Jadikan Kesabaran sebagai Penolong Kesuksesan dalam Bisnis Online

24

Posted on : 10:26 PM | By : Zamahsari | In : ,


Kalau anda sedang membaca artikel ini, tolong bacalah dengan teliti, tenang dan sabar supaya anda mendapatkan kredit poin yang mudah-mudahan membantu anda dalam berbisnis online di masa mendatang.

Di penghujung tahun 2008 ini ada baiknya kalau kita coba merenungkan apa yang telah kita kerjakan untuk bisnis online dan prestasi apa yang telah kita hasilkan. Dan berapa persen rencana anda yang teralisasi sampai detik ini?

Meskipun barangkali belum sepenuhnya mencapai target yang diinginkan, tetap ucapkanlah syukur kepada Allah SWT atas kesempatan dan umur yang telah diberikan sampai saat ini.

Ada satu kata kuno namun bagi saya masih sangat relevan sampai sekarang: kata yang harus selalu dilibatkan di setiap gerak kita terutama dalam berbisnis online. Tidak lain yaitu kesabaran. Menurut saya pribadi, kata ini mudah diucapkan, namun realitanya… sulit dipraktekkan karena sabar melibatkan perasaan, logika dan pengendalian diri. Sabar bukanlah pasrah atas nasib tanpa melakukan upaya yang maksimal.


Menurut Agama Islam yang saya anut, sabar sedikitnya mencakup 3 tahapan, yaitu:



1. Sabar adalah bertahan dengan kondisi yang tidak mengenakkan.
Dalam Bahasa Arab artinya Imsak yang berarti menahan. Anda pasti sudah akrab dengan kata imsak pada bulan Ramadhan, bukan? Ingatlah bahwa setelah imsak anda harus menahan diri dari makan, minum dan hal-hal yang membatalkan puasa.

Demikian juga dengan bisnis online, setelah sekian lama anda terjun dan menekuni bisnis ini, saya yakin bahwa tidak semua yang anda rencanakan dan inginkan berhasil anda raih. Ada kalanya anda hanya mendapatkan kurang dari 50 % target anda atau bahkan lebih buruk. Anda tentu masih ingat bagaimana susahnya membangun bisnis online dan blog, karena alasan teknis maupun non teknis. Bagaimana anda bersusah payah menghasilkan posting yang berkualitas yang berujung pada kepuasan para pengunjung yang mampir ke blog anda. It’s really a hard work. Lebih-lebih bagaimana sulitnya menciptakan image yang positif kepada para pembaca, yang berakhir pada perolehan kepercayaan.

Disinilah sabar mengambil peran yang amat penting dalam menjaga stabilitas pikiran dan emosi anda. Ia mampu menjadi penasehat ulung bahkan di saat anda sedang kritis.

Percayalah teman sabar tidak ada batasnya…!!

2. Sabar adalah konsistensi
Ini adalah tahapan yang lebih sulit dari tahapan pertama. Bagaimana anda melakukan pekerjaan anda sebagai pebisnis online dengan tekun dan disiplin atau dengan kata lain istiqomah. Sikap cepat bosan dan tergesa untuk segera berhasil akan segera membuat anda putus asa karena tanpa didasari kapabilitas yang cukup. Menurut saya keberhasilan tidak diukuran seberapa cepat atau lambat anda dalam belajar.

Anda tentu tahu bahwa keberhasilan bayi untuk bisa berjalan dan berbicara berbeda-beda. Ada yang umurnya kurang dari satu tahun dan ada yang lebih dari satu tahun bahkan dua tahun lebih. Namun toh pada akhirnya mereka bisa dan sanggup melakukannya.

Namun, tidak ada jaminan setelah sama-sama dewasa nanti bahwa bayi yang bisa berjalan setelah umur dua tahun kalah sprint atau maraton dengan mereka yang bisa berjalan lebih cepat.

Oleh karena itu, janganlah pesimis bagi anda yang baru memulai bisnis ini dan jangan ragu untuk melangkah. 1-2-3 tahun lagi, who knows?

