10 REALITA UNTUK PROMOSIKAN BLOG

6

Posted on : 10:16 AM | By : Zamahsari | In :


Hampir setiap blogger ingin meningkatkan blog-nya dengan cara meraih sebanyak-banyaknya pengunjung. Sayangnya, banyak blogger baru yang tidak tahu bagaimana caranya. Nah, inilah hal yang harus anda pelajari dengan cepat dalam mempromosikan blog anda:

1. Membangun Traffik melalui Search Engine butuh waktu


Blogger baru biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan kepercayaan Search Engine. Jangan hanya fokus pada search engines saja, fokuskan juga pada sumber traffic lain terutama pada bulan-bulan awal. Membangun blog yang disenangi adalah poin penting. Maka, buatlah artikel dengan konten yang outstanding (ok punya) yang akan menjadi buah bibir dan biasanya banyak link ke blog anda.

2. Tidak semua traffic menjanjikan.


Sumber traffic yang berbeda memiliki kualitas berbeda pula. Jumlah traffic yang banyak melalui sosial media pada umumnya kurang memiliki respon dan perhatian dibandingkan dengan trafik dari sumber lain. Ingat, jangan hanya melihat statistik tanpa melihat hasil sesungguhnya. Karena statistic bisa menjadi suatu. Pengunjung banyak, namun mereka meninggalkan blog anda kurang dari 30 detik dan tidak pernah kembali.
Trafik dari search engine biasanya menjanjikan karena mereka membutuhkan informasi yang anda tawarkan (melalui keyword). Di samping itu pengunjung melaui rekomendasi teman yang dipercaya pada umumnya lebih respon dan perhatian. Setiap promosi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, maka pertimbangkanlah hal-hal yang saya sebutkan…

3. Konsistensi dalam posting adalah kunci.


Sebagian besar blogger membutuhkan traffic yang stabil pada level tertentu. Beberapa blogger sanggup meroketkan trafiknya dengan mengandalkan artikel lama. Tujuannya untuk menjaga konsistensi pengunjung, tapi ini jarang terjadi. Posting yang baru akan menjaga subscriber datang lagi dan menambah daftar index di search engine. Namun bukan berarti harus setiap hari, yang terpenting menjaga ritme posting.

4. Trafik stabil…? It’s impossible (mustahil)


Meskipun anda memposting artikel secara kontinyu untuk menjaga agar trafik anda tetap tinggi, namun kenyataannya setiap blog mengalami pasang surut. Hal ini wajar saja dan jangan frustasi. Nikmati aja pada saat trafik tinggi dan jalan terus pada saat trafik anda sedang down. Karena bisa membosankan apabila trafik anda segitu-gitu terus, tidak naik dan tidak turun. Ehm…kok gitu ya…

5.Buat pengunjung anda kembali lagi…


Menyenangkan sekali mempunyai banyak “unique visitor” tapi berapa orang yang akan kembali lagi? Ingat pengunjung setia merupakan darah dan nyawa blog anda. Ya.. subscriber, merekalah yang paling sering kembali lagi, maka sebaiknya anda fokuskan pada mereka supaya bisa menjadi pengunjung setia. Mereka tidak hanya membuat trafik anda tinggi, namun yang terpenting bahwa merekalah pengunjung yang care dengan anda dengan komentarnya: baik di blog maupun sosial media, mereka bisa jadi pembeli, dll. Selama mereka masih mau kembali dan membaca blog anda, anda akan mendapatkan keuntungan lebih karena mereka percaya anda dan otomatis jaringan anda juga meningkat.

6. Link sangat membantu blog anda dalam beberapa hal….


Prioritaskan untuk membangun inbound link (opo iki….). Inbound link akan memberikan anda trafik melimpah melalui blog lain dan bisa menjadikan anda terkenal di dunia blogging. Itu artinya ranking search engine anda juga akan naik. Apabila blog anda bersaing di pasar yang mempunyai tingkat kompetisi super ketat, pengakuan dan ngetop menjadi sangat penting untuk meyakinkan pengunjung karena mereka percaya anda. Namun, memiliki link sedikit jangan juga cemas, tingkatkan terutama dari blog-blog yang sudah terkenal. Ini dapat membantu menaikkan peringkat blog anda di search engine. Jika anda pemula (ha..ha.. kaya saya) galilah nilai lebih blog anda dibandingkan dengan yang lain. Ini adalah hal yang sangat penting.

