Tahukah ranking web anda di Search Engine…?

29

Posted on : 12:09 PM | By : Zamahsari | In :


Bagi anda yang menggeluti bisnis online, kata seach engine pastilah tidak asing lagi. Banyak teori, tutorial dan kursus untuk mempelajari trik dan tips supaya mendapatkan rangking #1 atau paling tidak di halaman pertama di Search Engine. Inilah yang kemudian sering dikatakan dengan Search Engine Optimization (SEO). Seberapa pentingkah, sampai-sampai para internet marketer berebut untuk mendapatkan posisi tersebut? Bahkan banyak juga yang memakai cara illegal, cara yang tidak sesuai dengan guideline-nya paman google.


Dari awal sejarah internet, tantangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung potensial ke situs kita, istilah internetnya trafik, dan salah satu cara yang diyakini sangat ampuh adalah melalui search engine. Fakta menunjukkan bahwa 90% para pengguna internet mencari data melaui search engine.
LOKASI….ya kata inilah yang mungkin tepat menggambarkan peran SE untuk mendapatkan trafik. Sama seperti bisnis offline, lokasi merupakan hal yang sangat penting. Bagaimana toko anda akan maju kalau berada di tengah kampung yang jarang dilalui orang. Maka carilah lokasi yang ramai, kalau bisa dikerumunan orang, seperti di pasar atau di pinggir jalan raya. Kalau sudah, berarti anda dalam track yang benar untuk meraih sukses di bisnis ini.

Berilkut beberapa yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan Search Engine:
1. Konten, konten dan konten…
Artikel yang menarik, berbobot dan efektif adalah faktor penentu yang akan diindex oleh search engine. Dengan pemahaman sempurna, bahasa yang baik, dan sebisa mungkin disertai dengan bukti nyata, serta tetap fokus pada target market, anda dapat mengangkat web anda dari posisi degradasi menuju posisi scudetto. (seperti liga Itali aja he..he..he..)
2. Analisa web anda.
Banyak yang mengatakan bahwa web-optimization bukan sekedar ilmu pengetahuan tapi seni. Anda harus melakukan pendekatan khusus untuk mendapatkan hasil maksimal dari usaha anda. Lihatlah statistic web anda dan buatlah suatu analisa. Banyak situs yang menyediakan layanan ini, namun cara yang paling mudah adalah dengan melihat jumlah pengunjung dan apa yang mereka baca di web anda. Oleh karena itu, semua hanya sebatas teori sampai dapat dibuktikan dengan hasil yang anda peroleh lewat catatan statistik pengunjung anda.
3. Tidak ada yang bisa menjamin web anda pada posisi #1 di google maupun di search engine lain.
Kita banyak mendengar tentang janji-janji dari beberapa iklan layanan yang akan mengoptimalkan web anda dan menempatkannya pada rangking teratas. Namun hati-hati, kadang-kadang mereka hanya menginginkan uang anda, setelah uang ditangan mereka akan pergi.
4. Hal bodoh yang sebaiknya tidak dilakukan
Anda tidaklah perlu men-submit ke 50.000 search engines. Karena data menunjukkan bahwa 85% search result (hasil pencarian) datang hanya dari satu search engine, maka sudahkan anda terdaftar di web tersebut? Dan lebih dari 90% trafik itu didapat dari 4 top search engines. Jadi anda hanya mendapatkan segelintir trafik dari selain search engine di atas. Don’t waste your time…!!!
5. SEO lain dengan PPC
Memang.. tidak ada yang meragukan bahwa PPC (pay per click) merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan trafik dan penjualan. Tatapi, kenyataannya bahwa conversion rate-nya (perbandingan antara jumlah pembeli dengan jumlah klik) rendah. Dan pengunjung berhenti tepat pada saat pulsa anda habis.
Namun, dengan mengoptimalkan search engine, pelan namun pasti, trafik anda akan mengalir dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.
6. SEO bukanlah sihir, sulap dan magic
SEO tidak butuh yang namanya sesaji, bakar kemenyan, kembang setaman dll…ia tidak memiliki rahasia kecuali sudah diungkapkan dan diceritakan.
Sesuatu paling mendasar bahwa semua tentang internet bisa anda dapatkan dan pelajari dari internet juga. Tugas anda… hanya mempelajari secara mendalam hal-hal teknis dan mendasar untuk memperoleh pengetahuan komplet tantang SEO.
7. Ingat kata bijak,”If it sounds too good to be true, it probably is.”
Tidak ada yang lebih benar kecuali kenyataan. Hasil SEO yang nyata selalu datang dari pemikiran dan langkah cerdas sebab internet merupakan media dengan tingkat kompetisi yang sangat tinggi. Semua orang ingin munjadi nomor satu…Maka lakukan yang menurut anda paling benar dan praktekkan, evaluasi dll.
8. Hal yang perlu direnungkan.
Pertaruhan, harga diri dan mungkin juga reputasi anda atau apapun namanya adalah dasar mengapa anda berbisnis online dan membuat web. OKI, mengetahui dengan pasti strategi dan langkah apa yang anda gunakan adalah sangat dan sangat penting. Jika anda nampak kurang mengerti dan belum tahu, cari jawabannya… Sangatlah baik jika anda tahu bahwa anda telah mengambil langkah awal yang benar untuk mencapai tujuan bisnis anda.

