Mengatasi Masalah Tanpa Masalah : Sukses Berbisnis Online

15

Posted on : 7:14 PM | By : Zamahsari | In : , ,


Banyak orang yang menghasilkan uang dan membangun reputasi dengan cara mengatasi masalah (sebagai problem solver). Dokter mengatasi masalah dengan membantu menyembuhkan pasien, psikiater membantu orang stress (masalah pikiran), pengacara membantu mengatasi masalah hukum, konsultan menawarkan jasa konsultasi dan dukun dapat membantu mengatasai berbagai masalah (hebat euy) dll.

Jadilah orang yang mengatasi masalah dan menawarkan solusi pada orang yang membutuhkan. Bisa gratis atau mbayar. Pada saat masalah ketemu dengan solusi yang jitu dan pas, maka kepercayaan terbangun di antara kedua belah pihak. Sebagian besar orang punya asumsi bahwa:

“apabila dia dapat menyelesaikan masalah saya kali ini pasti akan dapat menyelesaikan lain kali dan apabila dia dapat menyelesaikan masalah saya, pastinya dapat menyelesaikan masalah teman saya juga".


Oleh karena itu akan terjadi koneksi dan hubungan antara kedua belah pihak, seorang problem solver akan menjadi lebih terkenal apabila ia dapat mengatasi banyak masalah untuk orang banyak. Ketika anda dapat membantu mengatasi masalah dengan baik atau bahkan lebih baik dari orang lain, maka otomatis dan pasti, anda akan mendapatkan kredit poin dari orang yang anda bantu itu. Sebagai contoh kecil, apabila anda browsing internet untuk mencari solusi atas masalah anda, situs atau blog manakah yang anda bookmark? Pasti yang memberikan solusi terbaik… Betul?

Sebagai pebisnis online, anda pasti tahu bahwa banyak bersliweran produk yang menawarkan solusi atas masalah. Bahkan lebih gila lagi, solusi lebih banyak dibanding masalahnya itu sendiri. Akhirnya solusi malah menjadi masalah yang harus diselesaikan. He..he..

Akibatnya, seorang problem solver malah yang mengejar masalah, ibarat seorang dokter yang mengejar pasien, pengacara mengejar orang bermasalah hukum dan psikolog mengejar orang edan dan orang stress serta internet marketer mengejar ………….., namun anda sebagai internet marketer bagaimanakah harus bersikap? Menghindari cara itu atau menirunya?
Tentu saja anda harus meniru karena masih ada ruang dimana anda harus menjadi solusi atas masalah dengan cara yang lebih elegan, lebih spesifik dan lebih bergaya.

Bagaimana caranya:
Identifikasikan masalah yang dihadapi konsumen. Galilah informasi dari forum-forum bisnis, blog bisnis, website, social bookmark dll dimana berkumpul banyak orang mendiskusikan masalah dan berintaraksi satu sama lain. Kenalilah masalah mereka lebih dari apa yang orang lain lakukan. Memberikan feedback dengan solusi yang jitu dan up to date. Cari tahu apa yang mereka butuhkan dan ternyata belum tersedia jawabannya. Setelah itu, ciptakanlah solusi yang bisa menutupi kekurangan solusi lain (memiliki nilai tambah) atau dengan kata lain satu solusi dengan jurus yang benar-benar berbeda dari yang sudah ada atau paling tidak mengkombinasikan jurus-jurus yang sudah ada. Jadilah orang yang berani dan kreatif.

Cobalah menggunakan pendekatan yang lebih fleksibel dan raihlah konsumen yang lebih spesifik seperti menggunakan blog dengan topik tertentu.

Terapkan pada blog anda…masalah apa yang dihadapi pembaca anda sekarang ini? Apakah anda sudah memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi dengan konten blog anda? Kita tahu memang solusi sudah banyak di luar sana, maka ciptakan solusi yang lebih baik dan kreatif supaya dapat meraih audience anda.

Ingatlah kawan…. Nobody’s perfect. Tidak ada orang yang dapat menyelesaikan semua masalah untuk setiap orang. Semua solusi mempunyai kelemahan karena konsumen selalu berkembang. Semua orang pasti tengok kanan kiri karena kadang bosan dengan yang itu-itu saja. Satu hal yang pasti bahwa dengan memahami masalah dan mencari solusi yang tepat dapat memastikan anda mencetak gol dan memenagkan pertandingan merebut hati konsumen.

