13 Hal Yang Akan Membuat Blog Menjadi Sukses - part 2

15

Posted on : 11:37 PM | By : Zamahsari | In : , ,


Sebagai prolog sebelum melanjutkan beberapa poin dari judul 13 Hal Yang Akan Membuat Blog Menjadi Sukses, saya menggarisbawahi bahwa selalu ada pelajaran penting yang bisa menginspirasi kita apabila membaca satu kisah tentang kesuksesan seorang tokoh dari berbagai aspek. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba mengetahui proses bagaimana ia bisa menjadi seperti sekarang ini. Dan tentunya butuh perjuangan yang sangat berat. Oh ya ada baiknya jika anda belum membaca seri pertama, untuk membaca 13 Hal Yang Akan Membuat Blog Menjadi Sukses -- part 1 terlebih dahulu.

Ok.. daripada bertele-tele saya akan lanjutkan 4 poin lagi, yaitu:


7. Bersosialisasi di tempat orang biasanya berkumpul

Saya menghabiskan waktu diluar ngeblog dengan besosialisasi apakah di Twitter, Facebook atau diblog orang lain dsb – Saya mencoba meluangkan waktu untuk bisa nongkrong di tempat orang-orang yang saya inginkan akan membaca blog saya (atau juga orang-orang yang telah membaca blog saya).

Jika anda melakukan ini, anda tidak hanya menemukan pembaca baru namun juga anda membangun brand, bergaullah dengan mereka yang melakukan hal yang serupa dan belajarlah banyak hal untuk meningkatkan blog anda.

Pelajaran yang bisa dipetik: jangan terlalu picik dengan dengan hanya nongkrong di web sendiri – get out men !!! dan bergaullah dengan luasnya dunia web.

8. Bangunlah Brand Anda

Usaha saya untuk meciptakan brand lebih dari yang mereka pikirkan karena saya telah bekerja keras untuk menancapkan nama “problogger” lebih dari 5 tahun. Saya menggunakannya (dan logo blog ini) di social media, buku yang saya buat, pada saat di undang untuk berbicara, atau interview dan di mana saja semaksimal mungkin.

Saya cukup beruntung memiliki brand yang sebenarnya akan dipakai juga oleh orang lain yang ingin mecari penghidupan dari ngeblog. (dan saya sangat beruntung di sini dimana telah memilih nama tersebut untuk blog saya).

Pelajaran yang bisa dipetik: Jangan hanya berpikir bagaimana anda menemukan pembaca baru – tetapi pikirkan bagaimana anda dapat membuat kesan positif untuk orang-orang yang berhubungan dengan anda dan blog anda.

9. Mengenali dan mengikuti berbagai kesempatan.

Selalu siaga terhadap kesempatan yang akan selalu datang di sekitar anda merupakan salah satu skill yang akan saya anjurkan kepada pebisnis baru untuk dilatih. Buku terbaru saya yaitu “31 Days to Build a Better Blog workbook” adalah salah satu contoh. Saya telah mengerjakan proyek ini dari serial gratis artikel saya di problogger yang bermula dari partisipan yang bertanya tentang segala sesuatu dan saya kumpulkan dalam satu dokumen yang dapat dipraktekkan sesuai dengan waktu yang mereka punya. Saya mulai melihat adanya peluang untuk mengembangkan proyek ini dan karya inilah yang akhirnya tercipta. Saya hanya mengikuti garis besar dari satu gagasan dan membuatnya menjadi nyata dan dalam prosesnya ternyata menciptakan sumber penghasilan lain dari ngeblog.

Catatan: bagian dari proses adalah membuat kesalahan. Semua yang saya kerjakan di blog saya yang sekarang berjalan baik, ada sekitar rata-rata 10-20 kesalahan yang telah saya buat. Kuncinya adalah, mencoba sesuatu yang baru.

Pelajaran yang bisa dipetik:. Tidak pernah puas dengan apa yang telah anda kerjakan sekarang. Selalu ada cara untuk menyusun kembali apa yang anda kerjakan sekarang dan membuatnya menjadi lebih baik nantinya, yaitu dengan mengubah kesalahan yang telah anda buat menjadi satu cerita kesuksesan atau bisa juga mengembangkan sesuatu yang mendapatkan respon positif menjadi satu proyek tersendiri.


10. Membangun kemitraan

Saya sangat sadar terhadap keterbatasan-keterbatasan saya. Ada beberapa aspek dalam bisnis dan blog saya dimana saya lemah atau tidak berpengalaman. Dari kelemahan ini maka saya mencoba untuk mengembangkan kemitraan dan kerjasama dengan orang lain.

Dalam artian yaitu memperkerjakan orang untuk satu karya, yang biasanya berarti barter atau saling tukar jasa dengan orang lain dan bisa juga namun agak jarang terjadi yaitu mendorong terwujudnya bisnis kemitraan (namun model kemitraan bisnis hampir seluruhnya berjalan pelan)

Pelajaran yang bisa dipetik: ketika semuanya memungkinkan untuk anda kerjakan sendiri, selalu saja ada batasan dimana anda harus memilih antara berhenti (stuck) atau melibatkan orang lain. Nasehat saya adalah menemukan orang yang pas untuk diajak kerja sama memang sedikit memakan waktu. Bangunlah kerjasama, kerjakan hal yang kecil dulu dibandingkan harus investasi terlalu besar untuk satu kemitraan dan bekerjalah dengan orang-orang yang anda suka. Oke Nyundul dulu kontes Stop Dreaming Start Action ya..

by zam

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (15)

Artikel yang bagus, mas Zam.
membuat mata saya jadi terbuka untuk memulai bisnis on-line.
minta izin buat saya save-as ya...

mas saya masih tunggu yang nomor 11-13 hehehe..kok cuma 10 yg muncul??

@adhe=silahkan mas adhe.. terima kasih kunjungannya
@mas hengky= iya mas Hengky.. nanti kepanjangan..

Artikel yang saya tunggu akhirnya muncul juga. Untuk point 7 sudah saya lakukan. Untuk point yang lain, menantang juga untuk diterapkan.

Thanks mas infonya... :)

Mampir nih cari ide.Eh dapat posting mantap.nice posting,mas.Salam persahabatan

Mas Zams, informasi seperti ini yang kita perlukan bagaimana mempromosikan sebuah BLOG yang kita kelola menjadi blog yang populer dengan content yang menarik dan bisa memberi manfaat bagi pembancanya. Menarik sekali mas Zams.
Trims. Salam Sukses.

Pesan yang sangat menonjol yg bisa saya petik adalah: "harus banyak belajar". dengan cara-cara yang pragmatis dan terarah. Saya senang artikel ini mas Zam..

@golspektakuler=terima kasih mas Sumartono.. Untuk poin lainnya memang perlu dicoba..
@Bisnis Onlie=sama2 mas..
@aguscwid=salam juga mas agus..
@sugiana=sama2 mas sugiana.. semoga bermanfaat
@fadly muin=memang mas fadly semakin kesana kayaknya semakin banyak yang harus dipelajari, terima kasih kunjungannya

hai admin ad info bagus

gimana caranya untuk buat logo sendiri ??

mantab,..nambah ilmu nih

info yang sangat berguna..

terimakasih masukannya

artikelnya sangat bermanfaat sekali.

thanks....

Post a Comment