Bagaimana ada usulan lain.. silahkan memberi tambahan, bisa jadi ide anda sangat membantu mengoptimalkan SE web kita.

Zamhsari – Stop Dreaming Start Action

Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (29)

salam kenal aja deh ...

Salam kenal juga..

Yng penting konsisten aja postingnya... dan bidik kata kunci yg as

http://ariefmaulana.com/pengembangan-diri/pentingnya-pengembangan-diri

Iya dong mas posting tetep jalan

Alhamdulillah lho dan gak nyangka blog saya ada di rank 3 (Google), pdhal baru setahun saya bikin, mungkin krn rajin update dan ada kata2 kunci yg sering dicari orang di Google. Sedangkan yg dot com ada di rank 1, krn memang baru akhir2 ini saya bikin. BTW thx for visiting ya.. :-)

sama2 mbak

Siip Saya suka informsinya Mas..Sistematika tulisannya udah bagus Mas. Yang baca juga enjoy..Keep Bloging Mas!!

Sama-sama mas

Kurang sependapat mas yang PPC untuk SEO (point 5).
PPC efektif atau tidak tergantung dari magicnya kata-kata yang kita pakai. Kalau terlalu umum, orang akan malas mengklik.

Jadi harus unik dan tepat sasaran.
Saya dulu keburu berhenti di AB - Internet Marketing School (ngga kuat bayar SPP), padahal materi berikutnya adalah menciptakan kata kunci yg magis dalam PPC / Adwords.

Salam Sukses

BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success
PELUANG BISNIS - Pilih, Registrasi, dan Mulai Bisnis Anda Saat Ini Juga

Ulasannya sangat bagus bos

@mas arief=PPC memang efektif untuk mendapatkan pengunjung apalagi bila dapat menyusun kata2 yang provokatif. Namun, biasanya terhenti setelah melihat situs webmaster..karena niatnya kurang fokus, hanya sekedar ingin tahu, penasaran dll.berbeda dengan SE yang ia tulis sendiri keywordnya, kemungkinan besar memang tertarik untuk masuk menjadi member dan sedang cari informasi.. Ini bedasar pengamatan dan komen yang masuk di blog pak joko. BTW..sukses untuk mas arief
@visa paycard=terima kasih mas, sama-sama belajar.. sukses selalu untuk mas

tolong ajari saya sukses

@mas rudy=ok, tapi tentang apa ya.. klo tentang blog, mas bisa ketik tutorial blog di google lalu klik.. tinggal pilih yg mana .. selamat belajar semoga sukses

SALAM KENAL MAS

@kenal juga mas sukese untuk mas

makasih mas
artikelnya keren abis

Artikel yang bagus mas, dan betul sekali bahwa ada yang bilang SEO adalah suatu seni bukan ilmu..

@ibnu= thanks ya. udah berkunjung..
@rikcy nova= Iya mas, kita harus mempertajam naluri agar ranking bisa naik cepat

Wach...bagus banget mas.
Saya blajar bikin blog tapi msih gaptek banget, info ini sangat membantu saya.
Oya mas, saya suka dengan desain blognya. Bleh tau cara bikinnya gak..?
Hehehehe....
Makasi.

oke tu artikelnya..
penulisanya jg mengena buat newbie ky aku..
perlu banyak belajar neh dari mas...

salm knl ya mas...

@blog dapat duit=mas andhie terima kasih kunjungannya. Template saya dapat secara gak sengaja waktu googling dengan keyword 3 template rounders blogspot. Tapi lupa webnya apa, yang jelas dari luar..

coba dong kasih ilmu yang detail yang gratis cara mudah ada di mesin pencari google, ga pertama jg gpp asal di halaman pertama

Muhammad Ogie Nugraha=Postingan berikutnya, blog ini akan bahas soal itu juga mas.. sabar ya.. terima kasih kunjungannya

salam kenal boz....
bagi2 donk ilmunya blognya mantep

mantap mas ulasannya, buat kita ny newbie..tks infonya ..

Kalau menurut saya SE lebih powerfull di banding PPC..karena menurut pengalaman saya closing penjualan dari SE lebih tinggi di banding dari PPC..Mksh

Bos, thanks atas tips nya. blog saya sudah lama ditelantarkan tidak di isi dan diurus. Padahal SEO nya menempati halaman pertama kadang di baris kedua. Entah apa yang menyebabkan itu, padahal dulu perasaan tidak mendaftarkan ke mana-mana. Ohya, kini baru sadar setelah turun 3/10 dari 4/10 karena jangan ditulis, saya tertarik untuk mengoptimalkan dan mencoba belajar bisnis...
sekali lagi thanks bro.

balajar dan belajar...

mantapbos postingaannya, ane jadi nambah ilmu nei

Post a Comment