Sedikit Mengupas Tentang Blog Branding Dan Personal Branding

22

Posted on : 11:15 AM | By : Zamahsari | In : , ,


Artikel ini berusaha menjawab permintaan mas Arief Maulana untuk membuat artikel tentang personal branding dan site branding atau juga saya sebut blog branding. Sebelum melangkah lebih jauh, perlu anda ingat kembali sejarah lahirnya blog. Kata weblog pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh John Barger. Kemudian, pada bulan Mei 1999 kata tersebut dirubah oleh Peter Merholz menjadi weblog dan akhirnya menjadi blog saja dan terkenal sampai sekarang.

Pada saat itu, membuat blog hanyalah difungsikan sebagai online diary yang sifatnya bisa terbuka untuk umum (setiap orang bisa akses dan baca) atau pribadi (artinya tidak dipublikasikan kepada orang lain). Namun dengan perkembangannya, blog bisa dijadikan sarana untuk menuangkan berbagai ide, untuk berbisnis dan memperkuat bisnis, dan bahkan sebagai sarana kampanye seperti pilpres, pilgub dll. Semua yang tersebut di atas bermuara pada branding.



Istilah blog/site branding dan personal branding sebenarnya saya comot dari ebook John Cow yang berjudul How to Build a Business NOT just a Blog pada bab Updating “about us” page sebagai berikut:

There are two ways we go about creating an “About Us” page…


1. Talk about the Person: If you are interested in building yourself as an authority person in this field then this is a perfect place to create a resume of sorts. Explain why you created this blog, what the blog is for, why you are an authoritative source for information in this niche and maybe a little bit of personal info like where you are from and also add a picture of yourself.


2. Talk about the site: If you are not interested in personally being known as the author of the blog (branding your name) then instead of talking about the person behind it you can focus on the blog directly. We still recommend you include an image on the page. For this type of page you want to stick to the fact of blog only, what it is created for, where they should go on it, what they can expect from it and why it is a resource they should use.

Meskipun di atas tidak secara eksplisit menyebut blog branding dan personal branding dan hanya terletak pada bagian about us (profile), namun secara gamblang menjelaskan perbedaan kedua definisi tersebut yaitu:

1. Berbicara tentang personal:
Jika anda tertarik untuk membangun pribadi anda sebagai seorang ahli di bidang yang anda kuasai, maka about us page merupakan tempat yang paling pas untuk menjelaskannya secara singkat.
Jelaskan: mengapa anda membuat blog ini, untuk tujuan apa, dan mengapa anda pantas menjadi nara sumber ahli dalam bidang ini. Bisa ditambahkan dengan data pribadi seperti dari mana asal anda dan juga foto anda yang keren tentunya.
Biasanya menggunakan nama pribadi sebagai subdomain seperti:

2. Berbicara tentang Situs: Jika anda tidak tertarik untuk ngetop sebagai seorang ahli di bidang tertentu (personal branding), namun beralih untuk dapat fokus pada blog secara langsung. Tidak ada salahnya, anda pajang foto anda yang cool di sini.
Di halaman ini, anda hanya fokus pada blog saja, yaitu: untuk apa blog dibuat, mau dikemanain, apa yang pembaca harapkan dari blog anda dan mengapa blog anda menjadi sumber informasi yang harus dicari. Biasanya menggunakan kata kunci sebagai subdomain. Misalnya: carabuatblog.com, belajarinternet.com, bisnisinternet.com, tutorialbikinblog.com dll.

Namun ada juga blog yang berisi tutorial tetapi subdomainnya namanya sendiri karena mungkin bertujuan ingin menjelaskan bahwa dia ahli dalam bidang tutorial. Atau karena kata kunci untuk bidang tertentu sudah digunakan oleh orang lain dan terpaksa memakai nama sendiri sebagai subdomain.

Di halaman about inilah sebenarnya merupakan kesimpulan atau your blog in brief yang menjelaskan keseluruhan tujuan dan isi blog anda.

