13 Hal Yang Akan Membuat Blog Menjadi Sukses

46

Posted on : 2:09 AM | By : Zamahsari | In : ,

membuat blog suksesSalah satu blog luar yang sering saya kunjungi adalah ProBlogger.net dan terus terang “I am Darren Rowse Fan” . Dari statistik ProBlogger memilki data Alexa dan Subscriber per Juni 2009 yang mengagumkan, yaitu Alexa Rank 3.867 dan Subscriber 88.112.

Judul 13 Hal Yang Akan Membuat Blog Menjadi Sukses sebenarnya terjemahan versi saya dari judul asli “13 Things I’ve Learned about Successful Blogging [My 5000th Post on ProBlogger]. Postingan Darren yang sangat menarik dan inspiratif karena banyak hal yang bisa kita pelajari dari dari blognya yang luar biasa dan kali ini akan saya translate versi Blog Bisnis Online tanpa mengurangi esensi dari artikel aslinya.

Berikut terjemahannya:


“Ini adalah postingan ke 5000 saya di Problogger.net dan untuk memperingati momentum bersejarah ini, saya akan share beberapa hal yang telah saya pelajari bagaimana membangun blog saya”

“Saya baru saja ditanya dalam wawancara radio (sekitar 60 menit yang lalu) bagaimana saya membangun blog menjadi sukses luar biasa dan berikut ini adalah yang telah saya katakan:”

1. Antisipasi Tren Yang Sedang Tumbuh.

Saya memulai Problogger pada tahun 2004, dan menduga bahwa making money from blogs akan menjadi hal yang umum dan biasa. Blog ini saya usahakan untuk mengarah ke tengah-tengah trend yang mulai tumbuh, membantu memberi warna dan menciptakan profil di dalamnya.

Pelajaran yang bisa diambil: Perhatikan dan antisipasilah trends yang mulai tumbuh dan tempatkan diri anda tepat ditengah-tengahnya. Tentu saja ini tidak mudah karena ada elemen keberuntungan dalam mengikuti trend yang benar.

2. Mengatasi Masalah dan Memenuhi Kebutuhan.

Blog ini selalu menganut aliran “Bagaimana” atau “Tips”. Ini tidak hanya tentang tipe blog yang bisa sekedar sukses namun benar-benar akan membuat blog menjadi sukses luar biasa. Saya mempunyai sekitar 30-an blog selama beberapa tahun dan hanya 3 yang sukses dan bertahan dan semua menggunakan pendekatan jenis “Tips”

Pelajaran yang bisa diambil: Jampi-jampi saya adalah “pecahkan masalah yang dihadapi orang karena mereka pasti akan kembali dengan jumlah yang lebih banyak (karena menceritakan ke teman-temannya tentang anda).

3. Menulis Untuk Anda.

Saya memulai ProBlogger dengan berbagai tujuan – salah satunya adalah untuk mengajari saya sendiri bagaimana menjadi blogger yang lebih baik. Selama dua tahun sebelum lahirnya ProBlogger, saya sudah menghasilkan uang dari blog selama setahun -- Itu adalah permulaan petualangan saya dan saya ingin mempelajari lebih jauh tentang blogging.

Banyak dari artikel saya (terutama pada saat awal) memcatat peristiwa yang sedang saya pelajari, meneliti bidang-bidang yang ingin saya ketahui lebih jauh dan hal-hal yang saya tanyakan kepada orang lain untuk mendapatkan share dari pengalaman mereka (supaya kita semua dapat belajar).

Miliki minat alamiah (dalam bidang yang memang disukai) dalam blogging. Karena dari 30 blog yang saya punya selama beberapa tahun, hanya blog yang merupakan minat saya (genuine interest) yang dapat bertahan.

Pelajaran yang bisa diambil. Ngeblog lah tentang topik yang kamu enjoy dan tertarik untuk menulisnya. Tulislah untuk diri kamu sendiri sebanyak untuk orang lain.

4. Blog untuk Jangka Panjang dan Blog Secara Teratur.

Sampai bulan September tahun ini, saya mempublish artikel hampir setiap hari pada blog ini selama 5 tahun (bila berjalan normal sampai bulan September) -- lelah juga bila memikirkannya.

5000 posting sebenarnya adalah jumlah kecil jika dibandingkan dengan beberapa blog lain, namun itu merupakan tanda bagi pembaca bahwa anda di sini untuk jangka panjang dan anda harus bersedia konsisten memberikan konten-konten yang mampu melibatkan mereka.

