Perlukah memberi suntuhan industri pada blog dan bisnis online anda?

14

Posted on : 10:09 AM | By : Zamahsari | In : ,


Anda mungkin tidak pernah membayangkan bagaimana kehidupan anda tanpa fasilitas sepeda motor, mobil, kereta api, kapal terbang, komputer dan internet, pakaian dan lain-lain. Mungkin anda juga tidak pernah membayangkan hidup tanpa berita baik dari TV, koran, radio dan internet. Atau bahkan anda hidup tanpa tontonan olahraga kelas dunia seperti sepakbola, bola basket, tinju dan otomotif. Namun, kenyataannya sekarang anda bersentuhan dan bahkan mengenal dengan akrab sampai-sampai tokoh olahraga anda seperti layaknya saudara.

Pernahkan anda mencari jawaban mengapa mesin pencari google dengan spider dan crawler-nya yang canggih mampu meninggalkan Yahoo yang lebih dulu berdiri…

Serta bagaimana bisnis ayam goreng Amerika merajai dunia ala McDonald dan KFC sampai-sampai berjibun gerobak dorong dan warung makan menjajakan ayam goreng mirip KFC.

Baiklah, semua fasilitas yang anda rasakan sekarang adalah buah dari karya seseorang yang kemudian dikonversikan menjadi sebuah industri. Baik itu industri manufaktur seperti mobil dan sepeda motor; industri primer seperti pertanian dan pertambangan; dan industri jasa seperti: seperti jasa transportasi, rumah sakit dan informasi


Namun, sebelum melangkah lebih jauh perlu anda pahami dulu arti yang sebenarnya mengenai industri, sekedar memberikan gambaran mendasar.

Pengertian industri secara umum adalah segala usaha yang bertumpu pada produksi sekala besar yang dilakukan secara mekanik (lebih canggih lagi saat ini juga dibantu dengan keberadaan robot-robot dan komputer) dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi, menekan biaya produksi dan mempercepat proses produksi. (Sumber: klik sini--- free translation). Jadi kesimpulannya industri mempunyai kaitan yang sangat dengan usaha professional untuk menghasilkan laba atau duit dengan cara-cara yang efektif dan efisien. Saya yakin anda sudah tahu dan paham perbedaan efektif dan efisien. Efektif berkaitan dengan ketepatan dan efisien berkaitan dengan low cost, ibarat anda menembak burung: anda perlu jitu (sbg efektif) dan satu peluru (sebagai efisien): klo menghabiskan peluru berarti anda boros perlu latihan lagi friend!!!

Oleh karena itu apakah perlu dan bagaimana caranya memberikan sentuhan industri pada bisnis internet anda dan khususnya pada blog anda, agar blog anda menjadi kegiatan yang sangat efektif dan efisien?

Untuk menjawab perlu atau tidak, ada baiknya anda membaca gambaran 3 kelompok blog yang salah satunya mungkin mewakili anda:

1. Gaya seorang seniman sejati:
“Kenapa blog harus dikaitkan dengan industri?” Begitulah kira-kira kelompok ini balik bertanya. “Blog adalah situs personal yang sangat identik dan khas sesuai dengan pemiliknya. Blogku adalah gue banget gitu loh.. tidak mungkinlah harus repot-repot dijadikan industri, klo memang rejeki uang pasti datang sendiri. Yang paling penting saya puas dan soal uang itu urusan nanti. Seandainya ada yang beli syukur, klo nggak bukan rejeki kali ya”.

Atau bahkan tujuannya membuat blog adalah sarana untuk meluapkan dan mencurahkan segala isi hati seperti seorang pelukis professional yang mencoretkan cat minyak ke dalam kanvasnya. Setelah lukisannya jadi, dia kadang malah tidak mau menjualnya.
Ciri-ciri kelompok ini adalah blognya tidak memiliki unsur iklan sedikitpun, sangat perfeksionis dan jarang mereply komentar pengunjung kecuali mau dan good mood.

