itu yang sulit

maju terus pantang berhenti dan mundur mas.

blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

Ganti template kadang juga bikin masalah kalo kita lupa sesuaikan meta tag dan kode tracking google analythic yg udah telanjur kita pasang di template lama

Iya betul, harus dicopy semua dan disimpan dengan file name yang berbeda. Biar nanti langsung bisa dipasang....

aku baru ganti template nie... ada yang bisa nolong gak??? aku gak bisa masuk ke blog nya lagi nie... bingung

KENAPA GAK BISA MBAK? MASALHNYA APA, LUPA PASSWORD ATAU APA?

aduuh ya nih saya lagi bermaslah di blog...sayabikin blog baru terus mau ganti template baru ternyata sidebarna hilang dan katanya ga bisa balik lagi...jadi gimana ya...cara ngembaliin sidebar tsb...tolong penjelasannya ya...

mantap templatenya nih...
wah,wah..
jadinya kalau mau ganti template musti dari awal membuat blog...
biar kagak keteteran kayak gini nih...
:)

assalamu'alaikum numpNg lewat...,

numpang share ya Mas postingannya buat newbie. Makasih ^_^

tolong donk aku baru aja ganti templete tpi setelah itu sidbar yg diatas tempat masuk/login nya gak ada,aku harus gimana nih?
tolong donk,rasanya mau nangis.....

Post a Comment