3. Sabar melahirkan determinasi
Setelah dua tahapan di atas yaitu anda mampu bertahan dalam keadaan sulit dan mampu mempertahankan konsistensi dalam pekerjaan anda sebagai internet marketer, maka tahapan yang sangat penting selanjutnya adalah determinasi.

Dalam kamus Inggris Merriam-Webster’s 11th collegiate dictionary, determination is: a. the act of deciding definitely and firmly; also : the result of such an act of decision b : firm or fixed intention to achieve a desired end. Intinya adalah kemampuan untuk mengambil keputusan cepat dan cerdas.

Namun, bagaimana mungkin anda bisa mengambil keputusan tepat dan cerdas apabila anda tidak bisa melewati 2 tahapan sebelumnya. Tahapan yang menjadi syarat mutlak yang akan mengantarkan anda menuju keberhasilan dan kesuksesan.

Banyak contoh dari internet marketer yang dapat mendapatkan uang dari bisnis online dengan cepat sementara sebagian yang lain merasa sulit dan berat. Karena apa? Mereka tahu atau tidak tahu caranya…

Maka benar adanya ayat Al-Qur’an surat Al Baqarah 153: Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
Sekarang saatnya bercermin untuk merefleksikan diri… seberapa sabarkah kita dalam menjalani hidup terutama berbisnis online?

Saya minta maaf, apabila dalam artikel ini sedikit banyak mengulas arti kesabaran dalam sudut pandang Agama Islam, namun mudah-mudahan bermanfaat bagi siapa saja yang membaca tanpa melihat status tersebut.

Zamahsari


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (24)

Artikel pencerahan yang mengingatkan..Ada yang kurang Mas "sesungguhnya dibalik kesusahan itu ada kemudahan"..

Mas Mohon izin..apakah boleh komen-nya saya jadikan kalimat sisipan sebagai artikel revisi Mas? Saya tunggu jawabannya..

Maksudnya koment di artikel terahkir blog saya :

Klo saya belajar merangkai kata yang lebih serius adalah dari terjemah mas. Di situ saya dituntut tidak hanya membuat saya paham tapi juga orang lain. Memang melelahkan tapi terjemah banyak memerikan hal-hal baru termasuk kosa kata dan ide2.

@mas wawan=boleh saja nggak apa-apa, malah terima kasih...thanks juga masukannya, betul itu..sukses buat mas wawan

Waaah, iya menarik. Kita diingatkan lagi. Tentunya, kesabaran ini juga diperlukan tak hanya berbisnis online. Namun, dalam setiap aktivitas kehidupan kita. Wuuuiihh, blagu banget ya hehehe.

Yup, saya juga sepakat. Setelah sabar, kita pun harus yakin dengan janji Allah yang telah dinash dalam Surat Al Insyrah tsb. "Sesungguhnya di balik kesulitan ada kemudahan."

Lam kenal, dan smoga skses slalu menyertai kita, amin.

betul mas, semua aktivitas kehidupan..
Terima kasih masukannya..

Bener banget keasabaran adalah kunci sukses dalam berbisnis di internet.

Inilah enaknya baca postingnya mas Zams, laksana sedang tauziah.
Mas, saya ada saran nih. Kalau Mas Umar kan mottonya Blog Bisnis Guru. Kalau mas Zams bagaimana mottonya menjadi "Blog Bisnis Tauziah".
Ini serius lho mas, karena Nabi Muhamad SAW juga seorang bisnisman. Mas Zams dasar agamanya bagus, pengetahuan bisnisnya juga oye. Biar kita selalu dapat pencerah hati, mas.

@taktiku= betul sekali dan terima kasih kunjungannya. sukses mas
@mas sumartono=mas sumartono bisa aja..he..he..BTW semoga kita semua dapat mengambil ketauladanan Nabi Muhammad sebagai inspirisasi hidup kita . sukses mas Sumartono

orang sabar di sayang Tuhan

bisnis online gampang2 susah, dibilang gampang nyatanya susah, dibilang susah ternyata gampang juga lho..wah jadi bingung nich.heheh

benar sekali apa yang dikatakan mas zams, bisnis online dibutuhkan kesabaran, tidak hanya dalam bisnis saja, didalam kehidupan sehari-hari kita harus selalu sabar,

karena hidup ini adalah cobaan, tidak ada manusia yang hidup , dalam hidupnya selalu beruntung terus, pasti diselingi suatu masalah yang bisa membuat mumet kepala. yang terpenting berani menghadapi masalah dan menyelesaikannya.

salam sukses

@yanuar= betul bos, makanya artikel ini memang khusus refleksi untuk menghadapi tahun baru. thanks dan sukses selalu...

