What is the heart of a Powerful Blog? By--Wendy Piersall (eMoms At Home)

4

Posted on : 4:22 PM | By : Zamahsari | In :

Pertanyaan yang sering menyeruak adalah apa sih yang menjadikan sebuah blog itu sukses. Apakah anda memerlukan viral marketing? Apakah anda butuh ceruk pasar (segmen pasar) yang potensial? Top digger?
Jujur saya katakana bahwa banyak blog yang memenuhi semua kriteria di atas-akan tetapi mereka belum juga sukses. Alasannya bermacam-macam dan berbeda-beda satu sama lain. Tetapi satu hal yang perlu saya catat bahwa blog sukses memiliki satu kesamaan --- mereka tidak mencampur adukkan antara (man / orang) dengan (gun-senjata). Man behind the gun, gitu lho maksud saya.

Blog itu ibaratnya adalah sebuah kendaraan. Dan kunci keberhasilan blog sebenarnya tergantung pada siapa yang ada dibelakangnya. Ibarat mendekorasi suatu ruangan terserah mau dibuat seperti apa…..


Terus bagaimana anda harus meningkatkan blog anda?

Tulis di blog anda seperti apa sebenarnya diri anda—Ini nampak seperti pelajaran untuk anak TK. Tak masalah….karena anda akan menjadi orang nomor dua untuk orang lain akan tetapi anda dapat menjadi nomor satu untuk diri anda sendiri. Sederhana nampaknya, tetapi kenyataannya tidak sesederhana kenyataannya. Meskipun meniru orang lain juga merupakan appresiasi tulus (sanjungan) dari anda, akan tetapi ini tidak akan memberikan kesuksesan pada blog anda. Memang sangatlah penting untuk belajar dari blogger terkenal yang anda kagumi, akan tetapi jadikan dia sebagai model (pemimpin atau apalah istilahnya) untuk menemukan diri anda sendiri. Mungkin akan memakan satu dua minggu atau bahkan beberapa bulan untuk mencari diri anda, akan tetapi sekali anda mendapatkannya, otomatis anda menjadi pemimpin segmen tersebut.

Belajar dari contoh—Blogger terkenal yang tidak kredibel akan menuntun anda menuju kehancuran dan kegagalan. Orang sekarang semakin cerdas dan tahu siapa blogger yang tidak asli dirinya (tidak jujur pada diri sendiri). Saya tidak menyuruh anda untuk perfect dalam ngeblog dan tidak juga harus menjadi seorang pakar untuk mulai membuat blog. Banyak juga blog-blog yang bagus adalah blogger pemula --- dia menulis tentang apa yang ia pelajari bukan tentang apa yang mereka tahu. Akan tetapi apapun yang anda tulis, sangatlah penting menunjukkan bahwa itu adalah pengalaman hidup anda yang riil. Tulisan yang tidak jujur akan mempunyai pembaca yang tidak jujur juga.

Memiliki pesan yang kuat --- Pesan bukan saja dari posting yang bagus --- akan tetapi bisa juga diselipkan diantara kalimat-kalimat. Pembaca kadang-kadang tidak sadar telah mendapatkan pesan tersebut. Buatlah blog anda dari pengalaman untuk satu komunitas dan jaga agar selalu fokus pada tema blog anda serta postinglah artikel yang berkaitan erat dengan segmen pasar anda. Terlalu banyak variasi akan memusingkan pembaca anda dan akhirnya menjauhkan anda dari target dan hasil. Anda tidak mau begitu bukan?

Membangun Brand yang kuat --- Anda tidak akan menghadiri meeting penting dengan memakai celana jeans yang sobek dan t-shirt, bukan?. Blog adalah satu sisi anda yang dapat dilihat oleh pembaca dan mereka akan langsung dapat membuat satu kesimpulan tentang diri anda dalam 2 detik atau boleh jadi kurang. Konten yang bagus sangatlah penting untuk kesuksesan blog anda, akan tetapi jika situs anda sulit untuk dibuka, berantakan atau tidak bekerja secara baik, maka orang tidak akan tertarik untuk mencarinya. Mungkin anda mengatakan dalam diri anda untuk para pengunjung: “saya tidak peduli tentang situs saya” --- Jika anda demikian, maka pengunjung anda pastilah juga demikian.