2. Gaya Pebisnis Konvensional
Kelompok ini menyebutkan bahwa blognya adalah untuk tujuan berbisnis atau mendukung bisnisnya (meskipun kadang-kadang mengatakan blog bukanlah untuk cari uang). Namun, blognya dihiasi dengan berbagai iklan, link afiliasi dan kerjasama lain dengan kelompok tertentu. Bahkan kadang-kadang saking semangatnya, hampir seluruh isi blognya adalah iklan, seperti portal iklan baris atau PPC.
Gaya kelompok ini yang paling menonjol adalah semua pekerjaan dari A sampai Z ditangani sendirian mulai dari mensetting blog, menulis artikel, menjawab komentar, meng-edit-blog, beriklan dll.
Ciri-ciri kelompok ini adalah blognya libur kalau pengelolanya sedang libur karena berbagai macam alasan. Kalau misalnya pemilik pergi Haji, bisa-bisa blognya juga libur 2 bulan. He..he..

3. Gaya Pebisnis Modern
Kelompok ini menyadari bahwa blog adalah situs pribadi, namun ia sangat yakin bahwa blog bisa disentuh dengan industri. Ia mencontohkan: bagaimana seorang artis atau pemain sepakbola yang sangat individual bisa menjadi bagian dari industri. Apakah si artis atau pemain melakukan sendiri mengurusi semua kegiatannya? Cape’ deh…Tentu saja tikdak. Ia akan hire seorang manajer artis, manajer pemain sepakbola yang mengurusi semua kegiatan artis mulai promosi, kontrak, mengatur jadwal, kerjasama, press converence dll.
Lantas dimanakah peran si artis dan pemain bola? Pastilah urusan dan kegiatan yang tidak bisa ditangani oleh orang lain, misalnya: menyanyi, main sinetron, tanda tangan kontrak dan tentunya main bola untuk pemain bola.

Begitu juga dengan blog: bahwa tidak semua yang berkaitan dengan blog harus ditangani sendirian, misalnya:
a. kegiatan promosi: seandainya gratis, promosi bisa dilakukan oleh istri, adik, kakak, atau orang lain dengan software iklan masal. Sedangkan kalau tidak mau repot bayar jasa iklan melalui PPC, atau iklan baris atau membayar jasa typist.
b. Menyerahkan kepada ahlinya hal-hal yang berkaitan dengan SEO, link building, meta tag keyword dan lainnya. Tidak ketinggalan juga urusan tentang template, lay out, thema, domain dan hosting.

Tugas seorang blogger pada kelompok ini adalah menentukan arah blognya dengan membidik satu niche tertentu, menentukan judul dan topik blog. Di samping itu, yang paling utama adalah membuat sekualitas mungkin artikel-artikel yang akan diposting dalam blognya serta mnejawab berbagai komentar yang masuk (bisa juga diwakili oleh orang lain). Kelompok ini adalah pengambil peran sebagai pengusaha atau netpreuner modern.

Itulah gambaran sederhana tentang kelompok blog, dimana sangat mungkin ada tambahan kriteria yang tidak saya sebutkan. Seperti: kelompok abu-abu yaitu antara kelompok 2 dan 3, oleh karena itu, silahkan… anda bisa menambahkan sendiri.

Diantara ketiga kelompok tersebut manakah yang lebih sukses? 1 atau 2 atau 3. Dan kalau berhasil, bagaimana dengan perkembangannya? Inilah tugas anda menjawabnya…

Namun menurut saya:
Kelompok satu bisa jadi berhasil ketika ia mampu mengupgrade diri selevel dengan pakar dan ahli. Lihatlah Dosh dosh yang memiliki 10.000 subscribers, padahal didapatkan tanpa: promosi, feedcount, guest posting, blog carnival, iklan, insentif, dan posting yang teratur. Penekanan pada kelompok ini adalah = Content is the King

Kelompok kedua bisa berhasil jika rajin berpromosi, mengupgrade diri dan belajar baik otodidak maupun dengan konsultasi teman atau orang lain. Dan tidak lupa juga konten yang menarik dan fresh secara kontinyu. Contoh: Blog Bisnis Online

Kelompok ketiga bisa berhasil apabila diorganisasikan dan diatur oleh seorang professional dan dengan cara yang professional. Contoh yang mengadopsi sistem ini adalah blog kampanye presiden Barrack Obama—yes, we can…

Sejujurnya saya katakana bahwa kelompok tiga yang dikelola dengan professional akan memberikan output yang lebih menjanjikan daripada kelompok yang lain. Tidak ada salahnya kalau dimulai dari step yang ke-2 namun dengan mind set kelompok ke-3.