Zamahsari
Blog Bisnis Online

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (15)

Salah satu keunikan manusia adalah menciptakan masalah, namun disisi lain juga mampu menyelesaikan masalah. Maka itulah kita harus pandai-pandai menyikapinya, agar sebisa mungkin tidak hanya mampu menyelesaikan masalah sendiri namun juga bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi orang lain, dan ini banyak jalannya. Seperti Mas Zam, dengan menjadi wiraswasta maka akan punya potensi menciptakan lapangan pekerjaan yang notabene menyelesaikan masalah orang lain dari pengangguran.

Ide yang bagus Mas Zam...

Berarti setiap IM harus bisa jadi konsultan nih. Hmmmm...jadi PR besar nih !
But, sistem getok tularnya itu yang saya suka. Mantaps kalau terlaksana.

pokoknya, jangan sembarangan kasih solusi
Jangan sampai menciptakan bumerang, hehehe...

"solusi malah menjadi masalah yang harus diselesaikan". Kalimat yang unik, tapi memang itulah kenyataan yang ada sekarang.

Banyak orang menciptakan suatu masalah karena punya solusi untuk dikomersilkan, salah satu penyebab kenapa fenomena ini bisa terjadi adalah persaingan yang sudah semakin ketat sekarang ini. Sehingga orang orang yang mempunyai solusi atas suatu hal dituntut untuk menciptakan masalahnya juga, agar solusi tersebut bisa berguna.

Untuk bisnis internet saya rasa mas zams adalah teman yang tepat untuk mengatasi masalah SEO.

-salam spektakuler-

@sumartono=terima kasih mas sumar.. sebenarnya itu udah diajarin dalam agama bahwa sebaik manusia adalah ayng berguna bagi orang lain salah satunya adalah membantu menyelesaikan masalah orang.
@Umarpujakesuma= betul itu mas umar. Jangan malah menciptakan persoalan baru , tambah berabe nanti
@Ricky= karena ketatnya persaingan maka yang seharusnya menyelesaikan masalah malah bermasalah dengan siapa yang mau jadi pasiennya...he..he..

Motivasi yang sangat berguna...salam sukses :) .

masalah / kasus mungkin kata atau situasi yang cenderung di hindari dan ingin cepat diselesaikan. tapi sampai kapanpun, masalah akan selalu ada dan duduk manis di pelukan kita.

solusinya adalah berkawan dengan masalah itu sendiri. karena dengan masalahlah kita menjadi lebih dewasa, bijaksana dan tenang dalam menyikapi probelam hidup.

Sukses untuk anda dan keluarga mas Zam

Fadly Muin = Blog Motivasi Mental =

Kirain mau bahas pegadaian, tahunya bahsa "hakekat"nya yang justru lebih bermanfaat.

Ide penulisan yang sangat baik, pasti sekelebat lewat langsung dapat ide nih..... :-)

Memang masalah datang lebih dulu ya

berani hidup, berani pula menghadapi masalah..hidup ini memang masalah, tapi di detiap masalah pasti ada hikmah dan pembelajaran yang akan membuat kita menjadai lebih baik dari sebelumnnya...

salam sukses selalu mas

betul, karena itu bila kita bertemu masalah, kita harus senang, bukan kesal.

Yang namanya masalah mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi tetap menghinggapi semua manusia, tapi benar yang dikatakan mas Fadly Muin, kita jangan menghindari masalah tapi bagaimana kita menyelesaikan masalah dengan bijak.

Sukses selalu mas = kita mau pasti kita bisa

Well... IM emang kudu bisa jadi konsultan. Namun yg perlu diperhatikan adalah hati2. Jebakan ketika sudah banyak orang konsultasi adalah merasa hebat.

Saat itu terjadi biasanya semangat untuk self upgrading enjadi turun. Dan akhirnya kualitas tidak bisa dipertahankan.

Salam sukses

Yup mas sangat yahud, yang penting jangan sampai lupa diri bila sudah jadi Marketer solution, terus melupakan hal hal kecil, karena kita bisa besar dan sukses karena bermula dari hal yang kecil, salam sukses Mas zam

@bang arie= sama2 bang
@blog motivasi=semoga dengan berbagai masalah maka kita jadi lebih bjkasana dalam memutuskan, salam sukses dan salam untuk keluarga juga
@hade= ide awalny adalah problem solver mas..
@dadang firdaus=maksudnya gimana ya mas?
@yanuar=yup.. semoga dapat menjadi orang yang selalu mawas diri dan belajar dari penglaman
@website gratis=asal masalahnya memang gak bikin kesal ya mas. tapi ya jangan sering2 bermasalah, he..he..
@jamal=sip akur mas..
@BMA=mudah2an itu nggak terjadi mas..
@BBM= sukses selalu mas muklis. Terima kasih mengingatkan

oke

Post a Comment