Tips Memilih Produk Affiliasi Lanjutan :: Produk Clickbank

39

Posted on : 9:07 PM | By : Zamahsari | In : , ,

Di Indonesia mungkin clickbank belum begitu dikenal luas atau mungkin peminatnya kurang banyak karena baru 1 bulanan ini bisa dinikmati oleh pelaku bisnis online Indonesia terutama oleh newbie seperti saya. Namun sejatinya clickbank menyimpan banyak potensi untuk mendapatkan passive income kalau anda mau belajar dengan serius.

Kembali ke topik: di artikel sebelumnya sudah saya singgung sedikit tentang clue-clue dasar yang harus diketahui dan dipahami untuk memilih produk yang potensial. Nah sekarang mari kita coba menggunakan tool tambahan untuk mengenal betul trend produk yang akan kita pilih menjadi produk affiliasi.


Tool yang saya gunakan dan mungkin sebagian besar para pemain clickbank adalah cb-trends.com. Bagaimana caranya, lihat gambar dibawah ini:

Untuk memilih produk affiliasi, tentu anda harus masuk dulu ke marketplace clickbank dan saya umpamakan anda sudah berada ditempat itu, seperti gambar di bawah ini.



Untuk menganalisa suatu produk clickbank di cb-trend, maka kita harus tahu nama “vendor id” caranya:

1. Coba kita ambil contoh produk no. 10 yaitu RegDefend dan kita klik kanan “create hoplink” sehingga nampak seperti pada gambar.. dan klik “copy link location”
2. Buka cb-trends dan klik “performance tracking” maka akan muncul gambar dibawah ini:





3. Pastekan “link location” pada kotak kecil seperti terilhat di gambar.

Cari tulisan yang ada di dalam kurung dan hapus semuanya sehingga terlihat namanya. Dalam hal ini "vendor id"-nya adalah : REGDEF

4. Klik “ to Get performance trends”
5. Nah disanalah gambar grafik yang menunjukkan trend2 yang harus anda pelajari.


Sebagai bahan pertimbangan maka saya akan menggambarkan secara sederhana gambar grafik di atas:

1. Popularity= Semakin turun berarti semakin popular.
2. Gravity= semakin naik gravitinya berarti produk tersebut berhasil dijual oleh affiliate dan tentu saja semakin ketat persaingannya
3. Earn per sale (%) – semakin naik berarti semakin sedikit barang di kembalikan dan pembeli menunjkkan kepuasannya

4. Referral %= Perbandingan barang yang terjual oleh Referral dan Vendor. Artinya kalau prosentase referral kecil berarti produk tersebut lebih laku dijual oleh pemilik sendiri. Begitu sebaliknya apabila % referral tinggi berarti produk tersebut lebih banyak terjual lewat affiliate. Dalam gambar menunjukkan bahwa %refferral-nya cenderung menurun.

Kesimpulan memilih produlk affiliasi clickbank:

Untuk memilih produk affiliasi clickbank yang potensial maka paling tidak harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

1. Umur produk yang akan dijual (bisa dilihat di atas grafik). Jangan yang terlalu jadul (lebih dari 2 tahun) karena disamping biasanya trend-nya cenderung turun, juga persaingan yang sangat ketat kecuali trend popularitasnya naik terus dan anda menemukan kata kunci yang pas dengan tingkat persaingan yang sedikit.

2. Pilihlahlah grafik popularity yang semakin menurun yang menandakan barang tersebut semakin populer.

3. Gravity-nya usahakan cenderung naik, karena kalau turun terus berarti penjualan lewat affiliasi juga menurun. Dan gravity yang sangat tinggi lebih dari 300 menandakan sudah banyak affiliate yang menjual produk tersebut, sehingga persaingan sangat tinggi. Anda juga bisa melihat potensi produk baru walaupun gravitinya masih rendah.

4. Earned persale, pilih yang cenderung naik karena menandakan konsumen puas dan tidak mengembalikan barang tersebut.

5. Referral%, Cari yang % -nya meningkat dan tinggi, karena menandakan keberhasilan affiliate-nya.

6. Tentu saja dari kelima poin itu harus digabungkan menjadi satu, jarang produk ada produk yang sempurna memenuhi semua kriteria di atas, kalaupun ada biasanya gravitinya sangat tinggi.

7. Anda juga bisa menggunakan cb-analytics.com untuk menambah tools yang akan anda gunakan dalam memilih produk affiliasi clickbank.

8. Setelah itu, gunakan juga google.com, google keyword tool, wordtracker, SEObook untuk membantu mencari dan menemukan persaingan yang sesungguhnya dan tentunya katakunci produk yang akan anda jual.

Suatu saat akan saya bahas bagaimana menemukan dan mencari keywords yang cocok dengan tingkat persaingan yang rendah dengan menggunakan keyword tools di atas..

Walaupun belum mendetail, semoga bermanfaat..

Blog Bisnis Online
Stop dreaming start action


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (39)

hhmmm...., cukup rumit ya....
Kudu baca ulang...

@hade=aslinya gak serumit itu kok mas hade

Ya segera di praktekkan dan mulai mencobanya, :) kalo cuma di plototin aja ya pusing ya mas,, hehe

LEndraAndrian=setuju...

Langsung saya praktekkin aja biar lebih afdol mas...he..he..he..

saya dah coba. tapi saya bingung, setelah berhasil naruh link di website saya, di mana saya bisa tahu link itu mendapat persetujuan clickbank atau vendornya?

@Handoko= ok silahkan mas Handoko
@Satrijoprabowo=login trus masuk di reporting dan analitics, disana anda tahu perkembangan produk apa saja dari clickbank yang mas jual

Baru tahu say mas ada cb analytics seperti google analytics.
trims mas zam info barunya

Lanjutkan, menuju clickbank nih, :D
Thanks infonya, tapi aduh lum sempet mraktekin nih. Ntar aja mampir ke sini lagi hehe.. Pas buat saya yang baru mau menuju clickbank, :)

Mas Zam, aku newbie di dunia online business, cuma aku tertarik banget untuk ngumpulin dollar dari affiliasi. Ada saran gak aku bisa mulai darimana. aku udah cari-cari peluang bisnis tuk m'hasilkan dollar termasuk di blog mas yang keren ini. tapi kok kayaknya rumit semua, ada gak yang agak simple tapi terbukti dan teruji gitu mas. ditunggu sarannya, mas. thx.

wah thanks banget nih,.. infonya akan sangat berguna buat saya yang newbie, dan baru gabung ikutan affiliasi di clickbank
makasih mas Zam..
Salam kenal,

Thanks banget informasinya dan salam kenal

clickbank-ku yg malang sampai saat ini blm pernah dpt duit

mas lalu dimana kita promosiinnya secara gratis? soalnya klo promosi di iklan baris Indonesia pasti gak bakalan laku karena berupa "english"

@Lao li mungkin bisa coba di forum bule coba cek ke http://rahasiaclickbank.101how.com/ ada tips berupa video gratis

blog ini manteb bgt pembahasannya, makasih yaa

This comment has been removed by the author.

tips nya bagus mas, ayo lanjutkan :)

terima kasih untuk infonya yg sangat bermanfaat.

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Sangat membantu saya dalam research.bisa tdk publish cara guna cbengine?

Post a Comment