Rendah hati --- Para pembaca blog tidak ingin tahu bahwa anda adalah orang hebat --- yang mereka inginkan adalah merasa terhibur atau belajar sesuatu dari apa yang anda bisa. Memang tidak semua blog adalah personal, akan tetapi semakin banyak anda tahu keinginan pembaca anda dari tulisan anda, maka semakin banyak pembaca yang butuh konten anda. Semakin banyak mereka butuh semakin banyak mereka ingin membaca.

Membaur dengan komunitas – Blogger yang sukses bukanlah satu orang yang sukses—akan tetapi merupakan sekumpulan orang-orang cerdas yang sukses. Mereka tahu betul bagaimana memberikan ide-ide cemerlang dan pertanyaan berbobot menurut pandangan mereka sendiri. Meraka menggambarkan bahwa para pembaca sangatlah penting tercermin dari cara merespon terhadap komentar, links dan pertanyaan.

Mendahulukan pembaca ---Jika anda belajar tentang copywriter yang sukses saat ini, anda jarang menemukan kata-kata seperti “Aku, Saya, Diriku” (untuk kepentingan saya, aku dan diriku). Sangatlah penting untuk mengingat aturan-aturan penting dalam marketing yang memang untuk menjawab pertanyaan “ apa manfaatnya untuk saya (pembaca)? Pembaca blog adalah orang cerdas—maka berilah nilai atas waktu yang dikorbankan dengan menambah nilai posting anda.

Jadikan Pembaca anda terkenal --- Saya pertama kali mendengar ini dari (http://problogger.net) Darren Rowse--- dia adalah ahli dalam memberi space bagi situs para pembacanya di depan dan tengah. Secara berkala berhubungan dengan mereka dan meminta mereka mengajukan saran topik. Melalui cara ini Darren membuktikan bahwa ada banyak cara untuk meraih kesuksesan.

Relasi-relasi-relasi --- banyak kasus, blog anda melulu tentang penjualan --- melulu tentang produk atau ide-ide anda. Sales yang pandai tidak menjual pada prospek tetapi pada teman. Membangun hubungan dengan pembaca memang membutuhkan waktu, akan tetapi tanpa itu anda tidak akan berhasil menjual.

Menulis dari hati --- Walaupun ini poin terakhir, namun inilah yang terpenting. Kejujuran mampu memberi pengaruh—dia satu-satunya yang mengisi ruang anda dengan energi. dia satu-satunya yang dapat memberi perbedaan hanya dengan kemunculannya. Orang yang menulis dari hati akan dapat menyentuh pembaca melalui layar computer --- meskipun hanya berbicara tentang blogging. Dan orang seperti inilah yang akan sukses tidak peduli apa yang mereka kerjakan --- karena pesan yang betul-betul dari hati lebih penting dibandingkan dengan orangnya sendiri.

Semoga bermanfaat untuk pembaca…. Amien (Terjemahan bebas oleh: Zamahsari)

Zamahsari
Stop Dreaming Start Action


Share this :

  • Stumble upon
  • twitter

Comments (4)

Gaya bertutur anda memperlihatkan anda orang cerdas, Pak. Penuh dengan ide-ide brilian.
Sepertinya saya sudah menunggu artikel anda berikutnya, tentang apa ya kira-kira???

Salam kenal
www.bisnisguru.co.nr

Salam kenal juga pak umar... saya masih newbie belu ada apa-apanya... Mohon kritikan dan masukannya..
Terima kasih banyak atas masukannya...

Jika anda ingin berbisnis onl├Čne yg syah,legal dan berbdan hukum negara di sini jwbannya!

share yang bagus .. Terima kasih :)

Post a Comment