Pertanyaannya adalah, di kelompok manakah kiranya posisi blog dan bisnis internet anda sekarang? Ingatlah..! Your blog is fully under your control.

Good Bless You and Wish You Luck

Zamahsari – Secrets making easy money


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (14)

Penting ya mas mengetahui kita sedang berada di kelompok mana?
Btw, artikelnya hebat. Semakin lama semakin berbobot dan bermanfaat buat para pembaca. Selalu ada inspirasi buat saya setiap berkunjung ke sini. Thanks mas Zams, blogwalking anda sepertinya sukses.

terima kasih pak guru..sukses buat anda

Mantebs tenan neh postingnya.
Mas, makasih ya atas sarannya bikin chat box. Pusing mas, masih banyak PR di blogku. Read more, reply coment, chat box, klik disini. Jujur nihh,.. tanpa malu, saya belum nyoba, Maklum mas, kadang kerja pulang malam, lelah deh.
Oh ya ada posting baru (biasa seminggu sekali) bikinnya megap-megap.

@mas sumartono= benturan dengan kerjaan offline memang tak bisa dihindarkan. tapi saya dukung mas sumartono untuk tetap action.. upaya sekecil apapun pasti mendekatkan ke kesuksesan..

Blog saya sih di kelompok II dan akan tetap bertahan disana, terutama dalam hal pengelolaan.
(kalau iklan, lihat sikon, sebentar lagi pun saya akan mengubah kembali konsep blog).

Kenapa? Blog yg saya bangun membawa misi utama branding dan misi sampingan meningkatkan traffic. Salah sedikit saja dalam pengelolaan, maka branding yg susah payah dibangun akan hancur seketika.

Sebagai contoh, lihatlah blog www.RomiSatriaWahono.net. Meski sepopuler apapun, tetap saja pengelolaannya ditangani sendiri.

Dan sepakat dengan kata-kata mashengky, blog lebih baik dijadikan support daripada dijadikan inti bisnis.

Salam sukses,
BLOG MOTIVASI ARIEF - Support Your Success

MASTER ADSENSE - The Secret Ways To Play Google Adsense

@mas arief= itu memang tergantung pada tujuan awal kita membuat blog mas. Ada yang personal branding dan ada yang blog branding.

Lebih baik blog untuk unduk mendukung web bisnis kita...gak narsis juga tapi tetap bermanfaat buat pengunjung lain.

Salam...

AGunawanika.com

memang tergantung tujuan awal kita membangun blog. blog juga cerminan siapa pemiliknya kan?

Kalau saya mau jadi "Pujangga Cyber" berarti harus ke kelompok satu ya Mas.. :) Tulisannya semakin menarik euy..

Met malam kang,
Kang jadi bingung deh blogku masuk kategori yang mana ya, memang semua berusaha saya kerjakan sendiri sih selain pingin tahu dan belajar so juga tentunya pangin lebih bagus, yang terakhir ini benar ga ya kang ngirit hik...hik, kang blog dah tak bengkel tadi, coba di liatin juga ada artikel baru untuk di kritik,
maturnuwun, makin mantep kang blog sampean, salam sukses ya, oh kang ceper belah mana sih, dulu saya pkl di batu ceper lho.

hebaat ni mas postingannya..salam sukses selalu mas zam

Mas Zam, silahkan bekunjung DISINI, anda mendapat AWARD Akhir Tahun...selamat yaa...

salam...

@mas agung J= boleh juga tuh idenya, semoga sukses selalu..
@mas adi= yup betul sekali, tujuan dan niat awal...sukses buat mas adi
@mas wawan=ya boleh juga tuh, klo memang udah mantap, why not.. Sukses selalu ya..
@mas muklis=tujuan mas muklis harus ada, saat pertama bikin blog.. oh ya mas muklis kerja di PT apa dulu, aku pernah di Baja Kurnia Batur lho..
@mas yanuar= terima kasih mas anda juga hebat dan saya juga belajar dari mas yanuar.
@mas agung= PR..ya.. yang sabar ya nunggu jawabannya..

Jika anda ingin berbisnis online sperti AA GYM yang syah, legal, berbadan hukum negara..disini jawabannya!

Post a Comment