Semoga penjelasan yang singkat ini bermanfaat untuk mempeluas pandangan kita dan anda boleh tidak setuju dengan pendapat saya…Atau mungkin anda menambahkan…

Zamahsari
Blog Bisnis Online



Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (22)

Salam kenal mas,

ya saya setuju dengan posting ini mas, situs bisa dikatakan sebagai kepanjangan tangan dari profesi seseorang. Dengan adanya situs atau blog orang yang melihat bisa langsung mengerti apa keahlian orang tersebut.

huruf nya kekecilan mas.. harus pake yg verdana 14 biar enak bacanya

@bisnis afiliasi=betul, ya itulah personal branding...
@mas hengky=nyoba dulu pake yang kecil supaya lebih ringkas, klo kekecilan nanti tak rubahe.... terima kasih

Untung ada bahasa Indonesianya mas, maklum blum ngerti bhs inggris..hehe

sukses selalu ya mas

ah mas yanuar merendah.. thanks ya kunjungannya

emang bener2 pada mulia semuanya
memberikan informasi yang sangat manteb buat saya

mas saya mau minta tolong
biar ga mau jadi pemula terus
bantuin di posting baru saya ya
tapi enak jadi pemula
banyak yang bantuin

besar harapan saya
tengs mas
salam sukses

Informasi yg menarik mas.. bermanfaat buat tambah ilmu tentang blog..hehehe

@rekanbisnisku= ya mas tapi ya harus ACTION!!
@jpurnomo=thanks.. sukses ya mas..

Artikelnya menarik, Mas!

Kemarin sempat nanya siapa yah yang nyiptain blog pertama kali. Eh disini ternyata dijawab, thanks kawan!

Untuk personal branding dan blog branding emang harus saling dukung dan sinkron. Semuanya dengan satu tujuan yang jelas yaitu meningkatkan kepercayaan customer. Bukan begitu?

Menurut Mas Zams, apa untungnya sih menggunakan nama sendiri sebagai domain?


salam istimewa dari BISNIS GURU

nah mu nanya cara moles blog biar bagus gmana mohon sarannya dtg.....

Molesnya pake cat atau bedak Mas ^_^ he..he..

@mas umar= gunanya antara lain a. untuk personal branding, jadi orang akan selalu ingat nama mas umar dan akhirnya tercipta kepercayaan.sukses ya mas..
@syahru=tak komen di blog mas aja..
@mas irwan= mas irwan bisa aja..he..he..

memang mas tujuan ngeblog harus jelas, supaya visitor blog kita tahu apa yang diharapkan pembaca untuk mengerti tujuan dari blog tersebut.

tetapi ada yang belim disebutkan mas blog monetizing kan juga perlu dibahas.

artikel yang menarik mas

Singkat padat dan kenyal ha..ha...
Artikel yang menarik...

@mas adi= thanks ya mas adi berkunjung, ya nanti dibahas tentang blog monetizing..sukses selalu ya mas ..
@hade= terima kasih mas hade gimana kabarnya.. sukses untuk mas hade

ternyata asik jg trekking seputar blog motivasi dan bisnis..

komen per item ah:

1. Berbicara tentang personal...
ada jg yg nambahin CV-nya sekalian

2. Berbicara tentang Situs...
ada jg yg kesannya tdk membranding diri mau pun keahliannnya

they just blog about anything

tp pembaca bs mengungkapkan 1-5 kata yg pas utk menggambarkan blog tsb

nah, utk yg tdk memiliki 'sesuatu' di halaman 'tentang' (bahkan tdk punya halaman tentang/profil), tapi dari kontennya memuat branding 'terselubung', sejau mana lg (selain 1-5 kata td) branding dinilai berhasil/gagal oleh pembaca (bukan penulis; krn penulis tdk sengaja terbranding)? :)

makasi

Good analisa mas.. terima kasih ya...atas kunjungannya

makasih bwat wawasannya mas, jadi tambah lagi neeh..
mas mao nanya neeh, bwat ningkatin blog kita gmna seh mas ?? biar banyak yg berkunjung... thanks

@gofreedom=mengkin salah satunya dengan blogwalking seperti yang mas lakukan...

Bagaimana membuat 'about us' atau 'about me' page dibahas Darren Rowse di sini juga mas zam dan teman2, yang meliputi
1. Perkenalan siapa diri kita
2. Apa keahlian dan
3. Tujuan penulisan di blog kita, dan
4. Bagaimana cara menghubungi/mengontak kita.
kira-kira begitu :)
btw, trims artikelnya, sangat menambah wawasan kita tentu. :)

Banyak pengalaman ya mas, sukses selalu dech

ok sukses untuk anda gan, bagus artikelnya sangat edukatif n informatif bwt tambahan pelajaran ane..salam sukses ya gan

hamam nasirudin
http://www.formulabisnis.com/?id=obier
informasi formula bisnis seputar bisnis online,usaha online,internet marketing,usaha rumahan,bisnis praktis,mesin uang,joko susilo untuk anda

Post a Comment