Sabar adalah kunci meraih kesuksesan dunia akhirat.

Congrat mas zams... blognya naik PR1 tuh...
check di www.PRChecker.info

Iya mas terima kasih, saya memang harus banyak belajar dari mas arief..btw sukses ya mas

MAs zams... request artikel dunk.
Coba bahas blogging for blog branding...

Karena saya jujur saja baru mendengar istilah blog branding. Yang saya tau personal branding.

Terima kasih...

ARIEF MAULANA.com - Support Your Success for a Better Life

Benar mas kuncinya kesabaran.. dalam aktifitas apa saja diperlukan sifat itu.
Sabar dalam arti mendapat anugrah dan juga musibah

Oh ya.. tak lupa saya mengucapkan selamat tahun baru hijriah sekaligus tahun baru masehi 2009.. mudah2an bisnisnya tambah sukses dan persahabatan sesama blogger tambah erat...

Trims

Mas Zam, dari saya juga dapat award. Kunjungi aja, dibawa pulang juga boleh he..he..
Salam sukses selalu di t

Sorry mas, ada masalah teknis....
Salam sukses selalu di tahun baru ini.

Wah..wah..wah... tambah sukses saja kawan satu ini. Jadi ikut seneng ngelihatnya!

SELAMAT TAHUN BARU MAS ZAMS!
SEMOGA SUKSES SEGERA MENGEJAR ANDA DI TAHUN 2009 INI. AMIN..

SELAMAT JUGA BLOGNYA DAH NAIK PR 1.

@mas arief=ya.. pasti saya akan bahas soal blog branding. tunggu aja ya..sukses untuk mas arief
@mas jpurnomo=Iya nih harus sabar..selamat tahun baru juga ..success ya mas purnomo
@mas sumartono= makasih dapat award.. tak bawa pulang deh.. selamat tahun baru semoga tambah sukses. Gimana kapan-kapan ajak ke Jepang ya..
@Mas umar= terima kasih mas umar.. sama-sama .. selamat tahun baru juga tambah sukses selalu untuk pak Guru

Artikel yang mantap nih mas zam...memang dalam bisnis online, hal yang terakhir dilakukan adalah kesabaran yang tentunya selah kita melakukan segala usaha secaara maksimal....

salam....

AGunawanika.com

Met malam kang, maaf br bs berkunjung, sabar memang gampang di ucapkan tapi sngt sulit u di temukan, kira2 bgtulah, artinya tak segmpg kata2nya, tapi bth proses, dan dgn proses dr gagal sampai berhasil di situlah akan bertemu dg si sabar, artikel yg penuh makna kang, sukses terus kang, mampir kang mo mnt pndp ttg blog sy, trims

Salam sukses mas
Saya butuh kritik dan saran mas. Agar blog saya pun bisa sukses dan menjual. Saat sekarang ini saya baru bergabung di formula bisnis.
di tunggu ya mas kalau mas sempat mampir dong di blog saya

Jika anda ingin berbisnis online sperti AA GYM yang syah, legal, berbadan hukum negara..disini jawabannya!

If you are interested in buying a designer handbag thomas sabo charm club anhänger
you’ll need to visit a retailer who sells them. thomas sabo engelsflügel
These are generally specialty boutiques. thomas sabo armband
Another venue for purchasing designer ladies handbags anhänger kette
is from online retailers. There are many websites angebote thomas sabo ohrschmuck
that sell brand name designer ladies handbags and will ship ohrringe creolen
them right to your door. This often affords the consumer angebote thomas sabo uhren
the biggest selection and it also allows a chance to Armband mit Anhänger
compare prices. It’s important to be careful when purchasing a quality thomas sabo shop
designer bag in this way because you’ll want to be wary of imitations.

Post a Comment