7. Jaga keseimbangan….


Kata pepatah “don’t put your eggs only in one basket” (jangan letakkan telur hanya dalam satu kranjang - hanya mengandalakan dari satu sumber). Sumber trafik yang banyak akan menjaga anda dari kerugian yang besar. Hanya mengandalkan satu sumber trafik bisa berbahaya apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Rangking di search engine tidaklah permanen khususnya google yang bisa saja membanned blog anda karena dianggap menyalahi TOS. Demikian juga sosial media, sangatlah fluktuatif. Pada satu saat bisa mendapat limpahan trafik, akan tetapi tidaklah menjamin untuk berkelanjutan…Jalan terbaik adalah dengan mengandalkan banyak sumber trafik untuk kelangsungan hidup blog anda.

8. Jangan meremehkan sumber trafik meskipun sedikit…


Tidak semua sumber trafik akan mengirimi anda ratusan bahkan ribuan trafik, namun bukan berarti mereka tidak mempunyai nilai. Contoh: Partisipasi anda di forum mungkin akan mendatangkan trafik, tetapi tidak banyak. Namun demikian, mereka merupakan pengunjung yang sangat berharga karena mereka bertemu anda dan belajar dari anda di forum tersebut. Jika demikian, mereka bisa menjadi pengunjung setia anda. Contoh lain: menulis komentar pada blog lain juga akan mendatangkan trafik, namun tidak banyak. Namun bisa jadi mereka sangat berharga karena mereka tertarik dengan komentar yang anda tulis. (OKI kalo komentar.. sebaiknya pertimbangkan juga aspek promosi tidak asal tulis).
Kesimpulannya. Jangan hanya menilai trafik hanya dari statistik jumlah, karena jumlah yang sedikit bisa juga menjadi faktor pendorong sukses anda di dunia blogging.

9. Jaringan…adalah sangat..sangat penting


Semua blogger yang sukses biasanya memiliki jaringan yang kuat dengan blogger sukses lainnya. Jaringan yang kuat akan berarti teman atau kolega yang dapat membantu anda pada saat anda mempunyai membutuhkan sesuatu. Mereka bisa memberikan link ke blog anda dan bisa membentuk opini di sosial media serta menjadi inspirasi dan pendorong semangat anda. Bahkan bisa jadi mereka akan menjadi partner anda pada saat mempunyai proyek…. Caranya dimulai dengan sukarela mau membantu blogger lain yang membutuhkan bantuan dan pro-aktif berkunjung ke blog mereka.

10. Investasikan uang anda untuk meningkatkan trafik


Jika anda tertarik untuk mendapatkan pengunjung dengan cepat, anda bisa menggunakan jasa periklanan. PPC merupakan pilihan yang rasional: sangat efektif dan tentunya tidak mahal, biasanya kurang dari Rp 500,- rupiah perklik. Banner juga bisa menjadi alternative pilihan lain. Memasang banner (biasanya Rp 50.000,- perbulan) dapat menjadikan anda terkenal. Bila dihitung-hitung, biaya perkliknya jadi murah sekali.
Silahkan di coba….. (source:DAILY BLOG TIPS.COM)

Zamahsari
Stop Dreaming Start Action


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (6)

oke deh... mantep.. skrip theme nya bikin sendiri ya mas?

Thanks mas hengky
nggak kok search di google 3 colom template.. sebelumnya dah nyoba-nyoba, sering gagal.. pas ini cocok..

mas akuu adalah orang baru di dunia internet,,,aku mau share nih mas boleh g??

Ya boleh.. tentu...aku juga baru..

Nice bloging, salam kenal Mas Zamahsari

Jika anda ingin berbisnis online sperti AA GYM yang syah, legal, berbadan hukum negara..disini jawabannya!

Post a Comment