Sebenarnya ini bukan faktor satu-satunya, namun konsisten pada satu topik untuk jangka panjang akan membuat orang mau tidak mau akan memberikan perhatian khusus kepada anda.

Pelajaran yang bisa diambil. Jika anda menginginkan sukses dalam blogging – mulai stel diri anda untuk proyek jangka panjang.

5. Interaktif

Inilah tempat yang bisa selalu ditingkatkan, saya telah bekerja keras selama beberapa tahun untuk membuat blog menjadi lebih interaktif.
Dapat berupa komentar-komentar (ada 148.294 komentar untuk blog ini), kompetisi/hadiah, poling, group writing projects -- Saya cukup intensif mengajak orang untuk melakukan sesuatu ketika mengunjungi ProBlogger.

Pelajaran yang bisa diambil. Orang tidak hanya datang untuk membaca konten – banyak diantanya ingin berbagi, beriteraksi, dan menjadi bagian darinya.

6. Menjadi diri sendiri

Saya tidak terlalu ahli di bidang ini karena yang saya lakukan hanya menuruti insting dan style saya – namun saya selalu memberi sentuhan pribadi pada blog ini.

Yaitu tentang bagaimana saya menulis dan bagaimana posting video saya, bagaimana saya menggunakan gambar sendiri di blog ini, menceritakan tentang kesalahan-kesalahan yang telah saya lakukan seperti juga menceritakan kesuksesan saya, menulis dengan perasaan (emosi), menampilkan profile yang lebih luas di Twitter dan cerita-cerita yang saya coba masukkan dalam postingan2 saya dari waktu ke waktu.

Orang memberikan response positif untuk hal ini – dugaan saya mereka mungkin akan selalu datang ke blog jika mereka merasa memiliki hubungan dengan seseorang diblog tersebut.

Pelajaran yang bisa dipetik. Jangan takut untuk menceritakan sebenarnya anda melalui blog anda. Orang merasa memiliki hubungan dengan seseorang tidak hanya lewat kata-kata.

Udah itu dulu ya.. nanti disambung lagi..

By -- zam


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (46)

Untuk tips nomor 4 sungguh sangat spektakuler. Yaiut mempublish artikel hampir tiap hari selama 5 tahun. Padahal dia mempunyai 30 blog, walaupun kenyataannya hanya 3 yang sukses dan bertahan.

Saya saja yang hanya mempunyai 2 blog (bisnis dan sepakbola) kadang tidak konsisten dalam posting)

Sungguh dia merupakan inspirator sukses bagaimana mengelola blog dan konsisten dalam posting.

Keep posting selalu Mas Zams, informasinya senantiasa bermanfaat.

Makasih atas terjemahannya. Saya yg gak pandai English jadi bisa ikutan belajar

1 kata: Luar biasa Darren Rowse, yang membuat saya penasaran adalah bagaimana cara dia mendapatkan ide-ide tulisan secepat ituya ya..
Nice info mas

Ricky
Businessman

luar biasa.. tips yang menyegarkan.. mudah2an bisa saiia terapkan kang :) terimakasih :)

Terima kasih terjemahannya, banyak bermanfaat. terutama saya yang masin Newbie. saya tunggu postingan selanjutnya yang masih brhubungan dengan ngeblok biar lebih sukses!

Darren Rowse emang top blogger. Beliau selalu memiliki ide-ide apa dan bagaimana seorang blogger harus blogging dengan profesional.

Btw, nice info mas....Thanks.

Harus Bisa! itu respon yang harusnya saya lontarkan kepada Darren Rowse.

saya suka dengan poin 5 interaktif. betapa Darren berusaha keras menciptakan suasana interaktif dgn model2 yang menyenangkan..

Inspiratif Mas, Dahsyat!

Akan ada sebuah nilai dan pelajaran yang bisa dipetik dari seorang Master.

Namun ingat, kita hanya bisa memiliki seorang Master yang betul-betul bisa mengantarkan pada kesuksesan. Baik itu bisnis maupun bloging. Dia adalah diri kita sendiri.

Percayalah, bila suatu saat Anda menjadi seorang Master. Anda pun akan melahirkan sederet tips kesuksesan yang saya yakin tidak selalu sama persis dengan Master-Master lainnya.

Salam Istimewa!

@Sumartono= iya mas Sumartono ..nggak kebayang bagaimana bisa posting hampir tiap hari selama 5 tahun.. hebat banget itu
@adoven=sama-sama mas.. semoga bermanfaat
@Ricky=memang Darren Rowse luar biasa.. mungkn karena niat yang kuat itu mas Ricky
@genialbutuhsomay=sama-sama kang.. nama blognya keren juga ..
@top 10 google=sama mas..semoga anda juga sukses
@handoko tantra=memang luar biasa mas Handoko..semoga sesukses darren rowse bahkan lebih amien
@fadly muin=betul.. dia memang meMbangun blog dengan komitmen tinggi mas fadly.. saya yakin Mas Fadly bisa..
@Umar Puja Kesuma=klo soal pelajaran hidup.. tidak selalu datang dari seorang master Mas Umar, namun dengan mengetahui bagaimana seseorang berhasil dalam hidupmnya akan lebih menginspirasi kita untuk bisa seperti dia.. hal manusiawi dan wajar..

Pelajaran berharga dari Master blogger..
BTW, yang poin no.2..
Menulis untuk 30 blog setiap hari.. membayangkannya aja pegel..
Sungguh luar biasa..

Ditunggu kelanjutannya :)

sebenernya simple aja. biar blog sukses update aja terus artikel anda setiap hari sesuai kebutuhan pembaca anda.salam kenal. tukeran link yuk. linknya nanti tak taruh atas biar keliatan

@wellson=betul mas wellson ..konsistensi itu mas yang sulit karena berjalan 5 tahun .. benar2 luar biasa..
@online business tutor=memang simple tetapi konsistensi itu suli dalam pelaksanaannya.. boleh mas.. alamat linknya yang mana??

wah... pelajaran baru lagi dari mas Zam. Mantaps!
1. Kita bisa belajar dari Darren
2. Kita jadi tahu... bahwa kemampuan translatornya mas zams bisa diacungi jempol

Salam Sukses.

Nice Artikel...

Salam kenal mas Zams..
mampir ke bakso wolu kalau ke Jogja, jalan glagah sari 95B

nice info....
terimakasih banyak...
jadi pengen lebih konsisten neh...
salam mas...

@arief maulana=terima kasih mas Arief..memang benar setelah membaca kisah seorang blogger sukses seperti Darren, saya jadi tambah yakin bahwa untuk sukses diperlukan satu ketekunan dan komitmen yang tinggi
@baksowolu=salam kenal juga pak.. iya deh kalau ke Yogya terutama kalau ke Jl. Blagahsari mampir ke Warung Baksowolu, boleh didiskon kan.. he..he..
@Berry Devanda=yup saya dukung mas Berry.. mari konsisten..

Postinglah blog secara continue untuk memberikan kredibilitas anda dalam menjadi seorang blogger.salam kunjung balik ya

awalnya sih sakit dulu, baru terakhir tinggal enaknya.

salam kenal

@baitul alim= yup betul sekali mas alim..
@marurat=sepakat mas marurat..memang prinsip yang sederhana tetapi pelaksanaannya itu yang tidak semua orang bisa

wow keren !....benar juga tuh terjemahannya !...akhirnya pengetahuan gue tentang ilmu ngeblog nambah lagi...thanks ya..

@angga chen= terima kasih mas angga bila bermanfaat..

thanks terjemahannya, jadi lebih mudah dibaca.

wah bisa jadi penerjemah neh mas..
luar biasa Darren Rowse Fan, berarti idenya gak putus2 tuh, nyambung terusss...

saya bilang mencari penghasilan lewat blog memang tidak semudah yang dibayangkan. sebagai newbie...saya masih harus terus jungkir balik untuk meningkatkan traffic, meningkatkan pagerank, dan itu bukan usaha satu malam saja.

Benar juga...konsisten merupakan kunci dari pekerjaan ini

wah tipsnya sangat berbobot bagi pemula seperti macam saya. dan salam kenal semunya ! :-)

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

Also known as eczema, this skin condition may appear or worsen during pregnancy.
An individual can develop anywhere from 1 to well over 100 skin tags.
Females and males have the same chance of developing them.


my blog :: wiki.gamecp.com

Perineoplasty (or Perineorrhaphy) has an objective of making
this area look normal by cutting out excess skin and flaccid skin tags.
If you carefully read all of the directions on the package, you can freeze off your skin
tags without feeling any pain and they'll be quickly eliminated. Females and males have the same chance of developing them.

my web blog - cause of skin tags

Post a Comment